Previous
Next

Umum

Tanda - Tanda Bahaya

 

 
 
 
 
Tanda - tanda bahaya merupakan sebuah upaya untuk memberikan tanda peringatan bahwa kemungkinan bencana akan terjadi. Bentuk dari tanda - tanda bahaya tersebut biasanya merupakan kesepakatan bersama masyarakat setempat sehingga pada saat terdapat tanda - tanda bahaya tersebut, semua masyarakat akan mengerti dan memahami kasudnya serta mengetahui apa yang harus dilakukan. Pada dasarnya, tanda - tanda bahaya ini harus bisa memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah: dapat menjangkau masyarakat (accessible), bersifat segera (immediate), tegas dan tidak membingungkan (coherent), serta bersifat resmi (official).
 
Indonesia termasuk negara yang yang sering mengalami bencana karena faktor alam dan cuaca. Biasanya Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) secara reguler memberikan informasi secara berkala atas prediksi kemungkinan terjadinya suatu bahaya bencana. Pada skala nasional, pemerintah akan memeberikan himbauan kepada masyarakat untuk bisa lebih perhatian kepada tanda - tanda bahaya yang bisa jadi merupakan peringatan atas kemungkinan terjadinya bahaya bencana.
 
Tanda - tanda bahaya yang paling banyak dan paling umum di masyarakat diantaranya adalah:
 
KENTONGAN
 
Pada masyarakat yang tinggal di pedesaan, kentongan merupakan benda yang paling sering digunakan untuk memberikan tanda - tanda bahaya kepada masyarakat. Ritme pukulan dan suara kentongan bervariasi dan biasanya telah disosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyakarat telah mengerti arti dari masing - masing ritme suara kentongan.
 
TERIAKAN BERANTAI
 
Biasanya teriakan berantai ini dijadikan sebagai tanda - tanda bahaya yang sifatnya mendadak, spontan, dan tidak diprediksi sebelumnya. Karena bersifat mendadak dan spontan, maka tidak ada aturan baku yang mengatur tentang tanda - tanda bahaya melalui teriakan berantai ini.
 
PENGERAS SUARA MASJID, LONCENG ATAU SIRINE.
 
Pengeras suara masjid, lonceng atau sirine ini biasanya digunakan sebagai alat untuk memberikan tanda - tanda bahaya kepada masyarakat yang cakupannya lebih luas karena memang daya jangkau suaranya bisa terdengar hingga jarak yang lumayan jauh.

Video

Video alat alarm tanda bahaya motor dicuri maling

Dalam video ini akan diperlihatkan cara kerja alarm tanda bahaya motor dicuri maling

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Tanda tanda bahaya. Bunyi tanda bahaya. Tanda bahaya. Tanda peringatan bahaya. Tanda tanda peringatan bahaya. Http://carapedia.com/tanda_tanda_bahaya_info2538.html. Pengertian tanda bahaya.

Tanda tanda peringatan. Tanda peringatan bahaya di tempat kerja. Tanda tanda kentongan. Pengertian peringatan bahaya. Apa yang dimaksud tanda bahaya. Tanda tanda peringatan bahaya di tempat kerja. Tanda tanda terjadinya bahaya.

Pengenalan tanda bahaya pada area kerja. Gambar sirine kentongan. Tanda bahaya bencana alam kentong. Gambar tanda bahaya di tempat kerja. Gambar peringatan di tempat umum. Tanda tanda peringatan bahaya di tempat kerja dan di tempat umum.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.