Previous
Next

Kesehatan

Perawatan Mudah Muka Kembali Cerah

 

Memiliki masalah dengan kulit muka/ wajah, memang sangat menjengkelkan. Apalagi bila masalah itu membandel dan sulit dihilangkan, penampilan diri bisa terganggu dan akhirnya membuat kita kurang percaya diri. Masalah yang lazim terjadi pada muka dan sangat dihindari diantaranya jerawat, penuaan dini, muka kusam, komedo, wajah berminyak, kulit wajah kurang terang sampai pada kulit wajah yang keriput. Daripada pusing dengan masalah-masalah tersebut, lebih baik mulai menghindarinya atau berusaha mencegahnya, bagaimana caranya? Salah satunya dengan rutin melakukan perawatan wajah. Baik di pusat kecantikan atau salon, juga bisa dilakukan sendiri dirumah.

 

Sebelum melakukan perawatan sendiri dirumah, setidaknya, Anda lebih dulu menyiapkan beberapa produk perawatan diantaranya;

- Pelembab dengan SPF untuk siang hari
- Pelembab tanpa SPF untuk malam hari
- Krim mata
- Serum
- Pembersih riasan (make-up remover)
- Cleanser

Berikut langkah perawatan muka sehari-hari berdasar waktu perawatannya;

Pagi

Perawatan kulit muka dipagi hari, memanglah baik untuk kesehatan dan keindahan kulit kita, namun yang perlu diingat kesegaran badan Anda terlebih dahulu. Karena badan yang fit dan segar, niscaya menghadirkan kulit yang sehat berseri. Untuk itu, jika ingin kulit wajah Anda tampak indah dan sehat, mulailah bangun rutin pagi lebih awal dan sediakan waktu lebih kurang 30 menit untuk berolahraga dan melakukan perawatan muka.

Tujukan perhatian pertama pada daerah mata, biasanya sehabis bangun tidur mata akan terlihat sembap dan kantong mata membengkak. Lakukan perawatan dengan;

  • Membersihkan mata dengan susu pembersih
  •  Ambil dua lembar kapas, basahi dengan air dingin dan letakkan di mata selama 5-10 menit.

(Atau dapat juga Anda ganti dengan kantong teh yang dicelupkan ke air dingin, atau irisan ketimun dan tomat)

Setelah dibersihkan, oleskan krim mata yang telah didinginkan semalam sebelumnya, pijat-pijat ringan daerah sekitar mata dengan gerakan memutar. Jika mata Anda merah, teteskan dua-tiga obat tetes mata, agar mata kembali segar.

 

Kemudian fokuskan perhatian pada kulit. Yang perlu diketahui, pagi hari, biasanya kulit sedikit sensitif, terutama jika Anda begadang malam harinya. Karena itu, untuk membersihkan muka, pilih susu pembersih atau sabun muka berformula lembut yang mengandung chamomile dan anti iritasi. Jangan memakai  scrub, toner juga astringent. Maka, langkah membersihkan wajah dipagi hari, dapat sebagai berikut;

  1. Bersihkan wajah dengan sabun atau susu pembersih, pijat-pijat dengan arah melingkar keatas, bersihkan terlebih dahulu area T (daerah sekitar hidung). Pilih produk pembersih wajah dengan formula yang lembut, beraroma segar/aromatherapy dan anti iritasi.

 

  1. Gunakan serum, diamkan selama lima menit, lalu oleskan moisturizer (pelembab) secara merata.

 

 

  1. Kemudian,Anda dapat  menggunakan sunblock (tabir surya),diamkan selama dua sampai tiga menit. Rias wajah seperlunya.

 

Selain perawatan kulit muka dari luar, faktor di dalam tubuh juga tak kalah penting. Biasakan minum banyak air putih, sedikitnya dua gelas saat pagi hari dan hindari makanan yang berlemak dan berminyak dalam jumlah yang berlebihan. Bagi Anda yang terbiasa sarapan nasi uduk, nasi goreng, bubur ayam atau mie goreng, sebaiknya mulailah mengganti menu sarapan dengan roti gandum, telur rebus dan buah-buahan segar. Atau setidaknya, mengkonsumsinya sekali seminggu saja. Menu sarapan sehat, selain bermanfaat bagi tubuh, juga akan menambah semangat, menyegarkan tampilan wajah Anda.

 

Siang

Aktifitas disiang hari adalah lanjutan kesibukan kita dipagi hari. Jika pagi hari kita sudah membersihkan muka dengan baik, dan lengkap, maka siang hari cukup bersihkan wajah dengan percikan air, namun tidak ada salahnya menggunakan sedikit cleanser karena akan membuat kulit menjadi lebih fleksibel dan membuka pori-pori sehingga pelembab bisa terserap.

Setelah itu, oleskan pelembab dengan SPF atau tabir surya (sunscreen) jika wajah Anda akan terkena sinar matahari dalam waktu yang lama, mengingat aktifitas disiang hari yang sibuk dan banyak berhubungan dengan aktifitas luar.  Perlu diingat dalam penggunaan tabir surya, sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin menambahkan riasan wajah, maka gunakan sedikit saja tabir surya. karenak beberapa tabir surya tidak cocok dengan riasan dan akan sulit untuk memoleskan riasan wajah, setelah penggunaan tabir surya.

Jika perlu utnuk menambahkan krim mata, oleskan dibagian bawah mata saja. Karena penggunaan yang full pada kelopak mata, akan mengganggu riasan.  Dan satu lagi, tetap gunakan serum wajah yang memang diformulasi khusus untuk penggunaan di siang hari. Perbanyak minum air putih terutama saat Anda sibuk beraktifitas.

 

Malam

Malam adalah saat beristirahat. Jadi, sebisa mungkin kita harus mengistirahatkan badan dan fikiran kita dari berbagai aktifitas berat. Namun, meskipun begitu, malam hari bukan berarti kuman berhenti beroperasi. Justru malam hari inilah kesempatan bagi mereka untuk hinggap pada kulit manusia lebih besar. Oleh karena itu, jangan karena capek dan merasa beok pagi juga bisa, membuat Anda malas untuk membersihkan diri, terutama membersihkan kulit muka.

Agar kulit muka tetap sehat, segar berseri, jangan lupa untu tetap bersihkan wajah Anda di malam hari, dengan tahapan sederhana seperti berikut;

1.       Bersihkan muka dengan sabun muka agar kotoran dapat benar-benar hilang.  lanjutkan dengan toner wajah, fungsi toner ini untuk menghilangkan sisa-sisa sabun.

2.       Gunakan serum (Anda dapat memilih krim sesuai kebutuhan, misalnya krim jerawat, anti kerut, anti kusam, dll), diamkan selama 10 menit.

3.       Oleskan krim mata di sekitar mata, jangan terlalu dekat dengan bulu mata, karena saat tidur krim mata dapat menyerap masuk ke dalam mata.

4.       Gunakan pelembab wajah. Pilih pelembab yang memang diformulasikan sebagai krim malam (tanpa SPF), fungsi krim ini adalah agar wajah lebih bersih, sehat dan terhidrasi (lembab).

 

Jika Anda bermasalah dengan kerut wajah. Tambahkan krim dengan kandungan vitamin A atau retinal untuk menyamarkan kerutan. Kedua zat ini membantu mempercepat regerenasi dan peremajaan kulit. Untuk kulit bagian bawah mata yang terasa sangat kering dan berwarna kehitaman, gunakan krim khusus mata yang rnmengandung unsur retinal , panthenol, beeswax dan soybean oil. Untuk mencegahnya,kerutan di sekitar kelopak mata, pilihlah krim khusus mata yang mengandung vitamin C untuk merangsang pertumbuhan kolagen yang sangat berguna untuk menghindari  kerutan dan penuaan dini. Selain itu, perbanyak mengkonsumsi air putih/ tambah susu kedelai dan istirahatlah yang cukup.

 

Video

Video Tips Perawatan Muka Rutin

Dalam video berikut, ditampilkan tips merawat muka secara rutin pagi, siang dan malam hari yang mudah untuk diikuti.

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Ovale cream anti kusam. Ovale facial cream anti kusam. Manfaat ovale vitamin wajah. Http://carapedia.com/perawatan_mudah_muka_kembali_cerah_info876.html. Perawatan wajah sehari hari. Resep wajah bulat. Ovale facial cream.

Kegunaan ovale. Cara perawatan wajah sehari hari. Perawatan wajah cerah. Cara menggunakan sunblock dan pelembab. Perawatan wajah di siang hari. Cara merawat wajah sehari hari. Perawatan wajah di pagi hari.

Ovale krim anti kusam. Ovale cream kusam. Fungsi toner. Krim ovale anti kusam. Oval cream anti kusam. Ovale anti kusam.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.