Previous
Next
  • Home
  • »
  • Bayi
  • » Ternyata Kandungan Teh Hijau Tidak Baik untuk Ibu Hamil

Bayi

Ternyata Kandungan Teh Hijau Tidak Baik untuk Ibu Hamil

 

Teh merupakan jenis minuman yang baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidannya membantu mencegah proses penuaan dini, sedangkan oleh para wanita digunakan sebagai minuman penurun berat badan. Akan tetapi bagi wanita hamil teh hijau tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Karena justru kandungan antioksidannya bisa mengganggu perkembangan dan kesehatan janin. Gangguan kehamilan yang disebabkan terlalu sering mengkonsumsi teh hijau menurut kompas antara lain:

1. Terlalu sering minum teh hijau dapat menurunkan kadar asam folat, namun penurunan ini justri tidak baik pada ibu hamil karena menyebabkan  bayi mengalami cacat tabung syaraf yang berhubungan dengan otak si janin.

2. Teh juga mengandung kafein meski kadarnya lebih rendah dari kopi. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil mengurangi konsumsi teh hijau agar tekanan darah selalu stabil.

3. Konsumsi teh hijau terlalu sering pada ibu hamil mempengaruhi tubuh menyerah zat besi dari sayuran dan daging yang mereka makan. Akibatnya ibu hamil mengalami anemia atau kekurangan darah. Padahal saat kehamilan membutuhkan cukup zat besi agar perkembangan janin selalu baik.

4. Konsumsi teh hijau juga mempengaruhi berat badan bayi saat lahir menjadi rendah. Dalam satu porsi teh hijau mengandung sekitar 20 - 50 mg kafein yang berpengaruh besar pada berat janin selama di dalam kandungan.

5. Kandungan kafein dalam teh hijau sama dengan kopi yang bersifat diuretik. Yakni intensitas buang air kecil yang tinggi. JIka tidak diimbangi dengan air putih akan menyebabkan dehidrasi, pada ibu hamil kasus dehidrasi tidak boleh terjadi karena berpengangaruh pada kesehatan bayi.

6. Ditakutkan adalah tingginya kafein yang masuk ke dalam tubuh justru malah masuk ke sirkulasi darah kemudian mempengaruhi plasenta bayi. Jika sudah masuk kedalam plasenta bayi, akibatnya metabolisme bayi terganggu karena belum mampu mencegah kafein yang masuk yang akhirnya akan menjadi racun bagi janin.

Bahaya lainnya, teh hijau tidak baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Meskipun dibolehkan tapi kadarnya tidak terlalu kental. Mengapa? Karena kandungan kafein bisa menjadi racun bagi air susu sehingga kualitas dan jumlah ASI yang keluar berkurang. Jika kafein tersebut masuk kedalam tubuh si bayi, akan mengganggu pencernaan bayi yang belum terlalu kuat. Gangguan ini biasanya menyerang bagian usus dan mengalami kejang menyebabkan bayi tidak berhenti menangis.

Video

Dampak Teh Hijau bagi Ibu Hamil

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Teh hijau mengganggu kehamilan. Teh hijau baik atau tidak untuk rahim. Kandungan teh hijau yg menyebabkan toksik. Teh hijau baik untuk ibu menyusui. Teh hijau dan janin. Teh hijau tidak baik untuk rahim. Teh hijau baik untuk janin.

Apakah teh hijau mempengaruhi kehamilan. Minum teh hijau dapat menpengaruhi nggk dalam proses kehamilan. Apakah minum teh menyebabkan janin beratnya rendah. Teh itu mempengaruhi hamil. The hijau yang baik di konsumsi.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.