Previous
Next

Dunia Kerja

Negosiasi Gaji, Begini Cara Suksesnya

 

Saat melakukan tes kerja, terutama ketika tahap wawancara, sering pewawancara melakukan tahap negosiasi gaji. Tahap ini kadang membuat sebagian pelamar galau bagaimana harus bersikap ketika membicarakan gaji yang akan diperoleh nantinya. Tidak semua perusahaan mau terbuka dengan besarnya gaji namun ada juga yang langsung terbuka dengan besar nominalnya. Jika sudah begini bagaimana untuk bernegosiasi sesuai dengan keahlian kerja Anda? Intip cara sukses melakukan negosiasi  gaji dikutip dari Yahoo.

1. Saat pewawancara memberikan tawaran

Pada tahap wawancara sebagian besar pewawancara mengutarakan penawaran sesuai kualifikasi pelamar. Mereka akan memberikan tawaran nominal gaji dan beban kerja yang akan dilakukan pelamar nantinya.

Menghadapi hal ini Anda boleh menaikkan besar nominal sesuai yang Anda harapkan. Namun jika perusahaan tidak memberikan tawaran ini maka carilah informasi berapa standar nominal gaji di perusahaan tersebut.

2. Utarakan alasan profesional

Ketika Anda mengajukan nominal gaji yang Anda inginkan, sebaiknya utarakan juga alasan mengapa Anda pantas mendapatkan gaji sebesar itu. Jangan pernah menyampaikan alasan pribadi seperti persiapan menikah, biaya bangun rumah atau sebagainya. Berikan alasan seputar latar belakang pendidikan, kelebihan diri Anda, pengalaman kerja sebelumnya, mengikuti organisasi atau kegiatan lain atau peluang karir Anda yang bagus secara profesional dan mendukung Anda mendapatkan gaji besar

3. Fleksibel

Jika Anda gagal mengajukan nominal gaji yang diharapkan, jangan putus asa, dan jangan tunjukkan rasa kecewa, apalagi Anda menyayangkan untuk melepas pekerjaan tersebut. Lebih baik Anda bersikap fleksibel dan tanyakan apakah aka nada tunjangan insentif, bonus, upah lembur, upah proyek dan sebagainya.

4. Jangan Menginterupsi

Anda tidak diperkenankan memotong pembicaraan ketika perusahaan sedang menjelaskan penawaran gaji. Tunjukan sikap respek Anda terhadap perusahaan serta tahu waktu yang tepat Anda harus berbicara. Jangan sampai kelalaian Anda ini  membuat Anda kehilangan kesempatan terekrut sebagai karyawan.

5. Berikan Waktu Perusahaan untuk Berpikir

Ketika sudah melewati tahap negosiasi gaji dan Anda menawarkan gaji  yang diharapkan tentu perusahaan butuh waktu untuk memutuskan hal ini. Jangan mendesak perusahaan dengan keinginan Anda. Sikap respek Anda akan sangat dijunjung tinggi dan tandanya Anda adalah orang yang kooperatif.
 

Video

Tips Negosiasi Gaji

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh surat negosiasi gaji. Surat negosiasi gaji. Trik sukses nego gaji. Contoh nego gaji. Contoh surat negosiasi gaji terbaru. Contoh surat nego pengajuan gaji. Surat teks negosiasi kenaikan gaji.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.