Previous
Next

Hukum & Politik

Sistem Pemerintahan Sebelum Amandemen UUD 45

 
 
 
 
 
Banyak warga / masyarakat yang mengatakan bahwa Indonesia masuk dalam masa kegelapan sebelum amandemen UUD 45. pernyataan tersebut didasarkan pada beberapa kenyataan bahwa aplikasi pelaksanaan dari pasal - pasal yang terdapat  pada UUD 45 banyak yang diselewengkan demi kepentingan pribadi, politik, serta golongan. Selain itu, UUD 45 yang dibuat dalam waktu yang sangat singkat dianggap sudah tidak bisa bisa diterapkan pada situasi dan kondisi yang terjadi di Indonesia saat ini. Apalagi ditambah dengan pandangan kritis dari kalangan akademisi yang melihat praktik kenegaraan yang tidak sesuai bahkan menyimpang jauh dari UUD 45.
 
Sistem pemerintahan sebelum pelaksanaan amandemen menyebutkan bahwa MPR merupakan lembaga tertinggi negara dan berperan sebagai pemegang dan pelaksana dari kedaulatan rakyat. Ini terlihat bahwa kekuasaan MPR sangat tidak terbatas. Apalagi dalam UUD 45 sebelum amandemen juga disebutkan bahwa MPR berhak untuk mengubah Undang - Undang Dasar serta memberhentikan presiden walaupun masih dalam masa jabatan bila presiden dianggap melanggar haluan negara dan atau Undang Undang Dasar.
 
Mengenai kewenangan DPR pada sistem pemerintahan sebelum amandemen UUD 45, DPR bisa meminta kepada MPR untuk mengadakan sidang istimewa dengan tujuan untuk meminta pertanggungjawaban presiden. Selain itu, DPR juga mempunyai wewenang untuk memberikan persetujuan atas Rancangan Undang - Undang yang diusulkan oleh presiden serta memberikan persetujuan atas PERPU dan anggaran. Disini dapat dilihat bahwa terjadi kerancuan pada kedudukan serta peran DPR terhadap kedudukan serta peran presiden.
 
Sebelum pelaksanaan amandemen UUD 45, disitu disebutkan bahwa presiden memiliki hak prerogatif yang sangat besar. Karena selain memegang kekuasaan eksekutif, presiden juga memegang kekuasaan legislatif serta yudikatif. Selain itu, dalam UUD 45 tidak disebutkan aturan yang membatasi masa jabatan presiden sehingga bisa jadi seseorang menjabat sebagai presiden hingga akhir hayatnya atau seumur hidup. Sehingga tidak heran bila presiden suharto pernah menjabat selama 32 tahun masa pemerintahan.
 

Video

Video sosialisasi amandemen UUD 45

Disini akan diperlihatkan Video sosialisasi amandemen UUD 45

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sistem pemerintahan indonesia sebelum amandemen. Sistem pemerintahan sebelum amandemen. Sistem pemerintahan indonesia sebelum amandemen uud 1945. Sistem pemerintahan indonesia sebelum dan sesudah amandemen. Perbedaan sistem pemerintahan sebelum dan sesudah amandemen uud 1945. Sistem pemerintahan amandemen dan sesudah amandenen. Sistem pemerintahan sebelum dan sesudah amandemen.

Sistem pemerintahan indonesia sebelum amandemen dan sesudah amandemen. Sistem pemerintahan indonesoa berdasarkan uud 1945 sebelum amandemen. Perbedaan pemerintahan sebelum dan sesudah amandemen. Http://carapedia.com/sistem_pemerintahan_sebelum_amandemen_uud_info2325.html. Struktur pemerintahan sebelum dan sesudah uud 45. Sistem pemerintahan negara republik indonesia sebelum amandemen. Sistem pemerintahan sebelum di amandemen terdapat pada.

Sebelum amandemen. Sistem pemerintahan sebelum dan sesudah amandemen uud 1945. Sistem pemerintahan indonesia berdasarkan uud 1945 sebelum amandemen. Pemerintahan indonesia sebelum amandemen. Sistem pemerintahan uud 1945 sebelum amandemen. Sistem pemerintah indonesia sebelum amandemen.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.