Previous
Next

Kesehatan

Tentang Penyakit Polio

 

 
 
 
 
Penyakit polio atau yang dala istilah kedokteran disebut dengan poliomielitis adalah penyakit lumpuh yang disebabkan oleh virus polio. Virus polio ini termasuk dalam kelompok enteroviorus, famili Picornavirus. Jenis virus ini sangat tahan terhadap alkohol dan lisol, namun peka terhadap formaldehide dan larutan klor. Virus ini bisa mati dalam suhu yang tinggi namun bisa bertahan hidup selam bertahun - tahun dalam keadaan beku. Penyakit polio ini termasuk penyakit yang menular. Penyakit ini menyerang pada setiap orang tanpa mengenal usia, namun 50% kasusnya terjadi pada anak berusia antara 3 - 5 tahun.
 
# CARA PENULARAN PENYAKIT POLIO:
Penyakit polio menular melalui kontak antar manusia. Virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut ketika seseorang memakan makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja penderita penyakit polio atau bisa juga dari air liur penderita penyakit polio. Kemudian virus menginfeksi bagian usus yang kemudian memasuki aliran darah dan mengalir ke sistem saraf pusat sehingga bisa menyebabkan melemahnya otot serta terkadang menyebabkan kelumpuhan.
 
# GEJALA / TANDA - TANDA PENYAKIT POLIO
Karena penyakit polio dibedakan menjadi 3 jenis, maka masing - masing dari jenis penyakit polio tersebut memiliki gejala / tanda - tanda sendiri seperti dibawah ini:
* POLIO NON PARALISIS
  • Demam 
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Lesu
  • Kram otot pada leher serta punggung
  • Otot terasa lembek
  • Semua gejala diatas berlangsung selama 2 - 10 hari dan akan sembuh dengan sempurna
 
* POLIO PARALISIS SPINAL
Bagi penderita yang sudah memiliki kekebalan, biasanya akan terjadi kelumpuhan pada kaki. Namun bagi penderita yang belum memiliki kekebalan / blm divaksinasi biasanya akan menyerang ke seluruh bagian saraf tulang belakang dan batang otak sehingga bisa mengakibatkan kelumpuhan seluruh anggota gerak badan
 
* POLIO BULBAR
Polio ini akan menyerang saraf yang berhubungan dengan pergerakan bola mata, muka, pendengaran, proses menelan dan berbagai fungsi di kerongkongan, pergerakan lidah dan rasa, serta saraf tambahan yang mengirim sinyal ke jantung, usus, paru-paru, dan pengatur pergerakan leher. Tanpa alat bantu pernafasan, jenis polio ini bisa menyebabkan kematian
 
# MENCEGAH PENYAKIT POLIO
satu - satunya jalan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit polio ini adalah dengan mendapatkan vaksinasi polio. Vaksinasi polio diberikan kepada bayi yang baru lahir kemudian dilanjutkan saat bayi berumur 2, 4, dan 6 bulan

Video

Video bagaimana cara hidup dan bersahabat dengan polio

Dalam video ini akan diperlihatkan bagaimana para penderita polio hidup dan bersahabat dengan polio

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Penyakit polio. Penyakit folio. Http://carapedia.com/tentang_penyakit_polio_info2270.html. Pengertian penyakit polio. Mengapa penyakit polio dapat menyebabkan kelumpuhan. Artikel penyakit polio. Tentang penyakit polio.

Apa itu polio. Penyakit polio disebabkan oleh. Gejala penyakit polio. Jelaskan penyakit polio. Apa itu penyakit polio. Polio adalah. Apa yang dimaksud penyakit polio.

Ciri polio. Ciri ciri penyakit polio. Penyakit poliomyelitis. Ciri ciri polio. Tentang polio. Penjelasan penyakit polio.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.