Previous
Next

Daerah

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki banyak obyek wisata yang sangat menarik. Puri Maerokoco (Taman Mini Jawa Tengah) dan Museum Rekor Indonesia (MURI) terdapat di Kota Semarang.
Jika mengunjungi Kabupaten Magelang, terdapat monumen Budha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-9. Monumen itu bernama Candi Borobudur. Selain candi Borobudur, di komplek ini juga terdapat Candi Mendut dan Candi Pawon.


Di kawasan Dieng terdapat kelompok candi-candi Hindu, yang diduga dibangun sebelum era Mataram Kuno. Komplek Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Selain itu, di Jawa Tengah terdapat Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Kota Solo. Di kota ini terdapat Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran.


Tempat wisata menarik lainnya di Jawa Tengah adalah air terjun Grojogan Sewu dan candi-candi peninggalan Majapahit di Kabupaten Karanganyar, serta Museum Fosil Sangiran yang terletak di jalur Solo – Purwodadi.


Di bagian selatan Jawa Tengah juga terdapat berbagai tempat wisata, seperti Goa Jatijajar dan Pantai Karangbolong di Kabupaten Kebumen, serta Baturraden di Kabupaten Banyumas. Di sebelah utara Jawa Tengah terdapat wisata guci di lereng Gunung Slamet, Tegal, serta Kota Pekalongan yang terkenal dengan julukan Kota Batik.


Selain itu, di Jawa Tengah juga memiliki wisata religius. Masjid Agung Demak yang didirikan pada abad ke-16 merupakan bangunan dengan paduan arsitektur Islam dan Hindu. Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Di provinsi ini juga terdapat 3 makam wali songo, yakni Sunan Kalijaga di Demak, Sunan Kudus di Kota Kudus, dan Sunan Muria di Kabupaten Kudus.
 


Wisata Alam di Jawa Tengah

Ada sebuah tempat tujuan wisata yang sangat terkenal di dekat Kota Purwokerto, yaitu Baturaden. Baturaden terletak tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet.  Karena letaknya di lereng gunung, maka daerah ini berhawa sejuk dan dingin.


Di daerah pantai selatan Gombong, terdapat objek wisata Karang Bolong. Berbeda dengan Karang Bolong yang ada di Jawa Barat, karang di Gombong ini menjadi bolong karena buatan manusia. Ini karena di daerah Gombong terkenal dengan industri sarang burung waletnya. Karena banyaknya burung walet di sana, maka dibuatlah sarang burung buatan seperti di karang.
 



Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Tempat wisata yg dingin di jawa tengah. Contoh deskripsi tempat wisata. Descripsi objek wisata di solo. Contoh uraian tentang jalan jalan ke guci tegal. Objek wisata gombong jawa tengah. Wisata berhawa dingin dijateng. Karangan deskripsi tentang daerah solo semarang.

Http://carapedia.com/tempat_wisata_jawa_tengah_info1928.html. Tetwisata di kebumen. Contoh karangan deskriptif tentang air terjun muria. Deskripsi lokasi kota wisata baturaden. Tempat wisata di daerah jawa tengah yang menarik. Contoh deskripsi air terjun.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.