Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Sejarah Candi Prambanan

 

 
 
 
 
Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi Hindu dengan candi Siwa sebagai pusatnya. Candi Siwa atau yang biasa juga disebut sebagai candi Lorojonggrang karena di dalam candi tersebut terdapat sebuah patung besar Dewi Siwa yang terletak di dalam sebuah kamar besar. Candi Prambanan merukana sebuah mahakarya kebudayaan Hindu abad ke-10. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Rakai Pikatan dan Rakai Belitung.
 
Candi Prambanan memiliki bentuk bangunan yang tinggi dan langsing setinggi 47 meter. Di sekeliling bangunan candi ini terdapat ratusan arca serta candi - candi kecil. Diantaranya adalah Candi Siwa, Candi Wishnu, Candi Brahma, Candi Nandi, Candi Angsa, Candi Garuda, Candi Apit, Candi Kelir, dan Candi Sudut. Konon Candi Prambanan ini berkaitan dengan legenda kisah cinta Bandung Bondowoso yang berkeinginan untuk memperistri Roro Jonggrang dimana Rorojonggrang memberikan syarat kepada Bandung Bondowoso untuk membuatkan 1000 arca dalam waktu semalam.
 
Sebenarnya Candi Prambanan ini dibangun oleh Raja Pikatan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Dewa Siwa. Candi Prambanan terdiri dari 3 halaman dimana terdapat candi induk di halaman pertama, yaitu candi Siwa yang menghadap ke timur. Pada dinding Candi Siwa terdapat relief cerita Ramayana. Sedangkan pada halaman kedua terdapat candi Perwara, yaitu 224 candi kecil yang tersusun menjadi 4 deret. Sedangkan pada halaman ketiga atau halaman terluar hingga saat ini belum ditemukan peninggalan - peninggalan candi. Halaman ini lah yang saat ini digunakan sebagai penggung terbuka Ramayana Ballet.
 
Sebagai kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, candi prambanan ini ini juga merupakan sebuha situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO mulai tahun 1991. Tiga candi utama atau yang biasa disebut sebagai Trisakti dibangun untuk dipersembahkan keada sang Hyang Trimurti: Batara Siwa (sang penghancur), Batara Wisnu (sang pemelihara) dan Batara Brahma (sang pencipta). Walaupun sebenarnya bila dilihat dari sejarahnya, bangunan Candi Prambanan ini sempat ditinggalkan dan mulai rusak sehingga pada tahun 1918 mulai dilakukan renovasi. Pada saat pelaksanaan renovasi terpaksa sebagian batu diganti dengan batu baru karena batu yang asli hilang dicuri orang. Bila kita perhatikan betul, pada dinding kaki candi Prambanan terdapat relief pohon kalpataru. Pohon kalpataru adalah pohon yang melambangkan kemakmuran dan keabadian.  

Video

Video profil candi Prambanan

Dalam video ini akan dijelaskan tentang profil dari candi Prambanan

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sejarah candi prambanan. Foto candi dan sejarahnya. Artikel candi prambanan. Gambar dan sejarah candi prambanan. Http://carapedia.com/sejarah_candi_prambanan_info2439.html. Sejarah candi prambanan dan gambar. Cerita dan foto candi prambanan.

Gambar candi prambanan. Candi prambanan mulai di bangunpada masa raja. Candi prambanan di bangun pada masa. Candi prambanan didirikan pada masa pemerintahan. Candi prambanan dibangun pada masa pemerintahan raja. Candi prambanan serta sejarahnya. Pengertian candi perwara.

Sejarah candi prambanan dan gambarnya. Keterangan candi prambanan. Gambar candi beserta sejarahnya. Download gambar candi prabanan dan penjelasanx. Candi prambanan dan sejarahnya. Sejarah candi prambanan menurut ilmu.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.