Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Teknik Membuat Pembukaan Speech yang Menarik

Umum

Teknik Membuat Pembukaan Speech yang Menarik

 

Berpidato dalam bahasa Inggris tidak sama strukturnya dengan pidato dalam bahasa Indonesia. Pidato Bahasa Inggris atau biasa disebut speech tidak menggunakan pembukaan basa-basa seperti ucapan terima kasih kepada para tamu undangan. Speech akan langsung dimulai dengan pembukaan yang, dan mulai membuat statemen tentang isi pidato.

Pembukaan speech yang baik adalah yang mampu menarik perhatian penyimak speech, sehingga mereka akan fokus dengan materi yang akan Anda sampaikan. Tanpa pembukaan yang menarik, tentunya penyimak akan merasa bosan dengan isi speech kita. Sehingga bisa dikatakan speech Anda akan gagal dalam membuat penonton terinspirasi.

Berikut ini tips membuat pembukaan speech yang baik dan menarik yang bisa Anda coba.

1. Greeting (Salam). Salam pembuka perlu dikemukaan saat speech. Namun tidak usah terlalu panjang seperti pidato dalam bahasa Indonesia yang harus menyebutkan daftar tamu penting dalam sebuah acara. Biasanya dalam speech hanya mengucapkan “Good Morning/afternoon/night Ladies and Gentleman”. Kemudian dilanjutkan dengan kalimat pembuka.

2. Introduction (kalimat Pembuka). Kalimat pembuka adalah latar belakang materi yang akan Anda sampaikan dalam speech tersebut. Pembukaan merupakan kunci utama speech Anda sukses disimak penonton. Jika Anda gagal dalam bagian ini, misalnya membuat pembukaan yang garing atau terlalu bertele-tele, ekspresi muka datar maka jangan harap penonton akan antusias menyimak speech Anda. Ada beberapa teknik dalam menyampaikan pembukaan, yaitu:

  • Cerita (Story/Scenario). Cerita baik fiktif atau nyata jika Anda sampaikan dengan ekspresi dan penekanan yang tepat tentunya akan sangat menarik perhatian penonton. Mereka akan diajak berimajinasi membayangkan bagaimana cerita tersebut bisa terjadi. Misalnya materi speech Anda tentang “Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak”, kemudian cerita yang disampaikan tentang seorang anak yang gagal menyelesaikan pendidikan karena orang tua tidak berperan lantaran sibuk bekerja. Bisa juga cerita-cerita umum seperti kisah kesuksesan orang-orang jenius, perjuangan seseorang dalam mencapai impiannya dan sebagainya.
  • Joke (Lelucon). Bercanda boleh-boleh saja. Lontarkan sebuah kalimat yang menurut Anda cukup lucu namun masih ada kaitannya dengan isi materi. Jangan sekali-sekali membuat lelucon yang tidak pas baik suasana ataupun tema acara. Hati-hati jika Anda memang berniat menggunakan sebuah kalimat joke untuk membuat penonton terkesima. Sebenarnya tujuan joke disini adalah untuk mencairkan suasana dan membawa penonton dalam suasana santai saat menyimak speech Anda.

Contoh : Joke yang disampaikan Steve Jobs saat melakukan speech pada Wisuda Universitas Stanford : Saat Steve mengatakan pada pembukaan "Dia Tidak pernah sekolah, tapi sejujurnya inilah waktu paling dekat dia terlibat dalam acara pelepasan wisuda" Pada titik ini penonton tertawa santai karena mereka tahu bahwa Steve Jobstidak pernah menyelesaikannya pendidikan namun sukses menjadi bos besar “Kerajaan Apple Computer”.

  • Pendapat seseorang (Quote). Quote dapat membangkitkan daya inspiratif kepada para penonton. Gunakan kata bijak seseorang atau Anda sendiri yang menyentuh dan sesuai dengan materi speech Anda.
  • Data Statistik. Data juga diperlukan agar argumen yang Anda utarakan sangat utarakan kuat dan memiliki dasar. Misalnya Anda membicarakan fenomena kemacetan dan kemudian menggunakan data frekuensi lalu lintas sehari di sebuah jalan di pusat kota. Atau fenomena pemerkosaan, dan Anda menggunakan data dari sebuah instansi yang menyebutkan kasus perkosaan meningkat n% dari tahun lalu.
  • Pertanyaan. Pertanyaan membuat penonton semakin penasaran. Bangunlah kerjasama dengan penonton dalam menetapkan statemen. Penonton juga akan menilai sendiri bagaimana suatu kasus bisa terjadi disertai tambahan argumen Anda.
  • Statemen. Inilah yang terpenting. Tanpa statemen  penonton akan kebingungan dengan arah pembicaraan Anda. Jangan menggunakan statamen yang ngambang atau ambil jalan tengah. Misalnya Anda membicarakan kasus adopsi, maka ambillah posisi dimana Anda setuju atau tidak setuju dengan adanya adopsi.

Nah, jika Anda sudah membuat pembukaan menarik, maka Anda tinggal melanjutkan dengan menyampaikan isi materi  dengan tenang  tanpa merasa ada kesalahan. Kemudian tutup speech dengan mengulas sedikit apa yang tadi sudah disampaikan.

 

Video

Steve Jobs Speech

Berikut ini adalah dokumentasi Steve Jobs saat menyampaikan speech di hadapan mahasiswa wisudawan Universitas Standford.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/teknik_pembukaan_speech_menarik_info4163.html. Pembukaan pidato lucu. Pidato bahasa inggris yang menarik. Pembukaan speech. Pembukaan bercerita dalam bahasa inggris. Pembukaan pidato bahasa inggris yang baik. Cara membuat speech.

Pembukaan pidato yang lucu. Pembuka ucapan yang menarik. Contoh pembukaan speech. Tema speech yang menarik. Pidato bahasa inggris menarik. Teknik menarik sponsor. Pembukaan pidato bahasa inggris yang menarik.

Contoh pembukaan cerita. Contoh pembukaan pidato lucu. Contoh proposal acara wisuda. Pembukaan ucapan yang menarik. Contoh pembuka ucapan yang menarik. Topik menarik pidato bahasa inggris.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.