Previous
Next

Kecantikan

Tips Mengurangi Porsi Makan Untuk Diet

 

Makan dengan porsi besar berkontribusi menaikkan berat badan dan membuat kegemukan. Apalagi jika makanan yang disantap merupakan makanan olahan, junk food dan yang berkalori tinggi. Normalnya, wanita dewasa membutuhkan 2.000 kalori per hari agar bisa beraktivitas dengan baik.

Tapi karena pola makan yang tak terkontrol bisa membuat Anda mengasup dua kali lebih banyak kalori. Jika terbiasa makan dengan porsi besar, maka mulailah menguranginya sedikit demi sedikit. Ini tips memulainya, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Perhatikan Ukuran Piring
Piring berukuran besar akan menggugah Anda untuk mengambil makanan lebih banyak, karena memberi ilusi seakan makanan yang ada di piring belum penuh. Saat mengambil makanan, gunakan piring yang lebih kecil sehingga Anda tidak akan kalap karena tempat yang tersedia sudah penuh dan makanan bisa tumpah.

2. Perbanyak Sayur dan Buah
Cukup ambil nasi, puree kentang atau karbohidrat lainnya sebesar kepalan tangan Anda. Kemudian isi setengah piring dengan buah dan sayuran. Untuk lauk sebagai protein, ambil sepotong daging kecil atau dada ayam, bisa juga tofu dan ikan tapi batasi seperempat piring saja. Dengan begitu, Anda akan lebih banyak mengasup sayur dan buah yang kaya serta, vitamin, mineral, serta rendah kalori.

3. Kurangi Kalori dari Minuman
Kalori dalam bentuk minuman lebih sulit dikontrol ketimbang kalori di dalam makanan. Saat minum caffe latte dengan whipped cream, misalnya, Anda akan meneguknya sampai habis tanpa sadar ada ratusan kalori yang telah masuk dalam tubuh. Ketika makan di restoran, pesanlah air mineral, teh atau jus segar tanpa gula.

4. Beli Camilan dalam Kemasan Kecil
Jangan membeli keripik kentang, cookies atau biskuit dalam kemasan besar. Saat mengambil makanan dari kemasan besar, Anda akan terus memakannya sampai isinya habis. Belilah camilan dalam kemasan kecil untuk mencegah Anda makan secara berlebihan. Atau tuang sebagian isi camilan dari bungkus besarnya ke dalam toples-toples kecil. Selain hemat uang, Anda juga mengurangi penumpukan sampah plastik.

5. Pesan Minuman Ukuran Kecil
Restoran cepat saji biasanya menyediakan berbagai ukuran gelas minuman, mulai dari small, medium dan large. Pesanlah ukuran gelas yang paling kecil, jangan tergoda dengan penawaran sekian persen lebih murah jika memesan gelas besar.

6. Hindari Makanan yang Buat Anda 'Ketagihan'
Jika Anda tahu tidak akan bisa berhenti mengunyah keripik kentang rasa barbeque atau pop corn kecuali sudah habis, maka jangan pernah coba memulainya. Pilihlah camilan yang bisa Anda kontrol sendiri kapan harus berhenti memakannya.

7. Jangan Terlena Label pada Kemasan
Banyak makanan kemasan yang diberi label organik, tanpa lemak atau tanpa pemanis buatan. Tapi bukan berarti Anda bisa memakannya sebanyak yang dimau. Tetap perhatikan bahan-bahan dan informasi nilai gizi rata-rata pada kemasannya. Jika dilabeli organik tapi tertulis mengandung gula, tepung atau penguat rasa, maka batasi atau hindari konsumsinya.

8. Hindari Restoran All-You-Can-Eat
Resto berkonsep buffet atau all you can eat mungkin lebih hemat karena begitu banyak pilihan makanan/minuman yang bisa disantap sepuasnya. Tapi itu akan memicu Anda untuk makan lebih banyak dari kebutuhan kalori harian. Makan di restoran ala carte atau regular akan lebih aman bagi berat badan Anda.

9. Berbagi Makanan
Anda boleh saja memesan makanan berukuran jumbo, tapi ingat untuk membaginya dengan teman-teman yang datang bersama Anda. Begitu juga dengan dessert, pesanlah satu porsi untuk dimakan berdua atau bertiga. Dengan begitu, Anda bisa mencegah hasrat untuk makan berlebihan.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Diet mengurangi nasi. Porsi makan untuk diet. Cara mengurangi makan nasi. Cara mengurangi porsi makan. Porsi makan diet. Takaran nasi untuk diet. Porsi nasi untuk diet.

Takaran nasi putih untuk diet. Ukuran nasi untuk diet. Http://carapedia.com/tips_mengurangi_porsi_makan_diet_info3297.html. Porsi nasi putih untuk diet. Porsi makan saat diet. Diet mengurangi porsi makan. Porsi makanan untuk diet.

Mengurangi nasi untuk diet. Mengurangi makan nasi. Mengurangi porsi makan. Ukuran makanan untuk diet. Diet mengurangi makan nasi. Takaran porsi makan untuk diet.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.