Previous
Next
  • Home
  • »
  • Anak
  • » Tips Memilih Taman Kanak-Kanak dan Playgroup Untuk Buah Hati

Anak

Tips Memilih Taman Kanak-Kanak dan Playgroup Untuk Buah Hati

 

Bagi anda yang sudah berkeluarga, memilih sekolahan yang terbaik untuk anak-anak anda pasti menjadi salah satu hal yang sangat penting. Karena jika anda salah memasukkan anak anda pada sekolah, maka hal itu akan berakibat pada masa depan anak anda ke depannya.

 

Mahal saja tentu tidak cukup untuk menjadi jaminan sekolah yang bagus. Karena ada banyak hal yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memilih sekolah bagi sang buah hati. Jadi, apa saja pertimbangan-pertimbangan yang harus anda pikirkan? Simak penjelasannya di bawah ini

 

  • Cari tahu siapa gurunya

Sebelum memasukkan anak anda, tidak ada salahnya kalau anda mengetahui latar belakang guru yang nantinya akan mengajar anak anda. Guru yang sabar menghadapi anak-anak dan enerjik tentuk adalah salah satu syarat untuk emnjadi guru yang baik. Hal ini harus anda perhatikan karena guru adalah seseorang yang akan mempengaruhi perkembangan anak anda selama di sekolah. Dari kenyamanan dan kelembutan seorang guru, anak akan dibuat betah belajar di sekolahan.

 

  • Lokasi sekolah

Pertimbangkan lokasi sekolah yang akan anda pilih. Karena bagaimanapun juga sekolah yang jaraknya terlalu jauh dari rumah anda tidaklah baik untuk pertumbuhan anak anda. Lokasi yang terlalu jauh akan membuat anak merasa capej sebelum sampai di sekolah. Tidak hanya itu, anak juga kemungkinan akan sering terlambat ke sekolah karena terjebak macet. Apalagi, jika anak anda memiliki kesehatan yang kurang baik, akan lebih bijaksana jika anda memilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah.

 

  • Kurikulum sekolah dan metode pembelajaran

Setiap sekolah mempunyai kurikulum dan metode pembelajaran yang berbeda- beda, contohnya ada sekolah yang menerapkan kurikulum jiwa enterpreneur pada anak yang diaplikasikan dalam metode pembelajarannya. Pilihlah sekolah dengan kurikulum yang sesuai kebutuhan anak dan kemampuan anak. Banyak sekolah yang menerapkan yang kurikulum internasional dan kurikulum nasional. Semua harus disesuaikan dengan kemampuan anak, yang terpenting adalah anak nyaman dan menyukainya.

 

  • Sesuai dengan keuangan

Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Jangan terlalu memaksa memasukan anak ke sekolah yang mahal, sehingga anda kesulitan dalam membayar iuran bulanannya. Meskipun memasukkan anak ke sekolah yang mahal bukanlah larangan tetapi jangan berpikiran dengan bersekolah yang mahal dapat menjamin anak akan pintar. Selain itu jika ternyata sekolah yang mahal tersebut jaraknya terlalu maka anda akan mengeluarkan biaya tambahan lagi.

 

  • Perhatikan jumlah murid dan guru

Jumlah murid dengan guru di dalam kelas adalah hal penting yang juga harus diperhatikan. Pastikan jumlah siswa dalam kelas tidak terlalu banyak, jika terlalu banyak guru tidak maksimal memperhatikan siswanya satu persatu, apalagi untuk TK dan PG (Playgroup) yang masih memerlukan banyak perhatian. Jumlah siswa dalam kelas maksimal 25 anak dengan guru 3 orang atau dengan perbandingan 1:8.

 

  • Perhatikan lingkungan sekolah

Memilih sekolah yang aman dan nyaman bagi anak Anda dengan memperhatikan lingkungan sekitar sekolah adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah untuk anak. Perhatikan lingkungan sekolah apakah aman dan kondusif untuk anak, seperti tidak terlalu dekat dengan jalan raya, tidak banyak orang yang berjualan makanan atau mainan di sekitar sekolah, area bermain yang aman dll. Lingkungan yang aman dan tidak membahayakan akan membuat kita merasa tenang meninggalkan anak di sekolah.

 

  • Kunjungi sebelum memutuskan

Sekarang ini banyak sekolah-sekolah yang memberikan kesempatan try out atau mencoba merasakan bersekolah di sekolah tersebut dengan batas waktu yang telah ditentukan, misal selama 3 hari atau seminggu dan biasanya orang tua (ibu) dibolehkan masuk kelas untuk mendampingi anak, tanpa diharuskan bersekolah di sekolah tersebut. Gunakanlah kesempatan dan fasilitas tersebut. Semakin banyak berkunjung dan mencoba akan semakin baik kemudian tanyakan pada anak sekolah mana yang ia senangi.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Tk favorit di surabaya. Tk terbaik di surabaya. Sekolah paud yg bagus di jambi. Sekolah playgroup di jogja. Sekolah tk d jogja. Sekolah playgroup di jambi. Tk yg bagus di jakarta.

Rekomendasi playgroup. Tk islam yang bagus di surabaya. Sklah fvrid srbya tk. Tk bagus di jogja. Mencari taman kanak kanak. Apakah harus tk mahal. Sekolah tk terbaik di surabaya.

Sekolah tk terbaik di yogyakarta. Taman kanak kanak islam favorit di surabaya. Sekolah tk favorit di jambi. Tk terbaik di jogja. Playgroup terbaik di surabaya. Playgroup terbaik di jogja.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.