Previous
Next

Olahraga

Tentang Atletik Lompat Jauh

 

 
 
 
 
Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga yang populer. Lompat jauh merupakan satu dari sekian jenis olahraga atletik yang sering dilombakan dalam berbagai event olahraga. Dibawah ini akan dijelaskan tentang atletik lompat jauh sebagai bahan tambahan pengetahuan kita tentang olahraga lompat jauh.
 
TENTANG ATLETIK LOMPAT JAUH
 
Terdapat 4 hal yang harus diperhatikan dalam olahraga lompat jauh, yaitu: awalan, tolakan, gaya, dan pendaratan. Gaya dalam lompat jauh terdiri dari 3 jenis, yaitu: menggantung, jongkok, dan jalan di udara. Dari ketiga gaya tersebut, gaya melayang yang paling populer dan banyak digunaan. 
 
* AWALAN
 
Dalam olahraga lompat jauh, awalan dapat dilakukan dengan cara berlari sekencang mungkin. Awalan merupakan penentu dari hasil lompat jauh yang akan dilakukan. Oleh karena itu, bila salah melakukan awalan secara otomatis hasil jarak lompat jauhnya menjadi tidak maksimal. Seorang atlet profesional biasanya mencoba melakukan awalan beberapa kali sampai menemukan titik awalan yang tepat sehingga tidak salah perhitungan dalam memijakkan kaki di papan tolakan. Sebuah awalan yang baik bisa dilakukan bila telah melakukan pemanasan pada tubuh bagian bawah dan telah mengetahui secara pasti letak papan tolakan
 
* TOLAKAN
 
Tolakan sering juga disebut dengan take off. Tolakan merupakan sebuah gerakan yang diawali dengan lari yang cepat atau bergerak secara horisontal dan kemudian melakukan tolakan atau bergerak secara vertikal. Lari yang dilakukan secara cepat diharapkan mampu menghasilkan efek tolakan sejauh - jauhnya.
Pada saat melakukan tolakan, ayunkan lengan dan juga kaki supaya hasil lompatan yang jauh. Dengan kata lain, awalan yang tepat diikuti dengan tolakan yang tepat serta ditambah dengan ayunan lengan dan kaki akan membuat badan melayang ke udara ke arah depan dengan maksimal menuju area pendaratan.
 
* GAYA
 
sebagai contoh bila kita menggunakan gaya menggantung, maka setelah melakukan tolakan kita segera mengayunkan kaki ke depan dan mengangkat kedua tangan ke atas langsung dikibaskan ke arah belakang. Pada saat menjelang pendaratan, kedua kaki dimajukan ke depan dan badan dibungkukkan sehingga posisinya dekat dengan kaki. Selain itu, tangan diayunkan ke depan bersama dengan kepala yang ditundukkan.
 
* PENDARATAN
 
Posisi pendaratan juga mendapatkan poin  nilai. Usahakan untuk melakukan pendaratan dengan baik. Tidak terseungkur ke dapan ataupun terjengkang ke belakang. Untuk menghindari kesalahan mendarat, maka pada saat mengambil posisi mendarat sebaiknya berat badan dibawa ke depan dan pada saat kaki mulai emnyentuh pasir di bak pendaratan, tekuk lutut dan tapakkan telapak kaki di pasir.

Video

Video olahraga lompat jauh

Dalam video ini akan diperlihatkan olahraga lompat jauh

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Olahraga lompat jauh. Kesalahan yang sering terjadi saat lompat jauh. Kesalahan yang sering terjadi dalam lompat jauh. Tentang lompat jauh. Http://carapedia.com/tentang_atletik_lompat_jauh_info3615.html. Kesalahan dalam lompat jauh. Animasi lompat jauh.

Atletik lompat. Apa yg di maksud awalan pada atletik. Gambar atletik lompat jauh. Tentang olahraga lompat jauh. Tentang atletik. Sebutkan kesalahan dalam melakukan lompat jauh. Lompat jauh animasi.

Kesalahan kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan pendaratan lompat jauh adalah. Penentu hasil lompat jauh. Gambar tentang lompat jauh. Atletik (lompat jauh). Kesalahan yang sering terjadi saat lompat jauh gaya jalan di udara. Animasi bergerak lompat jauh.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.