Previous
Next

Tutorial / Panduan

Rajin Nyimak, Hidup Enak!

 

Ya, ini tentang sebuah aktifitas remeh temeh yang dinamakan menyimak..!

diambil dari kata dasar simak.

Nah, mari kita simak apa arti dari kata simak ini ya…

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simak adalah…

simak

si.mak
[v] me.nyi.mak v (1) mendengarkan (memperhatikan) baik-baik apa yg diucapkan atau dibaca orang: ia sedang — pembacaan Alquran dr radio; (2) meninjau (memeriksa, mempelajari) dng teliti: — kembali laporan gubernur itu

Jadi, apa itu menyimak? Tentu sahabat sudah tau kan? apaaaa…???

Ya, betul sekali, menyimak singkatnya adalah mendengarkan/memperhatikan baik-baik apa yang sedang disampaikan oleh orang atau sumber informasi di sekitar kita.

Trus, kalau sudah tau, kenapa ditulis segala?

Eng..ing..eng…

Jangan salah dulu, saya menuliskan tentang kegiatan menyimak ini, adalah untuk mengingatkan Anda sekalian, bahwa kegiatan yang satu ini benar-benar bermanfaat dan sangat membantu Anda mencapai keberhasilan di berbagai bidang yang Anda geluti,

tidak percaya???

Jangan dulu pindah channel, silahkan terus disimak tulisan saya berikut…

 

menyimak informasi dari bisikan di telinga

Dengan rajin menyimak, maka Anda akan..

  1. Lebih mudah mengingat

Di dalam kelas, entah Anda sedang mengikuti kuliah, pelatihan atau training pekerjaan, keterampilan meyimak ini sangat dibutuhkan. Karena dengan memperhatikan penuh materi yang disampaikan sang Tutor, Dosen atau Trainer, maka Anda akan dengan lebih mudah mengingat materi tersebut, dan menyerapnya kedalam otak, sehingga saat Anda mempraktekkan materi kuliah atau training dalam pekerjaan yang Anda tangani, maka Anda tidak akan menemukan kesulitan karena sudah hafal dan faham betul materi (teori) nya.

  1. Lebih lancar berkomunikasi

Saat Anda dihadapkan dengan dunia global seperti sekarang ini, keterampilan menyimak (hampir) wajib dimiliki, mengapa? Karena di dunia yang serba cepat dan terbuka ini, kita dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik, sehingga akan terbuka link atau jaringan yang luas guna memudahkan pekerjaan, usaha bahkan hidup kita. Dengan pandai menyimak segala hal, maka kita tidak akan sulit diajak berkomunikasi oleh berbagai kalangan, bahasa sederhananya, kita akan mudah ‘nyambung’ jika diajak bicara, sehingga lawan bicarapun senang berkomunikasi dan membuka jaringan dengan kita.

  1. Lebih berkonsentrasi

Konsentrasi penuh, akan memudahkan Anda dalam mencapai suatu target. Benarkah? Tentu saja benar, saya Ambilkan contoh saat Anda ingin membidik sasaran dengan anak panah, tentu konsentrasi Anda tumpahkan penuh pada papan sasaran bukan, dengan memahami benar berapa jauh letak papan, berapa derajat sudut bidikan, seberapa cepat lesatan anak panah, maka Anda akan mudah mencapai sasaran dengan tepat. Bagaimana memperoleh konsentrasi sehebat itu? dengan terampil menyimak. Menyimak baik-baik informasi tentang bagaimana membidik sasaran dengan anak panah, Menyimak betul-betul seluruh informasi berkaitan dengan hal tersebut, otomatis konsentrasi Anda pun akan mudah tertuju pada satu hal, ya! membidikkan anak panah tepat pada sasaran.

  1. Lebih mudah filterisasi

Apa yang kita lihat, kita dengar dan kita baca, tentu sangat memberatkan otak dan fikiran kita jika kita telan mentah-mentah tanpa menyaring (mem - filter) nya. Nah, bagaimana agar sumber-sumber bacaan, bahan2 kajian dan ilmu-ilmu lisan yang kita dapatkan itu dapat tersaring dengan baik? Yah, gunakan keterampilan Anda dalam menyimak, simak baik-baik apa yang disampaikan, sehingga dengan otomatis, Anda akan dapat menyaring apa-apa saja info yang perlu Anda buang atau penting untuk ditempatkan di kotak simpan otak Anda, dan tahu kapan harus menggunakannya.

Video

Homeschool Pelangi (Bahasa Indonesia, Menyimak Cerita)

menyimak cerita dari seorang story telling

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Lawan kata enak. Pengertian rajin. Definisi rajin. Pengertian menyimak menurut kamus besar bahasa indonesia. Definisi kehidupan menurut kbbi. Arti kata nyimak. Mendengarkan baik baik apa yang diucapkan atau dibaca orang.

Contoh menyimak teliti. Rajin artinya. Hidup enak. Arti rajin. Nyimak. Arti kata lirih. Apa itu lirih.

Arti kata rajin menurut para ahli. Pengertian rajin menurut para ahli. Arti geluti. Kata dasar menyimak. Definisi rajin dalam bahasa indonesia. Arti kata tutor.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.