Previous
Next

Kesehatan

Pengaturan Makan Ibu Hamil

 

Semua ibu hamil termasuk anda tentu menginginkan anaknya lahir dengan sempurna tanpa ada cacat sedikitpun bukan? Oleh sebab itu anda harus menjaga pola makan pada masa kehamilan agar janin tetap sehat dan kuat. Sebagi ibu hamil yang menghidupi janin sekaligus tentu saja anda memiliki kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi dengan cara mengkonsumsi menu yang mengandung zat-zat yang bergizi tinggi karena ibu hamil membutuhkan zat gizi yang lebih banyak daripada wanita yang tidak mengandung.

Hal ini membuat setiap hari ibu hamil harus mengatur menu makanannya agar nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dapat diperoleh dengan maksimal sehingga kesehatan ibu maupun janinnya dapat dipenuhi.  Beriku ini adalah panduan bagi ibu hamil agar tidak pernah kekurangan nutrisi bagi janinnya.

 

  • Masukkan menu karbohidrat seperti nasi, kentang, jagung, gandum dan sereal lain dalam menu makan anda. Salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan lebih sehat daripada nasi adalah outmeal. Karbohidrat berfungsi mendukung pertumbuhan janin, pembentukan plasenta, dan cadangan energi berupa lapisan lemak tubuh.
  • Selalu penuhi kebutuhan protein selama masa kehamilan, baik protein hewani maupun nabati. Protein hewani yang dapat dikonsumsi adalah daging, telur, kerang, atau ikan. Sedangkan protein nabati yaitu kacang tanah, kacang polong, dan kedelai. Makanan tersebut mengandung asam amino yang penting untuk perkembangan janin serta penambahan volume darah.
  • Bagi bumil, lemak berguna untuk membangun sel-sel baru serta perkembangan sistim saraf janin dan menghasilkan energi. Lemak hewani dapat dengan mudah ditemui pada daging-dagingan. Daging ayam, ikan, sapi, kambing, ikan, dan susu. Sedangkan sumber lemak nabati adalah minyak kelapa sawit, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak jagung.
  • Vitamin penting dikonsumsi bumil karena membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, menunjang proses metabolisme, serta mencegah timbulnya kelainan susunan syaraf. Cara mengkonsumsi vitamin yang paling mudah adalah lewat buah-buahan. Makanlah buah yang mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh selama hamil.
  • Terkadang kebutuhan pertumbuhan tulang dan gigi janin terabaikan. Padahal itu penting. Kekurangan garam mineral dan kalsium dapat menyebabkan karies (sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi) pada jabang bayi. Buatlah menu yang mengandung bahan-bahan seperti susu, ebi, ikan teri, bayam, atau katuk untuk mendapatkan manfaat kalsium.
  • Kebutuhan volume darah wanita pada saat mengandung meningkat 30%. Maka dari itu, bumil harus mendapat asupan zat besi yang lebih banyak dari biasanya. Jika kandungan zat besinya tidak terpenuhi, akan beresiko terkena anemia. Maka dari itu masukanlah hati sapi atau hati ayam dalam menu makan ibu hamil.
  • Untuk menyeimbangkan semua zat-zat tersebut, diperlukan mineral. Air sangat penting bagi manusia, apalagi bumil yang berbagi makanan dan minuman dengan janinnya. Otomatis, kebutuhan mineralnya bertambah. Jadi, jangan lupa untuk minum air mineral minimal 2 liter per hari.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Hati ayam untuk ibu hamil. Panduan bumil. Manfaat ikan teri untuk ibu hamil. Manfaat hati ayam bagi ibu hamil. Makan jeli untuk ibu hamil. Ikan teri untuk ibu hamil. Manfaat hati sapi untuk ibu hamil.

Hati sapi untuk ibu hamil. Ati ayam untuk ibu hamil. Ati ayam bagi ibu hamil. Ibu hamil makan hati sapi. Manfaat hati ayam untuk ibu hamil. Ayam dengan bumil. Apakah ikan teri baik untuk ibu hamil.

Manfaat daging ayam untuk ibu hamil. Manfaat makan hati sapi untuk ibu hamil. Hati ayam untuk kehamilan. Makan jelly saat hamil. Hati sapi buat ibu hamil. Manfaat ayam buat ibu hamil.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.