Previous
Next

Kesehatan

Tentang Penyakit Hepatitis

 

 
 
 
 
Istilah hepatitis biasanya dipakai untuk semua jenis penyakit peradangan atau pembengkakan hati (liver). Penyakit hepatitis bisa menyerang semua orang, bahkan pada orang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik. Penyakit hepatitis ini bisa mengakibatkan sirosis, aknker hati serta kegagalan fungsi hati yang bisa berakibat fatal. 
 
# PENYEBAB PENYAKIT HEPATITIS
Penyebab penyakit hepatitis ini bermacam - macam. Bisa dari virus, alkohol, narkoba, obat, ataupun racun. Virus hepatitis sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu hepatitis A, B, C, D, E, F, dan G. Bentuk dari penyakit hepatitis ada bisa mengakibatkan penyakit yang akut (misal: Hepatitis A), bisa juga mengakibatkan hepatitis kronik (misal: hepatitis B dan C) dan ada pula yang kemudian bisa berkembang menjadi kanker hati (misal: hepatitis B dan C) 
 
# PENULARAN PENYAKIT HEPATITIS
Penukaran penyakit hepatitis dapat terjadi melalui kontak dengan cairan penderita, misal: darah, jarum suntik, transfusi darah, dll. Untuk hepatitis C, tidak akan menular bila hanya melalui jabat tangan, berpelukan, bersin, kontak biasa, serta batuk. Asalkan tidak terpapar oleh darah penderita hepatitis C, penyakit ini tidak akan menular. Seorang penderita penyakit hepatitis C dapat menularkan ke orang lain dalam jangka kurang lebih 2 minggu setelah dirinya terinfeksi.
 
# CARA MENCEGAH PENYAKIT HEPATITIS
 
  • Imunisasi. Imunisasi merupakan cara yang efektif untuk mencegah terinfeksi penyakit hepatitis. Setelah di imunisasi, tubuh akan menghasilkan antibodi yang merupakan zat kekebalan tubuh terhadap penyakit hepatitis. Imunisasi hepatitis bisa diberikan pada anak muali usia 2 - 18 tahun dan cukup diaplikasikan sekali. 
  • Imunitas sementara. Ini sangat efektif diberian kepada seseorang yang sering bepergian terutama di wilayah endemi hepatitis ataupun di lingkungan dengan sanitasi yang buruk. Antivirus yang diberikan akan bekerja efektif setelah 2 minggu kemudian. 
  • Menjaga kebersihan diri. Selalu mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu langkah pencegahan penyakit hepatitis
  • Tidak menggunakan barang milik orang lain selam kita sendiri tidak yakin dengan kondisi kesehatan orang tersebut
  • Setia pada pasangan dengan cara tidak melakukan hubungan seks dengan berganti - ganti pasangan.
  • Tidak melakukan donor darah bila kita sendiri terkena penyakit hepatitis
  • Membersihkan ceceran darah. Bersihkan ceceran darah dengan menggunakan larutan pemutih pakaian dipercaya bisa membunuh virus hepatitis
 
 

Video

Video cara treatment penyakit hepatitis C

Dalam video ini akan dijelaskan cara melakukan treatment pada penyakit hepatitis C

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh gambar pembengkakan hati. Hepatitis bsa menular lewat jabat tangan. Contoh penderita sakit liver.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.