Previous
Next

Dunia Kerja

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja

 

 
 
 
 
 
Wawancara kerja merupakan salah satu tahap dalam proset rekruitmen / penerimaan karyawan. Walaupun terkesan simple dan mudah, namun tidak jarang banyak terdapat pelamar yang gagal dalam proses wawancara kerja ini. Pertanyaan yang biasa diajukan pada saat wawancara kerja memang sangat beragam, bahkan beberapa diantaranya merupakan pertanyaan 'jebakan' yang bertujuan untuk mengorek lebih jauh tentang siapa diri pelamar sebenarnya. Oleh karena itu, penting bagi para pencari kerja untuk mengetahui contoh pertanyaan wawancara kerja untuk meminimalisir kesalahan jawab pada saat wawancara kerja.
 
Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja:
 
1. Ungkapkan siapa diri anda dalam 3 kata
---> jangan pernah berbohong untuk menjawab pertanyaan ini. Karena jawaban dari akan digunakan sebagai dasar untuk mencounter jawaban kita pada pertanyaan yang lain
 
2. Mengapa melamar di perusahaan ini? atau apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini?
---> ada baiknya kita mempelajari serta mengetahui sedikit info mengenai perusahaan yang kita lamar. Namun, jangan sekali - kali sok tahu kalau memang kita tidak tahu apapun tentang perusahaan yang kita lamar. 
 
3. Mengapa keluar dari tempat kerja sebelumnya?
---> walaupun di tempat kerja sebelumnya kita bermasalah dengan bos yang galak atau teman kerja yang suka 'menyikut', namun jangan sekali kali kita mengungkapkan hal tersebut pada saat wawancara kerja
 
4. Berapa gaji yanga anda inginkan?
---> beberapa perusahaan memberikan pertanyaan ini sebagai pertanyaan retorika (pertanyaan yang tidak perlu dijawab karena mereka sudah punya standar gaji), namun jangan pernah kita menjawab dengan: terserah perusahaan mau menggaji saya berapa. Karena selain terlihat sangat desperate juga membuat kita menjadi tidak memiliki bargaining power di depan pewawancara. Oleh karena itu, sebaiknya kita memiliki hitungan sendiri tentang berapa gaji yang kita inginkan berdasarkan: jumlah kebutuhan bulanan termasuk jumlah tabungan dan juga berapa kemampuan kita akan dihargai.
 
5. Apa yang akan anda lakukan bila anda diterima kerja disini?
---> jawaban atas pertanyaan ini akan sangat tergantung dengan posisi yang kita lamar.
 
6. Apa yang anda lakukan di waktu luang?
---> rahasia dari jawaban pertanyaan ini adalah: jangan pernah mengatakan melakukan aktivitas internet di depan komputer/laptop/handphone
 
7. Apakah anda bersedia bekerja lembur?
---> ini merupakan pertanyaan yang menjebak sebenarnya. Karena pasti tidak ada karyawan yang senang bekerja lembur. begitu juga dengan perusahaan, tidak ada perusahaan juga yang dengan rela membiarkan karyawannya bekerja lembur terus menerus karena lembur merupakan salah satu indikasi adanya ketidak efisienan kerja para karyawan. Oleh karena itu, kita harus bisa menjawab secara diplomatis seperti ini: "kalau memang pekerjaan belum selesai saat jam pulang padahal saya sudah berusaha maksimal, maka saya tidak keberatan untuk bekerja lembur. Namun saya lebih senang bila pekerjaan saya bisa selesai tepat waktu"

Video

Video tips wawancara kerja yang baik

Dalam video ini akan diperlihatkan beberapa tips wawancara kerja yang baik

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/pertanyaan_wawan_kerja_info2860.html. Kisi kisi interview. Kisi kisi wawancara kerja. Cara interview karyawan baru. Kisi kisi interview kerja. Kisi kisi wawancara. Cara mewawancarai karyawan baru.

Pengertian interview kerja. Interview penerimaan karyawan baru. Tanya jawab interview kerja. Pertanyaan wawancara penerimaan pegawai. Cara menginterview pelamar kerja. Pertanyaan interview pencarian desainer. Pertanyaan interview karyawan baru.

Bahan wawancara pegawai baru. Pertanyaan wawancara dengan kepala cabang. Cara interview pelamar. Contoh interview karyawan. Teks wawancara tanya jawab enterview. Metode interview pelamar.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.