Previous
Next

Tutorial / Panduan

5 Cara Agar Presentasi di Kantor Berjalan Sukses

jika selama ini anda termasuk tipe orang yang mudah grogi dan takut untuk berbicara di depan banyak orang, tentu saja melakuka presentasi baik di kantor ataupun di depan kelas merupakan masalah yang menyebalkan bagi anda. Apalagi bila presentasi anda akan disaksikan oleh banyak orang sehingga membuat anda semakin nervous dan lupa untuk menyampaikan apa yang akan anda presentasikan.

 Nah, kalau ini terjadi terus menerus tentu saja anda akan merasa dirugikan dan kehilangan berbagai kesempatan yang mungkin anda dapatkan jika dapat memberikan presentasi yang memuaskan. Sangat disayangkan bukan? Oleh sebab itu, anda harus mempersiapkan beberapa hal yang membuat kepercayaan diri anda meningkat saat menampilkan presentas. Apa saja, yuk baca di bawah ini;

  1. Selesaikan perkerjaan anda secepatnya

Kalau bersamaan dengan jadwal presentasi yang akan anda lakukan masih ada pekerjaan lain yang menumpuk, sebaiknya anda segera menyelesaikan jauh-jauh hari sebelum hari presentasi anda. Hal ini penting memuntuk menghindari aktivitas yang mambuat anda menjadi kewalahan. Selain itu, dengan menyelesaikan hal-hal lainnya anda akan lebih focus dalam mempersiapkan materi untuk presentasi anda.

  1. Jadilah orang yang terorganisir

Dapat mengatur waktu dengan baik adalah kunci sukses untuk menyiapkan materi presentasi secara sempurna. Misalnya anda dapat mempergunakan waktu sekitar satu hingga lima jam untuk mempersiapkan materi presentasi. Mulai dari pembuatan powerpoint hingga cue card. Jangan lupa juga untuk menyimpad data-data yang benar baik itu di dalam cd, desktop, laptop maupun flashdisk. Bila perlu buatlah juga hard copy untuk pegangan anda selagi mempresentasikan.

  1. Gunakan ilustrasi dan grafik

Dengan menggunakan ilustrasi, gambar, grafik dan statistic lainnya presentasi yang anda bawakan akan semakin jelas dan dapat dimengerti oleh orang-orang yang hadir. Kadang, anda melihat banyak orang yang membuat power point presentasinya dengan polos tanpa gambar dan ilustrasi. Sebenarnya, hal ini akan menimbulkan rasa jenuh bagi pendengarnya. Jadi, tidak ada salahnya bila anda menggunakan ide kreatif anda untuk membuat power point secara atraktif.

  1. Jadilah orang yang informatif

Banyak orang yang selalu bekerja keras mengumpulkan informasi berharga untuk membuat power point presentasi. Mereka percaya bahwa pendengar ingin mendengar semua informasi tersebut. Namun, sebaiknya anda memilih informasi yang benar-benar penting sehingga nantinya presentasi anda akan sarat dengan informasi.

  1. Pastikan informasi tersampaikan dengan baik

Saat melakukan presentasi, pastikan setiap slide anda menjelaskan dengan benar, jangan sampai anda informasi yang terlewatkan. Selain itu, sebaiknya anda juga melakukan presentasi yang dapat menarik perhatian audiens.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Kiat sukses presentasi. Presentasi pekerjaan kantor. Contoh materi presentasi tentang keuangan. Gambar orang presentasi. Cara mempresentasikan power point di depan kelas. Cara presentasi laporan keuangan. Tips sukses presentasi.

Materi presentasi laporan keuangan. Tips agar presentasi sukses. Cara presentasi tentang kantor. Cara mempresentasikan laporan didepan kelas. Sukses persentase. Tips presentasi sukses. Presentase kantor.

5 cara agar presentasi berjalan sukses. Cara mempresentasikan laporan yang baik. Contoh presentasi laporan keuangan. Cara mempresentasikan pekerjaan. Contoh membuat laporan presentasi keuangan. Cara mempersentasikan laporan keuangan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.