Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Piso Gaja Dompak, Senjata Khas Sumatera Utara

Daerah

Piso Gaja Dompak, Senjata Khas Sumatera Utara

Piso, artinya pisau. Runcing dan tajam, mengarit dan memotong. Ada juga yang mengartikan berbeda, piso dapat juga disebutkan untuk wajah yang agak runcing, mata yang tajam.

Runcing adalah benda yang dengan mudah untuk melakukan tusukan. Dalam bahasa Batak disebut rantos. Rantos adalah ketajamannya. Dalam masyarakat Rantos adalah ketajaman berpikir, kecerdasan intelektual hingga kejeniusan seseorang diartikan sebagai ketajaman melihat sesuatu permasalahan, peluang dan kecerdasan mengambi kesimpulan dan tindakan.


Pemimpin Batak diharapkan memiliki kecerdasan intelektual untuk handal melakukan tindakan bermanfaat untuk semua kalangan. Dalam berstruktur, kecerdasan berpikir individu dapat dihimpun dengan kesepakatan akhir. Kesepakatan yang menjadi keputusan itu disebut tampakna. Marnatampak artinya duduk bersama, bermusyawarah. Hasil keputusan bersama adalah hasil ketajaman pikiran, kecerdasan dan itelektual orang Batak. Hasil keputusan ini diandalkan mampu melakukan penetrasi saat operasional. Inilah yang disebut “tampakna do rantosna, rim ni tahi do gogona”. Hasil kesepakatan adalah keputusan intelektual yang handal dan dengan bersama-sama menjadi kekuatan operasionalnya.


Gaja Dompak adalah sebutan untuk bentuk ukiran yang berpenampang gajah. Pisao Gaja Dompak adalah pisau yang mempunyai ukiran pada tangkai. Ukiran tersebut Gaja Dompak.





Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Sumatera Utara

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Piso gaja dompak. Senjata tradisional sumatera utara. Senjata sumatera utara. Senjata suku batak. Senjata khas sumatera utara. Senjata batak. Senjata khas batak.

Piso gajah dompak. Senjata khas suku batak. Senjata tradisional suku batak. Senjata tradisional suku nias. Senjata adat sumatera utara. Gambar piso gaja dompak. Senjata tradisional batak.

Gambar senjata tradisional sumatera utara. Piso gaja dompak sumatera utara. Senjata suku nias. Senjata tradisional sumut. Gajah dompak. Senjata piso gaja dompak.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.