Previous
Next
  • Home
  • »
  • Bayi
  • » Pemberian Makanan Pendamping Asi

Bayi

Pemberian Makanan Pendamping Asi

 

 

Menurut ketentuan Badan Kesehatan Dunia (WHO), bayi bisa mulai diberi makan pada usia 6 bulan. Pada usia tersebut, bayi tetap bisa diberikan ASI namun frekuensinya tidak sebanyak saat bayi berusia sampai dengan 6 bulan sehingga pemberian makanan pada bayi mulai usia 6 bulan disebut juga MPASI (makanan pendamping ASI). Pemberian makanan pendamping asi pada bayi usia 6 bulan harus dilakukan secara bertahap untuk menghindari masalah sembelit dan masalah pencernaan yang lainnya. Oleh karena itu harus diperhatikan tekstur makanan yang diberikan. Sehingga bayi tidak kaget pencernaannya karena sebelumnya hanya terbiasa mengkonsumsi ASI saja.


Sangat disarankan untuk memberikan makanan dalam 1 jenis bahan selama proses penyesuaian sehingga akan mudah diketahui bila bayi alergi terhadap satu jenis bahan makanan. Selain itu, beberapa ahli juga menyarankan untuk memberikan makanan 1x dalam sehari dan ditingkatkan frekuensinya seiring dengan kemampuan bayi dalam mencerna makanan pendamping ASI tersebut. Para ahli yang lain menyarankan untuk memberikan makanan dengan bahan sayuran terlebih dahulu untuk menghindari bayi menolak sayuran bila sebelumnya dikenalkan dengan rasa buah yang manis. Beberapa buku tentang makanan pendamping ASI juga menyebutkan bahwa lebih baik satu jenis makanan diberikan selama minimal 3 hari berturut turut untuk mengetahui bayi alergi terhadap jenis bahan makanan tersebut atau tidak.


Tekstur makanan pendamping asi yang cair menyerupai ASI bisa diperoleh dengan cara mengukus kemudian memblender dan menyaring bahan makanan sehingga bayi tidak akan kaget dengan tekstur makanan pendamping asi tersebut. Seiring dengan kemampuan bayi kita mencerna makanan pendamping ASI, kita bisa meningkatkan tekstur makanan pendamping ASI tersebut menjadi agak kasar. Jangan pernah memberikan makanan padat langsung pada saat awal kita memberikan makanan pendamping ASI untuk menghindari berbagai masalah pencernaan bayi kita. Cari referensi sebanyak mungkin tentang makanan pendamping ASI di internet, buku, maupun dengan cara mengikuti milis yang khusus  membahas tentang makanan pendamping ASI ini.


Memang kita bisa dengan mudah membeli makanan bayi yang tersedia di pasaran. Namun naluri seorang ibu pasti ingin memberikan yang terbaik bagi bayi kita. Sebagian besar para ibu pasti memilih untuk memberikan makanan pendamping ASI yang alami dan homemade bagi bayi kita. Karena persepsi tentang makanan bayi instan yang beredar di pasaran pasti mengandung banyak bahan pengawet yang tidak bagus bagi bayi kita. Memang lebih baik bila memungkinkan kita membuat sendiri makanan pendamping ASI bagi bayi kita. Kita tidak perlu terpaku bahwa untuk membuat makanan pendamping ASI pasti diperlukan alat-alat khusus yang harganya tidak mura, seperti slow cooker, blender, chopper, dll. Kita bisa memanfaatkan alat-alat yang sudah kita miliki di dapur. Hanya mungkin saja kita harus membedakan / memisahkan alat makan dan alat-alat yang kita gunakan untuk memasak makanan pendamping ASI dengan alat makan kita sehari hari.

Video

Video tentang cara memberi makan bayi dan balita

video ini menunjukkan cara membuat makanan bayi dan balita yang sehat serta cara memberikan makanan tersebut kepada bayi dan balita

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pengertian mp asi. Memblender makanan bayi. Cara memblender makanan bayi. Pengertian pemberian makan. Pengertian mpasi. Peraturan mpasi menurut who. Pengertian makanan pendamping asi.

Pendamping asi menurut who. Penjelasan mp asi menurut who. Makanan pendamping asi menurut who. Pengertian makanan pendamping asi menurut who. Makalah makanan pendamping asi. Panduan pemberian makanan pendamping asi pada balita menurut para ahli. Bagaimana cara menyaring makanan bayi ketika mpasi.

Makalah untuk bayi dan makanan pendamping asi. Pengertian memberi makan pada bayi. Definisi makanan pendamping asi menurut who. Mp asi menurut who. Pemberian mp asi menurut who. Makanan pendamping asi 6 bulan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.