Previous
Next
  • Home
  • »
  • Definisi
  • » Pengertian dan Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli

Definisi

Pengertian dan Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli

 

 

Konsep tentang masyarakat pasti sering kita dengar, seperti: masyarakat desa, masyarakat kota, masyarakat Betawi, masyarakat Jawa, dll. Meskipun secara mudah bsia diartikan bahwa masyarakat itu berarti warga namun pada dasarnya konsep masyarakat itu sendiri sangatlah abstrak dan sulit ditangkap.

Istilah masyarakat berasal dari kata musyarak yang berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti ikut serta atau berpartisipasi, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Society. Sehingga bisa dikatakan bahwa masyarakat adalah sekumpulan manusia yang berinteraksi dalam suatu hubungan sosial. Mereka mempunyai kesamaan budaya, wilayah, dan identitas.


Berikut ini adalah pengertian dan definisi tentang masyarakat menurut beberapa ahli :

# PETER L. BERGER
Definisi masyarakat adalah suatu keseluruhan kompleks hubungan manusia yang luas sifatnya. Keseluruhan yang kompleks sendiri berarti bahwa keseluruhan itu terdiri atas bagian-bagian yang membentuk suatu kesatuan.


# MARX
Masyarakat ialah keseluruhan hubungan - hubungan ekonomis, baik produksi maupun konsumsi, yang berasal dari kekuatan-kekuatan produksi ekonomis, yakni teknik dan karya


# GILLIn & GILLIN
Masyarakat adalah kelompok manusia yang mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang diikat oleh kesamaan.


# HAROLD J. LASKI
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup dan bekerjasama untuk mencapai terkabulnya keinginan-keinginan mereka bersama


# ROBERT MACIVER
Masyarakat adalah suatu sistim hubungan-hubungan yang ditertibkan (society means a system of ordered relations)


# SELO SOEMARDJAN
Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan


# HORTON & HUNT
Masyarakat adalah suatu organisasi manusai yang saling berhubungan


# MANSUR FAKIH
Masyarakat adalah sesuah sistem yang terdiri atas bagian-bagian yang saling berkaitan dan masing-masing bagian secara terus menerus mencari keseimbangan  (equilibrium) dan harmoni

 

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pengertian masyarakat. Pengertian masyarakat menurut para ahli. Definisi masyarakat. Definisi masyarakat menurut selo soemardjan. Definisi masyarakat menurut para ahli. Http://carapedia.com/pengertian_definisi_masyarakat_menurut_para_ahli_info488.html. Pengertian masyarakat menurut selo soemardjan.

Arti masyarakat menurut para ahli. Bagaimana definisi masyarakat menurut selo soemardjan. Pengertian kesehatan masyarakat menurut para ahli. Pengertian masyarakat menurut selo sumardjan. Masyarakat menurut para ahli. Pengertian ilmu kesehatan masyarakat menurut para ahli. Pengertian rakyat menurut para ahli.

Pengertian masyarakat menurut ahli. Defenisi masyarakat. Definisi tentang masyarakat. Pengertian kesmas menurut para ahli. Pengertian masyarakat menurut beberapa ahli. Defenisi masyarakat menurut para ahli.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (3)
01 Sep 2014 09:11
I Gede S.
sangat menolong, ya kalau bisa dilengkapi dengan daftar pustaka
02 Jul 2014 11:45
edy
tolong dikasih lengkap daftar pustaka
28 Apr 2014 10:01
atikah
nak nama pengarang