Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kesehatan
  • » Selalu Merasa Kedinginan, Jangan Abaikan Hal Ini

Kesehatan

Selalu Merasa Kedinginan, Jangan Abaikan Hal Ini

 

Mungkin jika Anda berada di suatu tempat dingin atau di ruangan ber AC kemudian merasa kedinginan, bisa jadi hal yang wajar. Namun jika tanpa alasan dan tubuh Anda merasa kedinginan maka tubuh Anda sedang bermasalah.

Menurut pakar kesehatan yakni Dr. Many Alavarez yang dilansir dari Foxnews, tubuh yang terlalu sensitif dengan temperatur disebabkan oleh  adanya gangguan tiroid dan beberapa penyebab lainnya seperti berikut ini:

1. Melalaikan sarapan

Tubuh di pagi hari jika kekurangan bahan bakar untuk menghasilkan panas maka akan secara otomatis menghemat bahan bakar tersebut dan mengurangi pembakaran kalori. Hasilnya tubuh akan merasa lebih dingin dari temperatur  ruangan.

2. Gangguan hormon

Hal ini terjadi pada perempuan umumnya yang mengalami menstruasi dan mempengaruhi hormon. Naik turunnya kadar estrogen akan membuat tubuh seorang perempuan merasa kedinginan dalam temperatur yang berbeda. Hal ini tidak dialami oleh laki-laki karena tidak memiliki hormon estrogen.

3. Kurang tidur

Karena tubuh merasa lelah akibat kurang istirahat maka tubuh tidak memiliki cadangan energi yang cukup dan cenderung berkurang. Oleh sebab tubuh menghemat energi dan tidak banyak melakukan pembakaran maka tubuh menjadi sensitif pada suhu ruangan. Nah, jika Anda tidak ingin merasa kedinginan di kantor maka jangan lupakan kualitas tidur Anda di malam hari.

5. Terlalu kurus

Tubuh yang terlalu kurus tidak memiliki jumlah lemak yang memadai untuk berfungsi sebagai selimut tubuh secara alami ketika temperatur suhu dingin. Padahal ketika suhu dingin selain sebagai selimut, lemak juga menjadi insulator agar otot tidak menghasilkan panas.

6. Sindrom Raynaud

Orang yang mengidap sindrom ini akan merasakan mati rasa pada suhu terutama pada ujung hidung, jempol dan jari. Sindrom ini diakibatkan oleh stress yang membuat penyempitan pembuluh darah yang mempengaruhi kulit sebagai pusat sensor peraba. Jika terjadi penyempitan ini maka suhu tubuh yang notabene panas tidak terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh.

Video

Kondisi Sindrom Raynaud dan Cara Mengatasinya

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.