Previous
Next

Kesehatan

Tentang Penyakit Flu

 

 
 
 
 
Penyakit flu atau yang terkadang disebut sebagai penyakit influenza pasti sudah tidak asing bagi kita semua. Penyakit flu ini termasuk jenis penyakit yang sering menyerang masyarakat terlebih pada saat musim hujan dan musim pancaroba (pergantian  musim). Sehingga bisa dibilang bahwa penyakit flu merupakan penyakit musiman di Indonesia.  Flu merupakan penyakit infeksi saluran nafas yang menyerang manusia tanpa mengenal umur, jenis kelamin, dll. Umumnya penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya dengan masa inkubasi rata- rata selama 2 - 4 hari.
 
Penyakit flu disebabkan oleh virus influenza tipe A dan sering disebut dengan human influenza walaupun jenis penyakit yang disebabkan oleh virus influenza tipe A ini tidak hanya penyakit human influenza, namun juga beberapa penyakit flu lain yang saat ini sedang mewabah di berbagai negara, seperti flu Hong Kong, Swine flu atau flu babi, Flu burung, dll. Jenis penyakit flu yang saat ini sedang menghebohkan dunia adalah penyakit flu babi yang disebabkan oleh virus H1N1 serta diduga terdapat mutasi antara flu babi, flu burung, dan human influenza. jenis flu ini telah menelan banyak korban  di negara asalnya, yaitu Meksiko.
 
Hingga saat ini belum ada vaksin khusus untuk flu babi karena flu ini merupakan mutasi dari beberapa jenis virus flu lainnya. Selain itu, virus flu yang sudah tersedia saat ini juga belum diketahui pasti apakah bisa memberikan kekebalan saling silang terhadap flu babi ini. Oleh karena itu, untuk menghindari terkena penyakit flu (apapun jenisnya), penting bagi kita untuk melakukan langkah - langkah pencegahan seperti dibawah ini:
 
  • Mencuci tangan setiap akan makan atau minum dan setelah bersentuhan dengan unggas atau binatang ternak lainnya.
  • Menjaga kesehatan badan dengan cukup tidur, lahraga, makan makanan yang bergizi serta pintar mengendalikan stress
  • Belajar untuk lebih peka terhadan imunitas / ketahanan tubuh serta peka terhadap makanan / minuman yang sebaiknya dihindari
  • Jauhi rokok dan alkohol karena zat - zat yang terkandung dalam rokok dan alkohol berpotensi menurunkan daya tahan tubuh
  • Sebisa mungkin hindari melakukan kontak dengan penderita flu dengan cara mengurangi pergi ke tempat-tempat umum saat flu sedang mewabah
  • Bersihkan liang hidung setiap pulang dari bepergian. Bisa dengan menggunakan sabun sambil mengembus-embuskan udara hidung slama dibersihkan.
  • Jangan menutup bersin atau batuk dengan tangan. Jika ingin bersin, tutup dengan tisue lalu segera membuangnya
  • Jangan sering - sering menyentuh muka. Virus flu bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, maupun mulut
  • Lakukan relaktasi atau santai. Ini dapat mengaktifkan sistem imunitas tubuh 

Video

Video cara treatment penyakit flu biasa

Dalam video ini akan diperlihatkan bagaimana cara treatment saat anak terkena penyakit flu biasa

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Gambar sakit. Gambar flu. Sakit flu. Gambar sakit flu. Masa inkubasi penyakit influenza. Masa inkubasi influenza. Penyakit musim pancaroba.

Artikel tentang influenza (flu). Makalah penyakit flu. Makalah penyakit influensa. Materi penyakit flu. Artikel tentang virus influenza. Tentang penyakit flu. Gambar sakit flue.

Flu gambar. Gambar penyakit fluenza. Artikel tentang flu. Makalah penyakit influenza. Gambar sedang sakit baatuk pilek. Sedang flu.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.