Previous
Next
  • Home
  • »
  • Ekonomi
  • » Pengaruh Globalisasi Pada Perkembangan Ekonomi Indonesia

Ekonomi

Pengaruh Globalisasi Pada Perkembangan Ekonomi Indonesia

 

 
 
 
 
Globalisasi merupakan proses dimana hubungan sosial dan saling ketergantungan antarnegara dan antarmanusia menjadi semakin tidak berbatas. Sedangkan menurut  Selo Soemardjan, Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah - kaidah yang sama. Globalisasi terjadi pada bidang informasi, ekonomi, serta budaya. Sudah sejak lama pemerintah Indonesia menggembar - gemborkan tentang globalisasi itu sendiri. Dengan harapan masyarakat dan pelaku industri siap menghadapi segala dampak dari globalisasi terutama pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia.
 
Pasar bebas merupakan salah satu bentuk nyata dari globalisasi ekonomi. Pengaruh dari globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia diantaranya adalah tumbuhnya kreativitas para pelaku ekonomi Indonesia serta semakin mendunia produk - produk buatan Indonesia. Dengan adanya globalisasi, para pelaku ekonomi, memang dituntut untuk semakin kreatif menciptakan produk - produk yang tidak hanya mampu bersaing dengan sesama produk buatan dalam negeri, namun juga harus mampu bersaing dengan produk - produk dari negara lain. Tanpa adanya pengembangan produk, sudah pasti produk mereka tidak akan bisa laku di pasaran. Terlebih sejak CAFTA (China Asia Free Trade Assosiation) diberlakukan, barang - barang dari China mulai membanjiri pasar Indonesia. Tidak hanya bentuk serta tampilan produk yang menarik, namun juga harga yang ditawarkan sangat murah bila dibandingkan dengan produk - produk buatan Indonesia. 
 
Sebenarnya banyak pihak yang menyayangkan mengapa Indonesia ikut menandatangani CAFTA. Tidak hanya karena dunia industri Indonesia dianggap belum siap menghadapi pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia, namun juga karena kondisi internal ekonomi Indonesia yang masih belum stabil. Namun dengan alasan bahwa Indonesia akan menjadi negara yang jauh tertinggal dalam bidang ekonomi bila tidak turut serta dalam perjanjian CAFTA tersebut, maka siap atau tidak, akhirnya Indonesia terlibat dalam pasar bebas Asia.
 
Bagi beberapa pelaku industri, terutama yang selama ini mengandalkan bahan baku import dari China, malah menjadi pihak yang diuntungkan atas masuknya Indonesia ke dalam pasar bebas Asia. Mereka bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang jauh lebih murah karena dilakukannya perjanjian penghapusan tarif import sehingga bisa menekan banyak biaya yang harus mereka keluarkan. Dengan mendapatkan bahan baku yang murah, maka secara otomatis kegiatan industri bisa semakin berkembang. Itu merupakan contoh positif dari pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia. 

Video

Video tentang pasar bebas

Dalam video ini akan diperlihatkan tentang mekanisme pasar bebas

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Globalisasi ekonomi. Pengaruh globalisasi terhadap ekonomi. Pengaruh globalisasi terhadap perekonomian indonesia. Pengaruh globalisasi pada sistem ekonomi indonesia. Pengaruh globalisasi pada sistem perekonomian indonesia. Perekonomian indonesia. Bagaimana pengaruh globalisasi dalam sistem perekonomian indonesia.

Http://carapedia.com/pengaruh_globalisasi_pada_perkembangan_ekonomi_indonesia_info2530.html. Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi. Contoh perkembangan ekonomi. Ekonomi global dan globalisasi. Dampak globalisasi terhadap perekonomian indonesia. Hubungan globalisasi dengan pertumbuhan ekonomi. Makna globalisasi bagi perekonomian indonesia.

Pengaruh globalisasi terhadap sistem perekonomian indonesia. Pengaruh globalisasi ekonomi terhadap perekonomian indonesia. Dampak globalisasi terhadap kemajuan perekonomian indonesia. Dampak globalisasi bagi ekonomi indonesia. Dampak globalisasi terhadap sistem ekonomi nasional. Perkembangan globalisasi ekonomi.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
27 Apr 2014 15:52
hamzah ardiansyah
kemampuan industri indonesia masih blum mampu bersaing dengan hasil produk asing...nsolusinya apa ????
27 Apr 2014 15:52
hamzah ardiansyah
kemampuan industri indonesia masih blum mampu bersaing dengan hasil produk asing...nsolusinya apa ????