Previous
Next

Tutorial / Panduan

Tips Memperbaiki Suasana Hati

Siapapun pasti sering mengalami masalah yang akan membuat anda berpikiran bahwa semua yang anda kerjaan gagal dan rusak. Bahkan tidak jarang anda akan marah-marah seharian kepada semua orang. Nah, kadang anda akan larut dalam keadaan emosional yang tidak stabil ini, karena akan menimbulkan banyak kerugian bagi anda pada akhirnya. Lalu apa yang harus anda lakukan? Lawanlah rasa marah dan kecewa anda dengan beberapa langkah berikut

  • Tolak keinginan untuk menyenangkan diri sendiri

Saat anda gagal melalukakan sesuatu, biasanya anda akan membutuhkan udara segar untuk me-refresh pikiran anda. Beberapa tempat seperti bioskop, mall dan puta hiburan lainnya seringkali menjadi pilihan untuk menenangkan diri. Namun anda harus hati-hati dalam memilih, jangan sampai anda mencari kesenangan dengan makan di restoran mewah atau berbelanja barang-barang mewah yang tidak anda perlukan. Memang dalam beberapa saat anda akan merasa senang dan puas, tetapi setelah itu masalah akan datang lagi bersamaan dengan rasa bersalah anda.

  • Lakukan sesuatu yang menyenangkan orang lain

Saat anda mengalami kegagalan, jangan menyebarkan aura negative dengan memaki-maki atau menghujat orang lain. Sebaliknya, anda seharusnya melalukan berbagai perbuatan baik untuk membuat anda merasa lebih baik. Contohnya, anda dapat membantu orang yang sedang membutuhkan bantuan anda, atau anda sekedar membelikan snack pada anak-anak. Setelah anda memberikan kesenangan kecil pada orang lain, anda dapat melihat hasilnya untuk diri anda.

  • Alihkan perhatian

Bila anda sedang mengalami masalah, sebaiknya jangan tenggelam pada masalah anda. Coba alihkan perhatian dengan melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan seperti membaca buku, majalah atau novel, mendengarkan music, tidur, menonton film, memasak dan sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah. Dengan berbagai aktifitas yang menyenangkan di atas, niscaya anda akan lebih rileks menghadapi masalah anda.

  • Lakukan kesibukan yang berbeda

Misalnya anda sedang bermasalah dengan bawahan anda di kantor, cobalah mengalihkan perhatian anda dengan melakukan beberapa hal simple seperti membersihkan sudut rumah, mencuci baju dan menata ulang kamar anda. Ketika selesai, perasaan melihat hal yang bersih dan tertata akan memberi perasaan terkendali dan nyaman untuk anda.

  • Menyemangati diri sendiri

Untuk menyemangati diri sendiri, cobalah dengan mengingat sesuatu yang menyenangkan sehingga akan membangkitkan semangat untuk diri anda sendiri. Misalnya anda bisa mengatakan, “ yah paling tidak saya sudah mencoba” pada bayangan anda di dalam cermin.

  • Berolahraga

Tahukah anda, melakukan aktifitas fisik adalah cara memperbaiki suasana hati yang paling mudah. Ketika melalukan berbagai aktifitas olah raga, anda harus tetap focus pada olah raga yang anda lakukan agar pikiran anda lebih fresh.

  • Hubungi teman

Menghubungi teman adalah alternative lain yang dapat anda pilih saat anda terjebak pada suatu masalah. Dengan kehadiran teman dan sahabat anda, paling tidak ada dua keuntungan yang anda dapatkan, pertama anda dapat mengalihkan perhatian anda dengan bersenda-gurau dengan teman dan sabahat anda. Yang kedua, anda dapat meminta pendapat ataupun mencari jalan keluar masalah anda dengan berdiskusi dan mengobrol dengan teman dan sahabat anda.

  • Menulis

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk melepaskan emosi yang terkuras karena suatu masalah adalah dengan menulis. Anda dapat menulis bebas mengenai semua masalah dan kendala yang sedang anda rasakan. Melampiaskan masalah melalui kata-kata juga akan membantu anda menemukan solusi atas masalah anda dengan cara menuliskan pula beberapa solusi yang mungkin terlintas di kepala anda dan memilih solusi terbaik.

  • Berdoa dan bersyukur

Langkah inilah yang paling penting untuk anda lakukan saat anda sedang berada di dalam suatu masalah. Berdoalah pada TuhanYME dan sampaikanlah semua keluh-kesah yang anda rasakan, jangan lupa mintalah petunjuk untuk jalan keluar masalah anda. Setelah itu, bersyukurlah untuk keberhasilan yang pernah anda capai dan yakinlah bahwa nanti anda pasti akan berhasil menyelesaikan masalah yang ada.

 

Dengan beberapa langkah yang telah diuraikan tadi, anda akan lebih tenang dan tidak emosional saat menghadapi suatu masalah. Dengan suasana hati yang lebih baik, diharapkan anda akan dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana untuk menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara menyemangati diri sendiri. Cara menyemangati pacar. Cara menyenangkan diri sendiri. Cara menyenangkan hati sendiri. Http://carapedia.com/tips_memperbaiki_suasana_hati_info2927.html. Menyemangati diri sendiri. Cara menyemangati diri.

Menyemangati pacar. Cara menyenangkan hati diri sendiri. Menyenangkan diri sendiri. Sakit hati dan kecewa. Gambar muslimah sedih. Marah dan kecewa. Cara menyabarkan hati.

Muslimah sedih. Cara menyemangati pasangan. Tips menyemangati diri sendiri. Cara menjernihkan hati. Menyenangkan hati sendiri. Cara menenangkan hati yang sedih.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.