Previous
Next

Bayi

Cara Perawatan Bayi

 

 

Mengandung, melahirkan, dan merawat bayi adalah 3 poin utama yang harus dijalani dan dikuasai dengan baik oleh seorang ibu. Dalam hal ini, peran serta suami / ayah serta anggota keluarga yang lain sangat diperlukan. Cara perawatan bayi bisa kita peroleh dari berbagai sumber, baik itu dari majalah, tabloid, bahkan dari internet. Cara perawatan bayi dibawah ini merupakan sebagian dari cara perawatan bayi yang harus kita kuasai. Beberapa cara perawatan bayi di bawah ini bisa menambah pengetahuan kita dalam merawat bayi kita baik itu dengan ataupun tanpa bantuan pengasuh / baby sitter.
 
 
CARA PERAWATAN BAYI:
 
# PERAWATAN KULIT KEPALA BAYI
Bila di kulit kepala bayi kita terdapat cradle cap / kerak:
 
  • Bersihkan rambut di sekitar kelapa dengan menggunakan shampoo setiap hari, kemudian sikat dengan sikat rambut
  • Olesi dan pijat dengan lebut bagiann kulit kepala yang terdapat cradle cap dengan menggunakan baby oil dan diamkan selama 5 menit hingga kerak terasa lunak dan mudah dibersihkan
  • Jangan gunakan kuku untuk membersihkan kerak karena akan membuat kulit kepala bayi terluka. Gunakan sikat rambut yang halus untuk membersihkan kerak.
  • Segera hubungi dokter bila tidak ada perubahan atau bila terjadi infeksi
 
 
# MENGHINDARI KEPALA BAYI YANG PEYANG
 
Menidurkan bayi dengan posisi terlentang memang pada kahirnya bisa menyebabkan kepala bayi berbentuk gepeng. Oleh karena itu, ganti posisi tidur bayi menjadi tengkurap (dengan pengawasan) sesekali supaya bentuk kelapa bayi tidak menjadi gepeng
Secara bertahap, kita bisa merupah arah pandang bayi pada saat posisi tidur sehingga bayi tidak terlalu sering miring ke satu sisi. Caranya adalah dengan memindahkan posisi mainan secara bergantian.
 
 
# MEMBERSIHKAN KELAMIN BAYI
 
Hindari menggunakan bedak untuk membersihkan kelamin bayi setelah bayi buang air kecil ataupun buang air besar
Gunakan kapas bersih yang dicelup dengan air bersih untuk membersihkan kelamin bayi
Pada saat bayi buang air besar, jangan sampai kotoran masuk ke kelamin 
Keringkan kelamin bayi sampai betul - betul kering
 
 
# MEMANDIKAN BAYI
 
  • Cek suhu air mandi sebelum memasukkan bayi kita ke dalam air. Akan lebih akurat bila menggunakan termometer untuk mengecek suhu air
  • Gunakan sabun dan shampoo khusus bayi
  • Lap permukaan kulit bayi dengan menggunakan waslap. Jangan menekan/menggosok terlalu keras
  • Hindari semaksimal mungkin supaya mata dan telinga bayi tidak kemasukan air
  • Keringkan kulit bayi dengan menggunakan handuk yang lembut hingga kering betul
 

Video

Video cara merawat bayi saat baru lahir

Dalam video ini akan diperlihatkan bagaiman cara merawat bagyi saat baru lahir

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Rambut masuk ke mata bayi. Mata bayi kemasukan rambut. Telinga bayi kemasukan air saat mandi. Cara mengatasi telinga bayi kemasukan air. Rambut masuk mata bayi. Cara mengatasi bayi kemasukan air. Cara mengambil rambut di mata bayi.

Rambut di mata bayi. Cara mengatasi bayi kemasukan air saat mandi. Tugas ibu merawat belita. Cara mengatasi kuping bayi masuk air. Mengatasi air masuk telinga bayi. Cara mengatasi air masuk telinga bayi. Jika air masuk ke telinga bayi.

Cara mengatasi telinga bayi yang kemasukan air. Cara merawat baby. Cara mengambil rambut dimata bayi. Air mandi masuk ke mata bayi. Jika air masuk ke telinga pada bayi. Video ibu merawat bayiny.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.