Previous
Next

Pertanian

Cara Membuat Pupuk Alami dari Kulit Pisang

Tidak hanya manusia, ternyata tanaman juga bisa mendapatkan nutrisi dari kandungan kulit pisang. Seperti pada daging buahnya, kulit pisang mengandung fosfor dan kalium sebagai sumber organik yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Jadi, Anda bisa memanfaatkan kulit pisang ini sebagai pupuk alami tanaman Anda. Tanaman yang bisa diberi pupuk dari kulit pisang ini seperti mawar, strawberi, kentang, tomat dan pisang. Pupuk ini berguna untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan buah.

Bagaimana cara membuat pupuk dari kulit pisang? Berikut ini langkah-langkahnya:

Pupuk

Tidak perlu menggunakan pisang yang masih bagus, bisa dengan pisang yang hampir busuk ambil bagian kulitnya. Untuk pupuk biasa Anda tinggal meletakkan kulit pisang disekitar tanaman Anda, kulit pisang akan diuraikan oleh mikroorganisme tanah dan menyebabkan kesuburan tanah.3. Kulit pisang juga bisa dicampur dengan pupuk lain, dengan cara memotong-motong atau dicincang, berikan pada tanah tanaman Anda. Untuk mempercepat penguraian kulit pisang, sebaiknya dikubur di dalam tanah. Akar akan cepat menyerap nutrisi kulit pisang jika dikubur di dalam tanah.

Humus

Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai humus tanaman, karena teksturnya yang tebal dan lembab.  Fungsinya adalah untuk menyimpan air di dalam tanah sebagai persediaan humus. Caranya kulit pisang dimasukkan ke dalam kantong plastik yang dilubangi kecil-kecil. Jika ingin lebih ramah lingkungan bisa menggantu plastik dengan karung goni. Karena tekturnya berlubang-lubang maka tidak perlu lagi membuat lubang. Pemakaian karung goni juga bisa dilakukan berulang kali sehingga tidak menimbulkan sampah.

Kompos

Jika dimanfaatkan sebagai kompos dengan menaruh semua sampah kulit pisang ke dalam pot atau sebuah kantung plastik. Tanam kompos tersebut ke dalam tanah dan tutup kembali dengan tanah. Setelah 2-3 minggu, kompos dari kulit pisang akan mulai terbentuk  dari penguraian oleh mikroorganisme. Kompos kulit pisang sangat baik bagi tanaman sebab mengandung banyak nutrisi selain fosfor dan kalium ada juga kalsium, nitrogen dan beberapa mikronutrisi lain.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat nutrisi hidroponik alami. Nutrisi hidroponik alami. Pupuk hidroponik alami. Http://carapedia.com/pupuk_alami_kulit_pisang_info4361.html. Pupuk kulit pisang. Membuat nutrisi hidroponik organik. Cara membuat pupuk buah alami.

Manfaat kulit pisang untuk tanaman. Cara membuat pupuk alami pohon pete. Cara membuat pupuk hidroponik alami. Cara membuat pupuk dari kulit buah. Membuat pupuk nutrisi buah. Cara makan pisang dalam pot. Membuat nutrisi hidroponik.

Cara membuat pupuk kompos dari kulit buah. Kompos kulit pisang. Pembuatan pupuk buah alami. Kompos hidroponik. Cara membuat pupuk kompos untuk tanaman pisang. Apakah kulit pisang bagus untuk pupuk.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.