Previous
Next

Sekolah

Sekolah Baru, Bantu Anak Menghadapinya Dengan Tips Ini

 

Masa transisi sekolah si anak akan menjadi menyenangkan atau menyedihkan bagi si anak. Mereka harus beradaptasi dengan semua hal baru misalnya guru, teman, lingkungan dan mata pelajarannya. Kekhawatiran orang tua dan anak sama yakni bagaimana jika mereka tidak bisa melewati dan menghadapi sekolah baru tersebut dengan baik? Bagaimana jika tidak bisa bersosialisasi?

Orang tua perlu membimbing anak dengan sabar untuk menghadapinya disertai dukungan penuh. Nah, berikut ini beberapa tips Anda dalam membantu anak saat menghadapi lingkungan sekolah baru mereka.


1.    Menyertakan anak dalam tur sekolah

Tur berkeliling lingkungan sekolah akan membantu anak mengenal lingkungan sekolah mereka secara dekat. Sertakan anak dalam kegiatan tersebut agar anak bisa tahu bagaimana kondisi sekolah baru mereka, guru, teman,, fasilitas sekolah, kegiatan sekolah dan metode pembelajaran di sekolah tersebut.

2.    Jumpai guru pembimbing

Guru pembimbing selalu disediakan oleh pihak sekolah untuk menangani setiap siswa. Guru pembimbing ini akan mengamati perkembangan anak selama di sekolah, selain mengamati, ia juga membantu anak mendapai prestasi belajar, penasihat, pemecah masalah dan mediator antara orang tua dan guru.

3.    Bantu anak meredam kecemasan

Menghadapi dunia sekolah yang baru membuat anak sering merasa cemas tidak melewati fase adaptasi. Sebagai orang tua Anda bisa meredam kecemasan anak dengan memberikan gizi seimbang, makan teratur, menyuruh anak istirahat yang cukup, berolahraga dan ketika kecemasan menyerang ajak anak mengambil napas dalam-dalam dan membuangnya pelan.

4.    Mengingatkan pencapaian

Orang tua perlu memberikan motivasi pada anak agar mencapai prestasi belajar yang dinginkan selama berada di sekolah baru. Berikan saran yang baik dengan berdiskusi, bukan hanya menginterograsi. Transisi sangat penting  dan anak perlu menjalaninya dengan pikiran positif.

5.    Bantu anak bersosialisasi

Bersosialisasi akan membantu anak mencapai prestasi belajar mereka, bantulah mereka mencari teman dengan cara terbaik dan sportif. Misalnya dengan mengajak teman si anak bermain bersama di rumah, olahraga bersama atau jalan-jalan.

Video

Tips Memilih Sekolah

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara menghadapi sekolah baru. Menghadapi sekolah baru. Http://carapedia.com/sekolah_baru_bantu_anak_menghadapinya_tips_ini_info4405.html. Tips menjadi anak baru di sekolahan yang baik. Tips menghadapi teman dan sekolah baru. Kiat orang tua menghadapi anak ke sekolah baru. Bagaimana menghadapi orang baru di sekolah.

Tips membantu anak menghadapi teman baru. Tips menjadi anak baru di sekola. Cara menghadapi teman di sekolah baru. Tips menghadapi sekolah baru.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.