Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

10 Penemuan Baru Dunia Di Tahun 2012

Tahun 2012 lalu, dunia dikejutkan oleh penemuan-penemuan baru di berbagai bidang. Beberapa di antaranya masuk ke daftar penemuan di bawah ini. Penemuan mana yang mengingatkan Anda? Mari simak daftarnya. 

 

1. Penemuan Kuil ‘Dramatis’ Suku Maya

Sekitar 1600 tahun yang lalu, kuil Matahari Malam (the Temple of the Night Sun) merupakan mercusuar berwarna merah darah yang bisa terlihat dari jarak beberapa mil jauhnya. Kuil ini dihiasi oleh topeng raksasa dewa matahari Suku Maya sebagai hiu, peminum darah, dan jaguar. Lama sejak hilang di hutan Guatemala, kuil Suku Maya ini akhirnya ditemukan pada bulan Mei 2012. Tidak seperti peradaban Aztec dan Inca yang terpusat, peradaban Suku Maya membentang dari Guatemala, Belize, dan Meksiko. 

 

2. Mural Suku Maya Tentang Hari Kiamat

Bulan yang sama, para arkeolong menemukan mural yang menghiasi rumah kuno Suku Maya. Dinding yang penuh dengan perhitungan waktu dan kegiatan raja tersebut banyak diyakini sebagai penghitungan hari kiamat. Namun, banyak petunjuk yang merujuk kiamat ke waktu ribuan tahun mendatang.

 

3. Penemuan Amfibi Tanpa Kaki

Amfibi ini bukan cacing, dan juga bukan ular. Hewan baru ini merupakan penggali tanah, tanpa kaki, dan merupakan spesies baru dalam ilmu pengetahuan. Amfibi ini merupakan salah satu dari sekitar enam spesies yang berpotensi masuk ke kelas hewan misterius yang disebut Sesilia. 

 

4. Spesies Baru di Peru, Heaven

Spesies baru monyet nokturnal merupakan salah satu dari delapan mamalia baru yang ditemukan selama ekspedisi ke utara taman nasional Peru (Tabanacos Namballe National Sanctuary) bulan September 2012 lalu. 

 

5. Penemuan Sistem Sembilan Planet

Satu bintang yang berjarak sekitar 127 tahun cahaya dari bumi kemungkinan mempunyai planet lebih banyak daripada matahari. Hal tersebut menguatkan kemungkinan sistem planet tersebut berpenduduk padat. April 2012 lalu, sebuah bintang seperti matahari tersebut berada di selatan rasi bintang Hydrus. 

 

6. Penemuan Yeti di Antartika

Kepiting jenis Yeti baru yang belum bernama ditemukan di kawasan hangat yang kaya akan mineral hidrotermal di Antartika. Spesies baru ini ditemukan di kedalaman 7.875 kaki atau 2.400 meter pada Januari 2012 lalu.

 

7. Penemuan Partikel Tuhan

Tim peneliti Large Hadron Collider (LHC) melaporkan bahwa mereka 99 persen yakin telah menemukan Higgs Boson yang disebut dengan partikel tuhan pada Juli 2012 lalu. Partikel tersebut menyelesaikan model standar fisika dengan menjelaskan mengapa objek di alam semesta memiliki massa, mengapa ada galaksi, mengapa ada planet, dan bahkan mengapa manusia memiliki hak untuk ada.

 

8. Penemuan Gula Di Ruang Angkasa

Para astronom telah membuat penemuan baru : molekul gula sederhana yang mengambang di ruang angkasa di jarak sekitar 400 tahun cahaya. Hal ini dapat menunjukkan kemungkinan adanya kehidupan di planet lain. Penemuan yang terjadi pada Agustus 2012 lalu ini membuktikan bahwa kehidupan telah berkembang di alam semesta lain. Molekul organik yang ditemukan ini terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. 

 

9. Penemuan Planet Baru di Sistem Tata Surya

Mei 2012 lalu sebuah planet baru ditemukan mengitari orbit tata surya kita. Planet yang berada di lintasan yang dinamai Kuiper Belt ini sebelumnya sulit ditemukan karena berada terlalu jauh sehingga tidak bisa dilihat dengan teleskop. Permukaan planet di Kuiper Belt ini terselubung es, sama seperti planet lain yang mengorbit bersama Neptunus. 

 

10. Penemuan Buaya Air Asin Terbesar, Lolong

Buaya air asin terbesar ditemukan Juli 2012 lalu dan secara langsung memecahkan rekor dunia dengan panjang 20,24 kaki atau 6,17 meter. Buaya yang diberi nama Lolong ini ditemukan di Filipina. 

(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Ilmu pengetahuan terbaru. Pengetahuan umum terkini. Pengetahuan terbaru. Ilmu pengetahuan terkini. Ilmu pengetahuan baru. Penemuan terbaru di dunia. 7 penemuan terbaru di dunia.

Pengetahuan dunia terbaru. Penemuan terbaru. Pengetahuan terkini. Http://carapedia.com/penemuan_baru_dunia_tahun_2012_info4076.html. Pengetahuan umum dunia terbaru. Pengetahuan umum terbaru 2012. 7 penemuan terbaru di luar angkasa.

Penemuan fisika terbaru. Penemuan2 terbaru. 7 penemuan terbaru. Ilmu pengetahuan umum dunia terbaru. Penemuan hewan baru di dunia. Penemuan terbaru ilmu fisika.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.