Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kesehatan
  • » Tips Memiliki Postur Tubuh yang Bagus Sepanjang Usia

Kesehatan

Tips Memiliki Postur Tubuh yang Bagus Sepanjang Usia

Semua orang tentunya menginginkan penampilan yang awet muda , oleh karena itu banyak orang yang berlomba-lomba untuk selalu tampil lebih muda. Bahkan, tidak jarang berbagai macam operasi plastic pun rela dijalani agar dapat tampil lebih mudah dan menawan.

Namun taukah anda bahwa dapat berdiri dengan tegak di usia tua juga sangat penting bagi anda? Bayangkan saja jika anda sudah memasuki usia senja, dan kulit wajah anda masih kencang tapi badan anda suka membungkuk? Tentu saja akan membuat kita semakin terlihat tua bukan?

Untuk mengencangkan kulit muka yang kendor mungkin anda dapat mencoba dengan face lift atau botox, face lift adalah operasi plastic untuk menghilangkam kerutan wajah, kulit kendur, timbunan lemak dan tanda-tanda penuaan lainnya yang mungkin akan secara alami terjadi. Tapi bagiamana dengan postur badan yang tegak, sampai saat ini belum ditemukan operasi yang dapat membuat tulang punggung belakang kembali seperti saat anda masih muda.

Nah, oleh sebab itu anda harus mulai mencegah kerusakan tulang belakang yang sering disebabkan oleh osteoporosis, serta kerusakan tulang atas dan tengah. Beberapa cara yang dapat anda coba adalah sebagai berikut:

  • Peregangan

Kebanyakan orang menghabiskan waktu dengan duduk membungkuk di depan computer, oleh sebab itu jika anda termasuk dalam orang yang seirng menghabiskan waktu di depan PC ada baiknya anda sering melakukan peregangan. Peregangan sendiri menurut Jonathan F. Bean, MD, MS, MPH, seorang asisten professor di department of physical medicine and rehabilitation pada Harvard Medical School di Boston, sangat diperlukan bila anda sudah terlalu lama berada di satu posisi untuk menjaga tubuh agar tetap lentur. Cobalah untuk bangun selama beberapa menit setiap setengah jam dan melakukan peregangan, berjalan atau sekedar berdiri agar tulang belakang anda tidak mudah terkena osteoporosis.

  • Melakukan latihan ringan

Cobalah melakukan latihan ini disetiap pagi dan malam: berbaringlah di lantai dan melakukan relaksasi dengan meletakkan kedua tangan anda seolah-olah melingkari kepala selama dua atua tiga menit. Untuk tambahan, letakkan gulungan handuk di lantai, yaitu tepat di bawah tulang belakang, kemudian lakukan peregangan. Namun ingat, lakukan peregangan ini secara perlahan-lahan dan berhentilah bila merasa tidak nyaman atau sakit, dan bila anda ingin menyelesaikan latihan ini pastikan bahwa anda sudah mendapatkan fleksibilitas terlebih dahulu.

  • Duduk lurus

Bila anda harus bekerja dengan duduk di kursi, duduklah dengan baik dan dengan postur tubuh tegak dan lurus agar menjadi kebiasaan yang baik. Hil ini akkan membuat tubuh anda terbiasa dan akan tetap focus pada kesadaran tubuh.

  • Memperkuat otot

Pilihlah pilates dan yoga sebagai olahraga karena kedua olahraga tadu sangat bagus untuk membangun kekuatan otot, terutama pada otot daerah perut dan panggul. Karena otot di daerah perut dan panggul akan membentuk dasar dari postur yang baik. Selain itu, otot yang kuat memiliki manfaat lain yaitu mencegah urinary incontinence yang berarti kehilangan control pada kandung kemih.

  • Lakukan yoga

Selain membantu meningkatkan kesadaran tubuh dan kekuatan otot, yoga juga merupakan cara yang terbaik untuk membangun dan mempertahankan fleksibilitas tubuh anda. Mulailah untuk berlatih yoga secara bertahap dan mengamati respon tubuh anda.

  • Perkuat tulang belakang

Setelah menopause, otot di sekitar tulang belakang perempuan kemungkinan akan melemah lebih parah dibandingkan dengan laki-laki. Oleh sebab itu anda memerlukan latihan khusus pada otot ekstensor punggung, fleksor leher, otot panggul dan otot samping.

  • Angkat beban

vertebral compression fractures dapat mengurangi tinggi badan dan merupakan ciri dari usia yang semakin tua. Penyakit tersebut disebabkan oleh osteoporosis yang mengakibatkan menipisnya tulang. Baik wanita ataupun pria dapat mencegah terjadinya osteoporosis dengan beberapa latihan seperti berjalan, memanjat tangga dan mengangkat beban.

  • Vitamin D

Tahukah anda bahwa vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang anda dan juga dapat membantu menjaga kekuatan otot. Cobalah untuk mendapatkan vitamin D dari makanan yang sehat dan sinar matahari yang cukup.

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat

Tentunya anda tahu bahwa kalsium sangat baik bagi tulang anda, oleh sebab itu disarankan untuk wanita usia 19-50 tahun mendapatkan 1000 mg kalsium setiap hari. Sedangkan untuk wanita lanjut usia, sebaiknya mengkonsumsi 1200 mg kalsium yang terkandung dalam asupan makanan anda. Institute of Medicine baru-baru ini menemukan bahwa kebanyakan orang, kecuali gadis-gadis remaja, mendapatkan cukup kalsium dari asupan makanan sehari-hari. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memakai suplemen kalsium memiliki risiko tinggi serangan jantung dan batu ginjal.
Berkonsultasilah dengan dokter apakah perlu mengonsumsi suplemen kalsium. Selain vitamin D, untuk mendapatkan manfaat vitamin lainnya sebaiknya mendapatkannya dari makanan alami dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen.

  • Pertimbangkanlah untuk melakukan cek kesehatan

Dokter akan memberitahu anda apakah diperlukan melakukan pemeriksaan kepadatan mineral tulang untuk mendeteksi osteopenia atau osteoporosis.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/tips_memiliki_postur_tubuh_bagus_sepanjang_usia_info2988.html. Badan bagus. Tips badan bagus. Cara membuat body bagus. Cara membuat badan tegap. Cara supaya badan bagus. Cara membuat badan bagus.

Cara membentuk postur tubuh yang bagus. Body bagus. Cara membuat body badan bagus. Tips body bagus. Cara agar badan tegak. Cara badan bagus. Tips agar badan bagus.

Tubuh bagus. Cara bikin badan tegap. Cara membuat badan bagus untuk wanita. Cara membuat body badan menjadi bagus. Cara bikin badan bagus. Cara membuat body menjadi bagus.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.