Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Sejarah Kerajaan - Kerajaan di Indonesia

 
 
 
 
 
 
Indonesia memiliki sejarah panjang atas keberadaan kerajaan - kerajaan di Indoensia pada masa lampau. Ada begitu banyak kerajaan yang tercatat pernah ada di Indonesia. Keberadaan kerajaan - kerajaan tersebut dikelompokkan menjadi keraajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam. Berikut ini adalah sejarah kerajaan - kerajaan di Indonesia:
 
1. KERAJAAN KUTAI
 
Kerajaan ini bertempat di Kutai - kalimantan Timur. Keberadaan kerajaan kutai ini bisa dilihat dari adanya 7 prasasti (batu bertulis). Parasasti tersebut dinamakan YUPA yang berbentuk tiang batu / Menhir. Pada batu tersebut tertulis bahasa Sansakerta dengan menggunakan huruf Pallawa yang berasal dari India. Para ahli sejarah memperkirakan prasasti tersebut telah ada sejak 400 Masehi. YUPA tersebut menyatakan bahwa cikal bakal kerajaan Kutai adalah KUNDUNGGA yang kemudian diteruskan lagi oleh ASWAWARMAN dan kemudian digantikan oleh MULAWARMAN. Pada saat diperintah oleh MULAWARMAN inilah kerajaan Kutai mengalami kejayaan yang terlihat dari kegiatan ekonominya dimana pada masa itu, MULAWARMAN melakukan upacara korban emas dalam jumlah yang besar. 
 
 
2. KERAJAAN TARUMANEGARA
 
Kerajaan ini bercorak Hindu dan terletak di Jawa Barat. Kerajaan ini berkembang sekitar 400 - 600 Masehi. Di lingkungan kraton, bahasa yang digunakan adalah Sansekerta dan menggunakan huruf Pallawa dalam kehidupan sehari - hari. Raja yang paling terkenal adalah PURNAWARMAN. Sejarah perkembangan dari kerajaan Tarumanegara ini bisa dilihat dari 7 prasasti yang ditemukan disana
 
 
3. KERAJAAN BALI
 
Kerajaan ini berpusat di SINGHAMANDAWA dan didirikan pada abad ke-8 Masehi. Raja perta yang memerintah kerajaan Bali bernama SRI UGRASENA. Kerajaan ini sebenarya terdiri dari kerajaan - kerajaan kecil yang tersebar di seluruh wilayah Bali dimana kerajaan - kerajaan kecil tersebut tidak hanya terdiri dari kerajaan Hindu namun juga terdiri dari kerajaan - kerajaan Buddha.
 
 
4. KERAJAAN MATARAM KUNO
 
Kerajaan ini berada di Jawa Tengah. Kerajaan Mataram kuno diperintah oleh 2 wangsa atau dinasti pada abad ke-8, yaitu dinasti WANGSA SANJAYA dan dinasti WAMGSA SAILENDRA dimana Wangsa Sanjaya bercorak HIndu dan Wangsa Sailendra bercorak Buddha. Wangsa Sanjaya berhasil mengembangkan kerajaan Mataram Kunp di Jawa Tengah bagian utara dan Wangsa Sailendra berpusat di Jawa Tengah bagian selatan. Kedua wangsa tersebut juga terkadang harus berperang untuk memperebutkan pengaruh.
 
 
5. KERAJAAN SRIWIJAYA
 
Munculnya kerajaan Sriwijaya ini merupakan dampak dari ramainya jalur selat Malaka sebagai jalur perdagangan. Keberadaan dari kerajaan Sriwijaya ini diketaui dari beberapa prasasti yang ditemukan. Diantaranya adalah prasasti Kedukan Bukit, prasasti Talang Tuwo, Prasasti Kota Kapur, dll. Kerajaan Sriwijaya ini mencapai jaman keemasan pada abad ke-8 dan ke-9 dimana saat itu kerajaan Sriwijaya diperintah oleh Eaja Balaputradewa yang mulai menjalankan pemerintahan pada 850 Masehi.

Video

Video sejarah kerajaan Majapahit

Dalam video ini akan diperlihatkan jejak sejarah kerajaan Majapahit

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sejarah kerajaan di indonesia. Makalah sejarah kerajaan islam di indonesia. Sejarah kerajaan kerajaan di indonesia. Pengertian kerajaan. Gambar kerajaan kutai. Sejarah kerajaan islam di indonesia artikel. Gambar kerajaan islam di indonesia.

Kerajaan yang ada di indonesia. Sejarah kerajaan yang ada di indonesia. Sejarah kerajaan hindu di bali. Kerajan di indonesia. Sejarah kerajaan islam di indonesia. Kerajaan kerajaan islam di indonesia beserta gambarnya. Gambar kerajaan.

Kerajan islam di indonesia. Kerajaan yang pernah ada di indonesia. Kerajaan kerajaan yang ada di indonesia. Kerajaan yang ada di nusantara. Sejarah yang ada di indonesia. Kerajaan kerajan islam di indonesia.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
19 Oct 2013 13:45
jal
kerajaan islam DI atjeh samudra pasain