Previous
Next

Agama

Tentang Puasa Rajab

 

 
 
 
 
 
Menurut kalender Islam, terdapat 4 bulan yang dimulyakan, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Banyak umat Muslim yang melakukan puasa di bulan Rajab yang disebut dengan puasa Rajab. Puasa Rajab sendiri hukumnya bersifat sunnah. Hingga saat ini, kesahihan hadist tentang dasar pelaksanaan puasa Rajab masih diperdebatkan. 
 
Beberapa dasar dilaksanakannya puasa Rajab adalah sebagai berikut:
 
* Riwayat Abul Fath dari Al - Hasan
Nabi Muhammad SAW berkata: Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban itu bulanku, dan Ramadhan itu bulannya umatku
 
* Riwayat al-Thabrani dari Sa'id bin Rasyid
Barangsiapa puasa sehari di bulan Rajab maka laksana ia puasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka Jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu sorga, bila puasa 10 hari Allah akan mengabulkan semua permintaannya.
 
* Diriwayatkan dari Mujibah al-Bahiliyah
Rasulullah bersabda: Puasalah pada bulan-bulan haram (mulya)  
 
* Riwayatnya al-Nasa'i dan Abu Dawud
Usamah berkata pada Nabi Muhammad SAW, 'Wahai Rasulullah, saya tak melihat Rasul melakukan puasa (sunnah) sebanyak yang Rasul lakukan dalam bulan Sya'ban.' Rasul menjawab: 'Bulan Sya'ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan oleh kebanyakan orang
 
 
Namun beberapa Ulama beranggapan bahwa Hadist - Hadist diatas dianggap kurang kuat (Dha'if) seperti pikiran - pikiran seperti berikut ini:
 
* Ibnu Hajar (kitab: Tabyinun Ujb)
tidak ada hadis (baik sahih, hasan, maupun dha'if) yang menerangkan keutamaan puasa di bulan Rajab. Bahkan beliau meriwayatkan tindakan Sahabat Umar yang melarang menghususkan bulan Rajab dengan puasa.
 
 
* Muhamad bin Manshur al-Sam'ani (Nailul Authar)
tak ada hadis yang kuat yang menunjukkan kesunahan puasa Rajab secara khusus.
 
 
Terlepas dari kontroveri kedua pendapat yang berbeda diatas, semua tergantung dari keyakinan serta kemantapan hati kita dalam menjalankan puasa Rajab. Apalagi hingga saat ini juga tidak terdapat dalil yang kuat yang memakruhkan puasa di bulan Rajab.

Video

Video kelebihan puasa di bulan Rajab

Dalam video ini akan diperlihatkan beberapa kelebihan puasa di bulan Rajab

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Doa buka puasa rajab. Niat berbuka puasa rajab dan syarat puasa. Bacaan buka puasa bulan rajab. Doa berbuka puasa sunah rajab. Niat buka puasa sunnah rajab. Doa berbuka puasa syaban. Niat buka puasa rajab.

Doa buka puasa sya ban. Doa buka puasa syaban. Gimana cara melihat puasa rajab.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
02 May 2014 22:26
irmawati
bagaimana kalau saya puasa di awal bulan rajab ,, ntrus di hari kedua saya tidak puasa lagi ,, ntapi sungguh saya tidak tau ,, ndan saya melanjutakan sampai 10 hari di hari ketiga nya ??nitu bagaimana yah ??