Previous
Next

Kesehatan

Tentang Penyakit Pencernaan

 

 
 
 
 
Penyakit pencernaan merupakan penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Walaupun pada dasarnya sebagian besar penyakit pencernaan ini disebabkan oleh kondisi lingkungan serta pola makan yang buruk, tidak jarang juga penyakit pencernaan disebabkan oleh penyakit sebelumnya. Gejala dari penyakit pencernaan biasanya mirip antara penyakit satu dan lainnya. Oleh karena itu, mengenali gejala dengan baik merupakan sebuah keharusan untuk emnghindari terjadinya salah pengobatan serta salah penanganan.
 
 
Berikut ini adalah beberapa penyakit pencernaan:
 
# DIARE
Penyakit diare atau yang terkadang disebut sebagai mencret atau muntaber ini sering timbul sebagai wabah karena terjadi dalam waktu yang singkat serta biasanya memakan banyak korban. Penyakit diare ini mewabah pada tempat - tempat yang kotor terutama pada wilayah yang habis terkena bencana banjir ataupun bencana alam lainnya. Gejala dari penyakit diare ini diawali dengan sering buang air besar dalam bentuk encer atau cair serta kadang disertai dengan muntah, panas, dan tubuh terasa sangat lemas. Penyebab dari penyakit diare ini bisa berasal dari peradangan usus, keracunan makanan, maupun bisa juga disebabkan oleh kekurangan gizi. Bila tidak segera mendapat pertolongan, maka akan terjadi kekurangan cairan yang bisa menyebabkan kematian. Tindakan pertama yang harus diambil untuk menolong penderita penyakit diare adalah dengan memberikan cairan yang cukup kepada penderita. Cairan tersebut bisa berupa oralit ataupun air putih. Bila diare tidak juga mereda, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
 
# KOLERA
Kolera adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan yang disebabkan oleh kuman vibrio cholerae. Gejala dari penyakit kolera ini ditandai dengan berak - berak, muntah dehidrasi, serta kadang-kadang sampai disertai dengan pingsan (shock). Penularan penyakit kolera bisa melalui mulut saat makan bersama atau meminum minuman yang terkontaminasi kuman vibrio cholerae. Masa inkubasi kuman ini bisa sekitar 8 - 48 jam. Penyakit kolera biasanya menyerang keluarga yang memiliki sanitasi yang buruk serta tidak memiliki persediaan air bersih. Lingkungan yang kotor juga turut berperan dama menyebarkan penyakit kolera ini. Kuman vibrio cholerae masuk ke dalam usus halus, kemudian menyerang dinding usus halus dan ke pembuluh darah yang terdapat pada dinding usus halur. Mengobati penyakit kolera ini pada dasarnya adalah dengan cara memperbaiki dehidrasi dengan memberikan cairan elektrolit, mengatasi pingsan (shock), serta membunuh kuman dengan antibiotik dengan dosis yang tepat dibawah pengawasan dokter.
 
# INFEKSI SALMONELLA
Basil salmoella terdiri dari ratusan spesies yang bergerak dengan rambut getar serta tidak berspora. Salmonella ini tergolong basil pencernaan yang bisa menyebabkan gejala diare dan dehidrasi. Penularan penyakit ini bisa melalui binatang, seperti: tikus, babi, kelinci, burung, kucing, anjing, kuda, dan bahkan bisa juga melalui manusia. Gejala penyakit ini mirip dengan gejala pada kasus keracunan makanan, seperti: timbul rasa mual, muntah, serta diare dengan dalam bentuk faces encer, berlendir, dan kadang-kadang berdarah. Penanganan penyakut salmonella ini sebaiknya dilakukan di rumah sakit. 
 
# DISENRI
Secara endemik, penyakit disentri ini masih terjadi di negara-negara tropis termasuk di Indonesia. Desentri emnyeranga anak - anak yang kurang baik imunisasinya. Penyakit disentri disebabkan oleh organisme golongan Shigella dysenteriae. Organisme ini menyebabkan infeksi lokal pada dinding usus sebagai akibat dari toksin yang dikeluarkan. kemudian setelah merusak dinding usus, akan timbul radang yang biasanya meah dan bengkak di sekitarnya.  

Video

Video tentang penyakit diare

Dalam video ini akan diperlihatkan sebuah tayangan di televisi yang membahas mengenai bahayanya penyakit diare

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Ciri ciri gangguan pencernaan. Ciri ciri infeksi saluran pencernaan. Penyakit pencernaan yang dapat menimbulkan dehidrasi adalah. Perbedaan kolera dan disentri. Diare diawali dg mual disebabkan oleh apa. Artikel ciri ciri muntaber. Ciri2 gangguan pencernaan.

Ciri ciri sakit pencernaan. Ciri_ciri ganguan pencernaan. Penyakit pencernaan yang menimbulkan dehidrasi. Penyakit pencernaan yang dapat menimbulkan dehidrasi. Ciri ciri sakit infeksi saluran pencernaan. Ciri2 sakit pencernaan. Http://carapedia.com/tentang_penyakit_pencernaan_info2285.html.

Ciri penyakit kolera. Ciri ciri infeksi pencernaan. Ciri pencernaan bay. Perbedaan diare dan muntaber. Definisi penyakit pencernaan. Ciri gangguan pencernaan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.