Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Terbentuknya Hujan

 
 
 
 
 
Hujan merupakan satu bentuk kandungan kelembaban udara yang berwujud cairan. Kandungan kelembaban udara atau yang biasa disebut PRESIPITASI juga bisa berwujud padat (seperti: hujan es & salju) atau aerosol (seperti: embun dan kabut). Hujan terbentuk karena titik air yang terpisah jatuh e bumi dari awan. Sebenarnya tidak semua air hujan tersebut sampai ke permukaan bumi, karena sebagian menguap saat jatuh melalui udara kering sebelum sampai ke permukaan bumi. Jenis hujan yang seperti itu disebut dengan VIRGA. 
 
Dalam siklus hidrologi, hujan memegang peranan yang sangat penting. Siklus hidrologi dimulai dari lembaban dari laut yang menguap kemudian berubah menjadi awan mendung, kemudian turun ke bumi dalam bentuk air hujan dan akhirnya kembali ke  laut melalui sungai dan anak sungai. Begitu seterusnya siklus hidrologi tersebut selalu berulang. Disadari atau tidak, bentuk air hujan adalah kecil hampir bulat. Jadi pendapat sebagian orang yang mengatakan bahwa bentuk air hujan yang lonjong-lebar di bawah dan menciut diatas adalah kurang tepat. 
 
Darimana sumber bau khas setiap kali terjadi hujan? Banyak orang yang menyukai "bau hujan" yang dianggap segar dan menyenangkan. Bau tersebut sebenarnya adalah PETRICHOR, berupa minyak atsiri yang diproduksi oleh tumbuhan dan kemudian diserap oleh bebatuan dan tanah, kemudian dilepas ke udara saat terjadi hujan. Dalam keadaan noral, air hujan memiliki kada pH (kadar asam) 6. Sehingga bila terjadi hujan dengan kadar asam dibawah 5,6 maka dianggap sebagai hujan asam.
 
JENIS - JENIS HUJAN
Berdasarkan proses terjadinya, hujan dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:
 
# HUJAN OROGRAFIS
Terjadi karena udara yang mengandung uap air dipaksa naik ke daerah pegunungan. Karena mengalami proses kondensasi yang menimbulkan hujan di lereng pegunungan
 
# HUJAN KONVEKSI
Terjadi karena pemanasan radiasi matahari sehingga udara di permukaan akan memuai dan naik secara vertikal membawa uap air
 
# HUJAN FRONTAL
Terjadi karena pertemuan antara massa udara panas dengan massa udara dingin. Karena mengalami proses penyesuaian, massa udara panas bergerak ke atas sehingga menimbulkan kondensasi yang dapat menimbulkan hujan

Video

Video animasi proses terjadinya hujan

Dalam video ini akan diperlihatkan secara animasi bagaimana proses terjadinya hujan

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

3 jenis hujan berdasarkan proses terjadinya. Hujan frontal akan terjadi jika. Http://carapedia.com/terbentuknya_hujan_info2352.html. Jenis hujan yang terjadi karena massa udara dipaksa naik ke pegunungan. Terjadinya hujan orografis. Pengetahuan hujan. Gambar hujan.

Animasi bergerak hujan. Udara yang mengandung uap air menaiki lereng pegunungan sehingga mengalami kondensasi dan akhirnya turun sebagai hujan. Udara yang mengandung uap air menaiki lereng pegunungan sehingga terjadi kondensasi dan akhirnya turun sebagai hujan yang di sebut hujan. Berdasarkan proses hujan dibedakan 3 macam. Udara yang bergerak naik ke pegunungan mengalami kondensasi dan turun sebagai hujan di sebut hujan... Pengertian hujan frontal orografis konveksi. Pemandangan salju bisa gerak.

Terjadinya hujan dalam bahasa inggris. Animasi hujan bergerak. Animasi bergerak hujan turun. Gambar hujan yg bergerak animasi. Hujan orografis dan konveksi. Ilmu air ujan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.