Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Proses Pembuatan Kembang Tahu

Umum

Proses Pembuatan Kembang Tahu

 

 

Kembang tahu atau dikenal dengan nama yuba dibuat dari susu kedelai yang dipanaskan pada suhu 80 - 90 decel sehingga membentuk suatu lapisan tipis (film) secara berlahan-lahan pada permukaan susu kedelai.

Kembang tahu bisa dibuat dengan menggunakan cara tradisional dan cara modern. Di Indonesia, umumnya pembuatan kembang tahu masih dilakukan dengan cara tradisional. HongKong dan taiwan adalah 2 negara yang memproduksi kembang tahu secara besar-besaran dengan pabrik yang menggunakan mesin-mesin modern.


Berikut ini adalah proses pembuatan kembang tahu secara tradisional:

# 1. Rendam kacang kedelai selama semalamn.
Kacang kedelai harus menyerap air sebanyak 100% dari berat kedelai itu sendiri sehingga akan menghasilkan rendemen susu kedelai yang maksimum dan mudah menghilangkan kulit serta senyawa penyebab bau langu

# 2. Penggilingan dan penambahan air
Penggilingan kacang kedelai sebaiknya dilakukan dengan menggunakan air mendidih agar menghasilkan susu kedelai yang bebas bau langu dan menghasilkan rendemen susu kedelai yang tinggi. Perbandingan air dan kedelai mencapai 8:1

# 3. Penyaringan
Penyaringan ini bertujuan untuk mendapatkan susu kedelai. Tempatkan susu kedelai kedalam wadah yang permukaannya luas dan dangkal

# 4. Pemanasan
Panaskan susu kedelai pada suhu 80 - 90 decel samapi terbentuk lapisan tipis di permukaannya.

# 5. Pengangkatan
Angkat lapisan tipis tersebut dengan hati-hati kemudian tiriskan sebentar lalu keringkan

# 6. Ulangi langkah pada nomer # 4 dan # 5 sampai sekitar 8x hingga tidak terbentuk lapisan tipis pada permukaan susu kedelai.


Keterangan:
Syarat susu kedelai yang baik untuk pembuatan kembang tahu ialah kandungan total padatan terlarut 5,2 - 5,6%, protein 2,4 - 2,8%, dan pH 7,0 - 8,0. Karena pH susu kedelai secara normal adalah 6,5 - 6,7 maka saat membuat susu kedelai pH nya harus dinaikkan terlebih dahulu sebelum dibuat kembang tahu. Peningkatan pH dapat dilakukan dengan penambahan larutan NaOH setetes demi setetes.
 

Video

Video cara membuat kembang tahu

Dalam video ini akan diperlihatkan cara membuat kembang tahu

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat kembang tahu. Cara buat kembang tahu. Cara bikin kembang tahu. Cara membuat es kembang tahu. Resep membuat kembang tahu. Http://carapedia.com/proses_peman_kembang_tahu_info721.html. Membuat kembang tahu.

Resep kembang tahu. Cara pembuatan kembang tahu. Bahan kembang tahu. Es kembang tahu. Resep kembang tahu kedelai. Proses pembuatan kembang tahu. Resep es kembang tahu.

Kembang tahu. Cara membuat kembang tahu sendiri. Cara membuat kulit tahu. Membuat kembang tahu sendiri. Bahan membuat kembang tahu. Pembuatan kembang tahu.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
16 Jun 2014 18:10
Hermanto
NaoH basa kali bos yuda. Basa itu pH diatas 7. Deso
17 Nov 2013 07:52
yuda
Larutan NaOH bukan untuk makanan, natrium hydroxida adalah bahan beracun yang biasanya digunakan dalam industri seperti deterjen, dan karena sifatnya yang basa, gak mungkin bisa menaikkan PH, karena PH untuk larutan basa adalah dibawah 7.0 dan kalau ingin menaikkan harusnya ditambahkan larutan yang bersifat asam. Ambil resepnya dimana nih? Mau bikin kembang tahu apa kembang api nih?