Previous
Next

Hukum & Politik

Sistem Ekonomi Komando

 

 

 

Sistem Ekonomi Komando atau bisa juga disebut sebagai sistem ekonomi terpusat adalah sebuah sistem ekonomi dimana peran utama dalam pengendalian ekonomi dipegang oleh pemerintah secara dominan. Ini berarti bahwa pemerintah lah yang menentukan jenis barang dan jasa apa yang akan diproduksi, menggunakan metode atau cara apa barang dan jasa tersebut akan dibuat sampai siapa yang akan mengkonsumsi barang dan saja tersebut. Sehingga dalam sistem ekonomi komando ini, pemerintah akan lebih mudah mngendalikan inflasi, masalah pengangguran, serta masalah ekonomi lainnya.

Dalam sistem ekonomi komando ini pemerintah menguasai semua alat dan sumber-sumber daya sehingga hak milik perorangan tidak diakui. Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian karena semua kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah. Sehingga bisa dibilang bahwa kelemahan dari sistem ekonomi komando ini adalah matinya inisiatif idividu untuk maju karena sering terjadinya monopoli yang merugikan masyarakat sehingga masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memilih serta mengolah sumber daya.

Dalam sistem ekonomi komando ini peran individu diatur sepenuhnya oleh pemerintah sehingga peranan perencanaan ekonomi oleh negara dalam mengatur perekonomian sangat lah penting. Peranan pasar sebagai alat alokasi sumber daya ekonomi digantikan oleh cara pengesahan atau rationing karena penguasaan aset ekonomi merupakan kepemilikan bersama dalam sistem ekonomi komando ini. Sehingga  pemerintah dapat dengan mudah mengawasi kegiatan perrkonomian yang ada serta memudahkan negara dapat bertanggung jawab secara penuh terhadap kegiatan perekonomian sehingga pemerataan pendapatan antar lapisan masyarakat dapat terjamin.

Sistem ekonomi komando cenderung diterapkan di negara-negara yang menganut ideologi komunis atau sosialis. Walaupun dalam kenyataannya tidak ada satu negara pun di dunia ini yang menganut dan melaksanakan sistem ekonomi komando secara murni. Contoh dari negara-negara yang menganut sistem ekonomi komando ini adalah Kuba, Uni Sofyet, negara-negara Eropa Timur sebelum era 1990-an dan China pada masa pemerintahan Mao Zedong.
 

Video

Video Negara yang Menganut Sistem Kumunis

Ini adalah salah satu video mengenai negara yang menganut sistem komunis. Silahkan disimak.

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Negara yang menganut sistem ekonomi komando. Contoh sistem ekonomi komando. Sistem ekonomi komando. Contoh sistem ekonomi terpusat. Contoh negara yang menganut sistem ekonomi komando. Http://carapedia.com/sistem_ekonomi_komando_info222.html. Negara yang menggunakan sistem ekonomi komando.

Pengertian sistem ekonomi komando. Negara yang menganut sistem ekonomi komando hingga kini. Pengertian ekonomi komando. Negara penganut sistem ekonomi komando. Contoh ekonomi komando. Negara dengan sistem ekonomi komand. Pertanyaan tentang sistem ekonomi komando.

Contoh negara yang menggunakan sistem ekonomi komando. Negara yang menerapkan sistem ekonomi komando. Negara yang menganut sistem ekonomi terpusat. Negara negara yang menganut sistem ekonomi komando. Ekonomi komando. Tentang sistem ekonomi komando.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.