Previous
Next

Kesehatan

Pengobatan Asma dengan Matahari Pagi

 

Seperti yang kita ketahui, penyakit asma adalah suatu penyakit yang penyerangan saluran pernapasan. Seorang penderita asma saat kambuh akan merasa sesak nafas karena saluran udaranya menyempit, meradang dan mengalami pembengkakan. Penyakit ini juga dipicu karena kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh. Jika seseorang penderita asma sudah kekurangan vitamin ini otomatis tingkat asmanya semakin memburuk.

Ada dua jenis pengobatan untuk mengatasi asma dalam aturan medis. Yaitu penanganan saat serangan asma dan pengobatan saat asma tidak kambuh (maintain). Nah, sebenarnya cara untuk mengatasi asma agar tidak sering kambuh adalah mengatur pernapasan agar lebih terkontrol. Cara ini termasuk dalam jenis pengobatan saat tidak kambuh asma.

Menurut sebuah penelitian di King’s College London, vitamin D baik untuk penderita asma. Vitamin ini berfungsi untuk menenangkan imun tubuh agar bisa mengontrol pernapasan. Fungsi vitamin D ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati asma saat tidak terjadi serangan. Salah satu cara untuk mendapatkan vitamin D yang baik dan alami adalah berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari.

Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan vitamin D bisa menyembuhkan asma sepenuhnya, tapi paling tidak kita bisa mengontrol asma tidak sering kambuh setiap saat. Vitamin D pada sinar matahari mampu menurunkan zat interleukin-17 pada tubuh. Zat kimia ini sebenarnya memicu timbulnya infeksi karena menyerang kekebalan tubuh. Infeksi ini juga menyebabkan saluran udara mengalami peradangan yang menyebabkan asma.

Jadi, nikmatilah matahari pagi untuk mengatur sistem pernapasan kita. Untuk mendapatkan matahari pagi yang baik, berjemurlah sekitar pukul enam selama 30 menit. Manfaat matahri pagi selain kandungan vitamin D yakni nitrofil. Nitrofil bertugas membunuh kuman di dalam pernapasan yang bisa menyebabkan infeksi, flu, radang pernapasan, tuberkulosa. Selain itu juga pernapasan menjadi segar dan bugar agar lebih bersemangat beraktivitas pagi.

Video

Tentang Penyakit Asma

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Asma kambuh tiap pagi. Cara mengatur nafas jika sesak menyerang. Sinar matahari dan asma. Atasi asma di pagi hari. Cara mengatur nafas supaya tidak asma. Mengatur pernafasan saat asma kambuh. Asma di pagi hari.

Cara supaya asma tidak sering kambuh. Pengobatan asma dengan cara mengatur pernafasan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.