Previous
Next

Hukum & Politik

Sistem Pemerintahan Presidensiil AS

 

 
 
 
 
Amerika Serikat adalah sebuah yang termasuk disegani oleh negara-negara yang lain di muka bumi ini. Negara ini terbentuk dari 13 bekas koloni Inggris setelah Revolusi Amerika yang pada 4 Juli 1776 mengadakan deklarasi kemerdekaan. Untuk sistem pemerintahannya, Amerika Serikat sangat dipengaruhi oleh teori Trias Politica dari Montesquieu. Trias Politica atau yang juga terkenal dengan teori pemisahan kekuasaan ini menciptakan sistem pemisahaan kekuasaan legeslatif, kekuasaan eksekutif, dan kekuasaan yudikatif.
 
Sistem pemerintahan presidensiil AS yang selama ini dijalankan di negara tersebut adalah Presiden memegang masa jabatan selama 4 tahun dengan masa jabatan maksimal hanya 2 kali periode jabatan. Presiden dipilih secara langsung oleh rakyat AS yang tinggalnya tersebar di seluruh negara bagian AS. Dalam sistem ketatanegaraan AS, Presiden As tidak bisa menjatuhkan konggres sebagai pemegang kekuasaan legislatif. Dimana konggres dengan sistem bikameral yang anggotanya terdiri dari parlemen dan senat sebagai wakil dari negara-negara bagian. 
 
Bila Presiden tidak bisa menjatuhkan konggres, begitu juga sebaliknya, konggres juga tidak bisa menjatuhkan presiden walaupun secara konstitusi yang berlaku di AS konggres dapat memanggil presiden bila presiden dianggap melanggar konstitusi dan konggres bia melakukan impeachment. Hal ini yang pernah dilakukan konggres AS saat mencoba menyelesaikan kasus pelecehan yang dilakukan Bill Clinton dengan asistennya, Monica Lewinsky.
 
Dalam sistem pemerintahaan presidensiil As juga terdapat sistem checks and balances, yaitu sistem saling melakukan pengawasan. Adapun maksud dari sistem checks and balances ini adalah agar supaya ketiga sistem  kekuasaan di AS yang terdiri dari Presiden, Konggres, dan MA selalu dalam keadaan seimbang, terutama dalam keadaan tertentu yang bersifat kasuistik serta tidak terus menerus. 

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/sistem_pemerintahan_presidensiil_info2208.html. Di negara amerika serikat kekuasaan legislatif dijalankan oleh. Siapa pemegang kekuasaan eksekutif di amerika serikat. Maksud check and ballance dalam pemerintahan amerika. Sistem pemerintahan yang di jalankan oleh amerika serikat. Kekuasaan yang dijalankan dengan checks and balances. Pemegang kekuasaan eksekutif dan legislatif di amerika.

Arti check and balances di pemerintaha amerika serikat. Pemegang kekuasaan esekutif diamerika serikat. Checks and balances amerika sserikat. Check and balance legislatif amerika. Cek and balance di kongres amerika. Check balance as pemeri. Siapakah pemegang kekuasaan eksekutif dan legislatif di negara amerika.

Amerika serikat dengan check and balance. Sistem checks and balances ala amerika serikat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.