Previous
Next

Kesehatan

Cara Sehat untuk Gemuk

 

Memiliki badan yang terlampau kurus, kadangkala menjadikan masalah bagi wanita. Merasa kurang seksi, susah memilih pakaian yang pas, sampai perasaan minder karena badan yang kurus membuat kita merasa jauh lebih tua dan kering. Jika ingin menggemukkan badan, memang salah satu cara yang benar adalah dengan menambah porsi makan dan rajin minum susu, namun begitu porsi makan pun tetap harus diperhatikan. Sebaiknya tetap hindari terlalu banyak makan junk food dan terlalu tinggi lemak jenuh seperti goreng-gorengan, karena makanan-makanan ini malah akan menambah asupan kolesterol dalam darah yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Tentunya, tubuh gemuk namun sehat dan seimbang, itu yang kita inginkan bukan? Nah, lalu apa saja yang dapat membantu membuat tubuh kita gemuk namun tetap sehat? Berikut diantaranya;

 

·         Olahraga

 

Olahraga, bukan hanya membantu kita untuk menguruskan badan. Karena ternyata, selain makan dengan tambahan porsi, kunci untuk menggemukkan badan salah satunya ialah olahraga. Pada orang kurus, olahragajustru  dapat meningkatkan nafsu makan. Karena bila kita rutin berolahraga, tubuh menjadi lebih aktif, dan semakin banyak energi yang dikeluarkan maka akan semakin besar kebutuhan tubuh terhadap sumber energi, yaitu makanan. Nah, selain berusaha rutin olahraga, Anda juga perlu memilih yang tepat dan paling tidak, Anda menggemarinya, untuk menghindari kebosanan. And adapt memilih renang, jogging, atau aerobic, atau bila Anda merasa jenuh dengan olahraga konvensional, kelas dansa, sepeda santai pun bisa menjadi pilihan olahraga menyenangkan. Lakukan secara rutin, minimal seminggu tiga kali. Untuk membentuk tubuh agar dapat terolah dengan baik, Anda dapat mencoba berlatih di fitness center, minta bantuan trainer tentang cara mengolah tubuh yang baik, supaya makanan yang kita konsumsi dapat terolah menjadi otot. Olahraga, selain penting untuk membantu Anda meningkatkan nafsu makan, juga berguna untuk dapat mengatur metabolism tubuh lebih baik, makan banyak tanpa olahraga hanya akan menambah asupan lemak, dan yang kita ketahui bersama, bahwa lemak dapat menjadi sumber beberapa penyakit.

 

·         Konsumsi seimbang

 

Contoh konsumsi seimbang, sebagai berikut;

 

Makan teratur, 3 kali sehari minimal 2000 kalori (3 piring nasi).

Komposisi makanan harus seimbang, KH > protein > lemak.

 

Pagi (Sarapan) :

 

Makan pagi (misal nasi goreng, nasi uduk,  bubur ayam)

tambahkan protein daging,ayam,telor,ikan

Minum 1 gelas susu

 

Jam 10.00


Makan roti/ biskuit

Minum 1 gelas susu

 

Siang


Makan siang  lengkap

Karbohidrat, Protein, Sayur-sayuran, Buah

Minum air mineral atau jus

 

Jam 16.00


Snack/pudding/Buah/Sup

 Minum 1 gelas susu/setup buah

 

Makan Malam


(sebaiknya 1 jam sebelum tidur)

Menu lengkap

Karbohidrat, Protein, Sayur-sayuran, Buah

Minum air mineral atau jus

 

10 menit sebelum tidur

 

Minum 1 gelas susu

 

Saat ini sudah banyak dipasaran suplemen susu untuk menambah berat badan, yang mengandung protein tinggi. Memang bukan lemak melainkan protein, karena gemuk yang baik adalah yang memiliki massa otot yang ideal, sehingga badan kencang dan sehat. Dan protein adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam membentuk otot. Jadi, konsumsi suplemen susu penambah berat badanyang dianjurkan, adalah yang mengandung protein tinggi.

 

 

·         Istirahat cukup

 

Selain olahraga dan makan banyak, jangan sepelekan fungsi istirahat bagi tubuh Anda. Karena, jika tubuh diberi kesempatan untuk mencerna, yaitu dengan istirahat yang cukup (tidak kurang dan tidak berlebihan) maka tubuh dapat mencerna makanan dengan baik dan metabolism tubuh tidak terhambat.

Disamping itu, pikiran yang rileks, karena cukup istirahat member pengaruh baik dan memudahkan hormon tubuh dalam menstimulasi atau mensupresi enzim pencernaan. Jika Anda bekerja seharian dikantor, sempatkan 10-15 menit mengistirahatkan badan Anda. Istirahat (waktu tidur) yang baik bagi orang dewasa yaitu antara 6-8jam saat malam dan 1-2 jam siang hari.

Selain itu, mulailah kurangi rokok, juga produk-produk penghambat terserapnya sumber makanan.

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Susu penambah berat badan. Cara menggemukkan badan. Tips gemuk sehat. Cara menggemukan badan. Cara menggemukan badan wanita. Susu penambah berat badan dewasa. Dress untuk badan besar.

Cara sehat untuk gemuk. Baju muslim untuk wanita gemuk. Susu gemuk. Kebaya untuk orang kurus. Foto gemuk. Olahraga yang bikin gemuk. Baju yang sesuai untuk orang gemuk.

Cara berpakaian untuk wanita kurus. Cara gemuk. Model kebaya untuk orang kurus. Olahraga untuk orang kurus. Resep gemuk. Cara berpakaian orang kurus.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.