Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Membuat Taman Vertikal

 

 
 
 
 
 
Taman vertikal atau vertikultur  adalah cara budi daya tanaman yang dilakukan secara vertikal dengan menggunakan sistem  bertingkat. Tujuan utama dari pembuatan taman vertikal adalah untuk memanfaatkan lahan yang sempit secara optimal. Walaupun sekilas terlihat rumit, namun bila kita mengetahui teknik dan tips cara membuat taman vertikal maka akan menjadi sangat mudah membuat taman vertikal. Cara membuat taman vertikal yang paling sederhana adalah dengan membuat rak tanaman secara bertingkat dengan mengatur sedemikian rupa supaya tanaman tidak saling menutupi.Taman vertikal ini bisa menjadi alternatif bagi warga perkotaan yang tidak memiliki lahan yang luas untuk bercocok tanam.
 
Berikut ini adalah langkah - langkah cara membuat taman vertikal:
 
1. SIAPKAN ALAT DAN BAHAN
Bahan - bahan yang dibutuhkan: screw, dowel, paku, kawat strimin yang ukuran kotaknya sesuai dengan kebutuhan, kayu, plastik, cat kayu, dan karung goni.
Sedangkan alat - alat yang diperlukan: palu, screwdriver, gergaji, dll
 
 
 
 
2. MENYIAPKAN KAYU
Gunakan kayu utuh ukuran 10x5x5 cm dan gunakan paku sepanjang 15 cm supaya bisa menempel di dinding. Kayu ini akan diletakkan antara dinding dan media yang digunakan untuk menanam. Oleh karena itu, sebaiknya lapisi kayu dengan anti rayap supaya kayu awet dan bisa kuat menahan beban media sampai waktu yang cukup lama.
 
 
 
 
3. MEMBUAT RAK / TEMPAT MENANAM
Tempelkan kawat strimin pada kayu frame dengan cara sebagai berikut:
 
 
 
 
4. MENYIAPKAN DINDING TEMPAT TAMAN VERTIKAL AKAN DIBUAT
Lapisi dinding dengan plastik dengan cara seperti di bawah ini. Ini bertujuan untuk melindungi dinding supaya tidak rusak dan juga untuk menghindari supaya akar tanaman tidak merambat dan menempel ke dinding
 
 
 
 
5. MENEMPELKAN KARUNG GONI
Ini merupakan langkah tersulit dalam membuat taman vertikal. Karena media tanam tidak sepenuhnya menempel di dinding, maka kita harus melapisi media tanam bagian belakang (atau minimal bagian samping) media dengan karung goni. Oleh karena itu, sebelum kita menempelkan media tanam ke dinding, pastikan masih terdapat space untuk menempelkan karung goni ini.
 
 
 
 
6. LETAKKAN FRAME
Setelah karung goni terpasang sempurna, maka langkah selanjutnya adalah meletakkan frame di permukaan karung goni. Gunakan cara speerti berikut:
 
 
 
 
7. MEMASUKKAN TANAH  DAN MULAI MENANAM
Langkah selanjutnya, kita bisa memasukkan tanah ke dalam media tanam. Kemudian, buat lubang kecil di permukaan karung goni dan kita bisa mulai menanam tanaman atau bisa juga mulai dengan menggunakan biji tanaman.
 
 
 
 
8. TAMAN VERTIKAL TELAH SIAP
Bila tanaman yang kita pilih bisa tumbuh dengan subur, maka taman vertikal kita akan terlihat seperti foto di bawah ini. Akan lebih baik bila kita menggunakan jenis tanaman yang merambat sehingga akan terlihat bagus.
 
  
 

Video

Video cara membuat taman vertikal

Dalam video ini akan diperlihatkan langkah - langkah dalam membuat taman vertikal

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat taman vertikal. Taman dinding. Cara membuat taman dinding. Tanaman dinding. Cara membuat vertical garden sederhana. Membuat taman vertikal. Cara membuat taman vertikal sederhana.

Vertical garden sederhana. Http://carapedia.com/taman_vertikal_info2924.html. Taman vertikal sederhana. Taman vertikal. Cara membuat kebun vertikal. Cara membuat tanaman vertikal. Tanaman vertikal.

Cara buat taman vertikal. Media tanam vertikal. Cara 15 bangunan tanaman vertikal terkeren. Cara menanam tanaman di dinding. Taman di dinding. Dinding taman.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (3)
01 May 2014 20:56
eka
Bagus boleh di cobo di t4ku http:///www.ekarahayu.web.id
13 Apr 2014 09:56
saeful bahri
saya ingin membuat tanaman vertikal, tapi belum bisa membuatnya, pembuatannya sangat rumit!
27 Feb 2014 14:00
budy
ingin mengetahui tentang taman vertikal selengkapnya bisa kunjungi http://www.indogreenwall.com/