Previous
Next

Cara Dasar Memasak

Tips Memasak Kerang

 

Bagi anda yang menggemari makanan olahan seafood, kerang pasti sudah tidak asing lagi untuk menjadi teman makan anda. Berbagai resep olahan makanan untuk membuat hwan bertubuh lunak ini menjadi santapan lezat bagi anda pun tidak sulit di dapatkan. Mulai dari dikukus, dipanggang, dibuat menjadi tumisan atau bisa dicampurkan dengan makanan lain seperti spaghetti.

Nah, kalau selama ini anda belum pernah mengolah sendiri kerang kesukaan anda, tidak ada salahnya anda mengetahui berbagai seluk beluk tentang cara memasak kerang yang mungkin belum anda ketahui. Apa saja tipsnya?

 

  1. Saat anda membeli kerang di pasar atau supermarket, pastikan anda memilih kerang yang masih segar, kenyal dan tidak berbau. Jika anda membeli kerang yang masih bercangkang, segera simpan kerang di dalam lemari pendingin dengan cara dibungkus menggunakan kantung plastic yang sudah diberi lubang atau berpori agar kerang tetap segar.
  2. Lalu, saat anda sudah akan mengolahnya, jangan lupa untuk membersihkan kerang dengan cara merendamnya di dalam air yang telah dibubuhi garam. Saat merendam, tutup rendaman kerang dan diamkan beberapa saat agar pasir serta kotoran yang terdapat di dalam kerang dapat terlepas.
  3. Jika anda ingin mengkonsumsi kerang secara mentah, berikan potongan lemon untuk menghilangkan aroma alami kerang. Tetapi mengkonsumsi kerang mentah sangat tidak dianjurkan karena di dalam kerang mentah dapat terkontaminasi bakteri vibrio vunificius yang dapat menimbulkan keracunan terutama pada ibu hamil.
  4. Cara lain untuk mengolah kerang adalah dengan dikukus. Namun jika anda mengukus kerang jangan sampai terlalu matang karena jika kerang dikukus terlalu matang ada racun yang keluar dari tubuh kerang tersebut. Selain itu jangan lupa untuk memberikan garam pada kukusan kerang agar rasa kerang lebih nikmat saat di santap.
  5. Alternative lain untuk mengolah kerang andalah dengan cara memangang dengan tambahan bumbu sesuai selera. Sebelum dipanggang, ada baiknya anda mengupas kerang telebih dahulu dan mencampurkannya dengan jus. Kemudian bilas kerang sebelum anda melumeri dengan mentega dan mulai memanggang.
  6. Untuk Anda penggemar masakan rebus-rebusan,  Anda dapat mengolah kerang dengan cara direbus. Jika masih di dalam cangkangnya, rebus kerang hingga cangkang terbuka lalu angkat. Namun jika kerang digunakan sebagai campuran pada sup atau makanan lain, masukkan kerang ke dalam rebusan di menit-menit terakhir untuk mendapatkan hasil dan cita rasa yang maksimal. 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara memasak kerang. Cara memasak kerang rebus. Cara membersihkan kerang. Cara masak kerang. Cara mengolah kerang. Resep kerang rebus. Http://carapedia.com/tips_memasak_kerang_info3307.html.

Cara masak kerang rebus. Masak kerang. Cara memasak kerang laut. Aneka masakan kerang. Cara merebus kerang. Resep olahan kerang. Olahan kerang.

Memasak kerang. Cara merebus kerang dara. Bumbu kerang rebus. Resep masak kerang. Resep memasak kerang. Cara memasak kerang dara.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.