Previous
Next

Tutorial / Panduan

Tips Untuk Membersihkan Lemak Membandel dari Alat-alat Masak

 

Hobi memasak memang menyenangkan, karena tidak hanya bisa membuat anda menghemat, tetapi dengan memasak, anda juga bisa berkreasi dengan makanan-makanan yang anda sukai. Nah, bagi anda yang hobi menyantap makanan-makanan yang mengandung lemak dan santan, tentu saja anda akan sering memasak makanan-makanan itu. Biasanya, masalah yang kemudian timbul adalah pada saat anda harus mencuci alat-alat dapur yang anda gunakan untuk memasak. Karena minyak dan santan sering menempel pada wajan dan panci sehingga susah untuk dibersihkan.

 

Tetapi, kini anda tidak usah khawatir lagi karena ada banyak cara yang bisa anda aplikasikan untuk membersihkan noda yang membandel pada peralatan dapur. Yuk, simak beberapa tips yang dikutip dari eHow berikut ini.

 

  • Isi wajan/panci dengan air panas

Setelah digunakan, isi wajan atau panci yang berminyak dengan air panas dan tutup agar air tidak cepat dingin. Setelah itu, diamkan semalaman agar lemak dan sisa santan bisa larut dalam air. Saat pagi hari, Anda tidak akan kesulitan mencucinya memakai sabun serta air hangat.

 

  • Gunakan pembersih oven

Bila langkah pertama belum berhasil, cobalan untuk menggunakan pembersih oven yang sudah tersedia. Caranya sangat mudah, anda tingggal menyemprotkan pembersih tersebut ke atas wajan yang terkena noda yang membandel itu. Lalu, keesokan harinya, gosok wajan dengan handuk kertas dan cuci seperti biasa.

 

  • Cuci dengan baking soda

Tuangkan baking soda dan air secukupnya di atas wajan. Diamkan selama 15 menit. Baking soda berguna untuk mengangkat noda membandel. Gosok penggorengan yang berminyak dengan kain bersih yang telah dicelupkan ke dalam air panas. Kemudian cuci dengan sabun khusus pembersih perabotan dan piring.

 

  • Cuci dengan cuka

Tuangkan cuka secukupnya ke atas panci atau wajan berminyak yang berisi setengah bagian air. Letakkan di atas kompor hingga mendidih. Biarkan setidaknya 10 menit sebelum menggosoknya dengan sabun. Cuka bisa membersihkan sisa-sisa minyak pada wajan Anda.

 

  • Rebus panci

Ini langkah terakhir untuk memudahkan Anda menghilangkan sisa-sisa minyak. Panaskan wajan di atas kompor agar minyak mencair kembali. Setelah itu, angkat dan tuangkan air dingin ke dalamnya. Gosok wajan menggunakan sabun dan bilas dengan air hangat.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sabun pembersih lemak. Cara membersihkan lemak dikompor. Menghilangkan bekas lemak di piring. Cara mencuci penggorengan dari lemak. Membersihkan dapur yang banyak lemak. Cara membersihkan wajan berlemak.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.