Previous
Next

Tutorial / Panduan

Tips Memperbaiki Komputer yang Hang

 

Saat menggunakan computer tak jarang anda dibuat tidak sabar dengan gangguan yang biasa disebut hang. Bagi anda yang belum tau, hang adalah sebuah kondisi dimana satu program atau keseluruhan program di computer anda berhenti menerima dan merespun input data. Atau dengan kata lain sistem dan program menjadi freezing dan tidak mengeluarkan respon sama sekali.

 

Ada beberapa masalah yang mengakibatkan computer anda hang, salah satunya mungkin dari hadware anda, karena masalah pada hardware seringkali menjadi penyebab utama computer menjadi hang. Sebenarnya banyak faktor yang bisa membuat komputer menjadi melambat atau bahkan hang. Namun tidak perlu langsung mengambil tindakan untuk pergi ke tukang servis, Anda bisa melakukan pemeriksaan awal sendiri di rumah, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah analisa atau identifikasi masalah apa yang menjadi penyebabnya.

 

  • Overheat (CPU Terlalu Panas)

Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi:

 

  1. Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
  2. Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  3. Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  4. Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  5. Perhatikan posisi heatsink (pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
  • Kekurangan daya pada power supply

Kemungkinan lain dari komputer yang hang adalah karena Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada power supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi.

 

  • Hardisk badsector

Kerusakan pada hardisk bisa jadi penyebab komputer hang seperti hardisk bad sector atau file-file yang tidak beraturan di dalam hardisk susunannya dapat mengakibatkan loading berat. Jalankan program checkdisk untuk memeriksa dan memperbaiki keruksakan pada hardisk tersebut. Lakukan defrag dan disk clean up terhadap hardisk secara berkala, misal sebulan sekali.

 

  • VGA card rusak

Beberapa komputer mengalami hang karena terdapat keruksakan pada kartu VGA-nya. VGA Card yang tidak support. Ubah setting Appearence, atau coba ganti VGA cardnya. Periksa juga kipas VGA, kipas yang berhenti berputar akan mengakibatkan VGA card mengalami pemanasan yang tidak normal.

 

  • Cek printer

Saat printer menerima perintah untuk melakukan print sebuah dokumen, maka printer akan menyimpannya ke dalam memorinya. Jika dokumen terlalu besar, memori printer terlalu kecil, hal ini juga dapat menyebabkan hang komputer. Cabut kabel data printer dan matikan printer.

 

  • Koneksi LAN

Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. 

 

Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

 

  1. Pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  2. Gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1
  3. Lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
  4. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
  5. Troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.
  • Bios

BIOS Motherboard bisa kadaluarsa terhadap hardware terbaru sehingga tidak bisa support. Kunjungi website pembuat BIOS motherboard dan dapatkan updatenya.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pelumas kipavga cpu. Apa yg kita lakukan ketika komputer mengalami masalah pd saat di operasikan. Memperbaiki vga pc hang. Jika komputer kita hang apa yang harus dilakukan. Komputer hang karena printer. Komputer berat karena lan card rusak. Apakah psu bisa mengakibatkan pc hang.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.