Previous
Next
  • Home
  • »
  • Otomotif
  • » Tips Aman Belajar Mengemudi Mobil untuk Pemula

Otomotif

Tips Aman Belajar Mengemudi Mobil untuk Pemula

 

Mengendarai mobil, tidak sembarang orang dapat melakukannya. Sebab, mengendarai mobil juga memerlukan teknik untuk keselamatan di kemudian hari. Sebab, jika dari awal sudah salah dalam mengendarai mobil, maka selanjutnya akan merugikan si pengemudi atau pemakai jalan lain.

Bagi pemula yang sedang belajar mengendarai mobi harus mengenal dengan baik keadaan mobil, mulai dari fungsi komponen dan perpindahan gigi jika mobil manual. Nah, apa saja yang sebaiknya Anda lakukan saat pertama kali belajar mengendarai mobil, berikut tipsnya:

1. Persiapkan mental dan psikologis Anda, biasanya saat pertama kali berkendara akan terjadi kejutan. Sama halnya dengan  ketika Anda belajar mengendarai motor, maka akan terkejut saat pertama kali menarik gas. Yakinlah dengan kepercayaan diri Anda sehingga tidak ragu-ragu saat menjalankan mobil.

2. Anda juga sebaiknya memerlukan instruktur saat belajar mengemudi. Instruktur yang professional dan handal akan selalu mendampingi Anda saat mengemudi, bahkan di saat-saat genting yang tak diharapkan. Sebaiknya mencari instruktur bukan dari anggota keluarga namun carilah instruktur yang bersertifikat sehingga Anda akan nyaman saat belajar mengendarai mobil. (Tips mencari tempat kursus mengemudi mobil)

3. Tahap awal belajar adalah Anda harus tahu semua fungsi komponen pada mobil, pelajarilah fungsi dan bagian-bagian dalam mesin mobil keadaan off. Terutama pada bagian gas, pedal, pedal rem, pedal kopling, rem tangan, perseneleng, stir, pengendali kaca spion, lampu dekat dan jauh, tombol klakson, stang wiper kaca bagain depan dan belakang, lampu sen kanan dan kiri, dan panel lain yang terdapat di dashboard.

3. Jika sudah menguasai semua bagian dan fungsi mobil, maka selanjutnya menghapalkan proses perpindahan gigi secara manual. Memundurkan dan memajukan gigi perseneling, memindahkan gigi dari satu ke selanjutnya Anda harus menghapalnya di luar kepala.

4. Tahap selanjutnya adalah cara menyeimbangkan kopling dan gas. Proses ini harus Anda lakukan di tempat luas dan sepi misalnya lapangan, bukan di jalan raya. Karena jika tidak belajar menyeimbangkan dan  keadaan kopling dan gas tidak seimbang akan mengebabkan mesin mobil mati mendadak.

5. Nah, jika Anda sudah berhasil menyeimbangkan kopling dan gas, Anda sudah siap latihan turun ke jalan raya. Berkonsentrasilah saat latihan tahap ini dan jangan panik jika ada suatu hal yang mengganggu, selama Anda masih didampingi instruktur.

Belajar mengendarai mobil tidak cukup hanya sekali dua kali, namun pastikan Anda sudah benar-benar mahir dalam posisi jalan sempit, jalan ramai, jalan tanjakan atau menurun dan sebagainya. Apabila Anda sudah mahir, Anda sudah bisa mengurus pembuatan SIM agar Anda selalu selamat dan tertib saat di jalan raya.

Video

Cara Menyetir Mobil yang Benar

Berikut ini adalah Safety Drive cara menyetir mobil yang benanr agar tidak terjadi kesalahan fatal yang mengakibatkan kecelakaan

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/tips_aman_belajar_mengemudi_mobil_pemula_info4177.html. Cara mengemudi mobil manual bagi pemula. Belajar menyetir mobil bagi pemula. Cara mengemudi mobil manual. Belajar nyetir. Mengemudi mobil pemula. Cara mengendarai mobil manual.

Belajar mobil manual. Cara menyetir mobil manual. Belajar mengemudi. Cara setir mobil manual. Belajar nyetir mobil avanza. Cara mengemudikan mobil manual. Belajar mengendarai mobil.

Belajar nyetir mobil. Tips menyetir mobil manual. Resep belajar mobil manual. Cara menyetir mobil bagi pemula. Belajar mengendarai mobil manual untuk pemula. Cara praktis belajar mengemudi mobil.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
15 Feb 2014 20:29
situs jual beli
<a href="http://www.otomotif7.com">Situs Jual Beli Mobil Dan Motor Gratis</a>nIni dia tempat jual beli mobil dan motor gratis selamanya,banyak penjual dan calon pembelinya sudah pasti mobil/motor Anda cepat laku,dan bagi pembeli sudah pasti mendapat kepuasan,cek aja websitenya!.<a href="http://www.otomotif7.com">Situs Jual Beli Mobil Dan Motor Gratis</a>Mau beli aksesories mobil/motor?yang baru/second,yang aman ya disini.otomotif7.com