Previous
Next
  • Home
  • »
  • Bisnis
  • » Strategi Mengembangkan UMKM Produk Lokal

Bisnis

Strategi Mengembangkan UMKM Produk Lokal

Pemberdayaan UMKM yang berkembang pesat sudah dibuktikan dengan munculnya produk-produk lokal yang mulai banyak diminati oleh berbagai negara selain Indonesia. Produk lokal tersebut walaupun berasal dari pelosok daerah namun mampu menunjukkan kemajuan ekonomi negara Indonesia sendiri.  Biasanya produk lokal yang dipasarkan berupa kerajinan tangan seperti anyaman bambu, sulam, hasil tenun, kain batik, pakaian, makanan khas atau camilan dan sebagainya.

Untuk membuat produk lokal terangkat namanya di kancah perdagangan internasional tentunya memerlukan beberapa strategi jitu, agar nantinya semakin berkembang dan bisa ditiru oleh daerah lain yang belum berkembang atau menghasilkan apa-apa. Strategi apa saja yang perlu dilakukan jika Anda berminat melakukan bisnis UMKM dengan hasil produksi lokal Anda? Berikut ini tipsnya:

1. Produk Berkualitas. Anda perlu menyiapkan produk yang benar-benar bermutu dengan proses sortiran yang sempurna juga. Biasanya para pembeli dari luar negeri khususnya menginginkan produk yang sempurna tanpa cacat. Cara mengemas produk juga harus menarik. Misalnya produk makanan, diberi label makanan yang lumayan unik. Dengan kemasan produk yang menarik dan berkelas, tentunya akan berpengaruh pada nilai jual, semakin bagus maka pembeli semakin tertarik dan harga yang ditawarkanpun bisa tinggi.

2. Jaringan Diperluas. Jaringan pemasaran dari lokal atau hanya satu provinsi bisa ditingkatnya menjadi antar provinsi. Hal ini sebenarnya merupakan tahapan agar produk Anda dikenal oleh orang banyak. Namun, jika Anda bisa menjalin jaringan secara personal, misalnya produk Anda berupa kerajinan dan Anda memiliki rekan seorang penikmat seni dan berasal dari luar negeri hal ini bisa dimanfaatkan. Kembangkan pula pemasaran misalnya dari pasar tradisional ke pasar modern taraf internasional seperti gerai-gerai Carrefour, pusat perbelanjaan mall dan lain-lain.

3. Sering Aktif Pameran. Pameran cukup efektif mengembangkan bisnis UMKM Anda. Selain mengenalkan produk lokal Anda, dalam event pameran biasanya sebuah peluang untuk membuka lahan kerjasama dengan investor, pembeli reseller, atau pembeli biasa yang berminat berbisnis dengan Anda. Hal ini dapat meningkatkan omset penjualan, selain dari hasil penjualan di pameran juga prospek bisnis ke depan karena semakin dikenal oleh masyarakat.

4. Manfaatkan teknologi. Sarana teknologi adalah yang tercanggih untuk melakukan apapun sekarang mulai dari pembelian penjualan dan bisnis. Anda jangan takut untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi, karena banyak peluang yang Anda dapatkan dari hal tersebut misalnya beriklan, membuat online-shop, membangun jaringan sesama produk lokal dan lain sebagainya. Tentunya melalui hal ini akan membuat  strategi mengembangkan bisnis UMKM semakin sukses karena banyak jaringan bisnis yang akan Anda dapatkan.

Video

Tips Usaha UKM

Video berikut adalah liputan khusus strategi mengembangkan UKM

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pengembangan produk umkm lokal. Cara mengembangkan umkm. Cara memajukan umkm. Cara pengembangan umkm. Cara memajukan produk sendiri. Pengertian prodak lokalpengertian kerajinan. Satrategi cara mengemas hasil kerajinan tangan.

Umkm. Pengembangan produk lokal. Http://carapedia.com/strategi_mengembangkan_umkm_produk_lokal_info4179.html. Strategi pengembangan umkm di indonesia. Contoh umkm kerajinan tangan. Mengembangkan produk lokal yang belum ada. Arti strategi pengembangan ukm.

Membangun umkm. Solusi untuk memajukan pusat perbelanjaan carrefour.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.