Previous
Next

Drama

Contoh Naskah Drama Pendidikan

 

 
 
 
 
 
Drama merupakan salah satu karya sastra yang juga masuk ke dalam kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ada berbagai macam tema drama, diantaranya adalah drama pendidikan. Pada drama pendidikan biasanya sarat akan pesan morah yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Seperti contoh naskah drama pendidikan dibawah ini yang mengisahkan tentang perjuangan seorang guru yang bertugas di daerah terpencil. Pada naskah drama pada umumnya tidak hanya terdiri dari teks belaka namun juga termasuk setting serta peristiwa dan karakter pemeran turut dipaparkan dalam naskah tersebut.
 
 
CONTOH NASKAH DRAMA PENDIDIKAN
 
JUDUL: HASIL KERJA KERAS MURID - MURID DI PEDALAMAN KALIMANTAN
PEMERAN: IBU GURU, KEPALA SEKOLAH, MURID 1, MURID 2, MURID 3, MURID 4, PARA ORANG TUA MURID
SETTING: DI SEBUAH SEKOLAH SWASTA DI PEDALAMAN KALIMANTAN
 
ADEGAN 1
 
IBU GURU (berdiri di depan kelas): murid - murid, bulan depan sudah mulai Ujian Nasional..bagaimana, apakah kalian sudah siap?
 
MURID 1: belum bu..rasanya belum semua materi ujian saya kuasai.
 
MURID 3: iya bu..saya takut kalau sampai tidak lulus nanti
 
MURID 2: apalagi tahun kemarin hampir semua siswa sekolah ini tidak lulus (dengan suara serak hampir menangis)
 
IBU GURU: Ibu juga prihatin dengan rendahnya tingkat kelulusan di sekolah kita ini.
 
MURID 4: selain itu, mental kita juga jadi ciut bu karena harus bergabung dengan sekolah negeri di kecamatan selama Ujian Nasional nanti
 
IBU GURU: tenang anak-anak..tidak perlu berkecil hati..tidak perlu pula minder dan takut. Ibu akan melakukan apapun supaya siswa sekolah ini bisa lulus 100%. Mulai besok pagi, ibu akan memberikan pelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal. Bagaimana?
 
MURID 1: Soal biayanya bagaimana bu?
 
MURID 2, MURID 3, MURID 4: iya, bagaimana bu? kami sungkan kalau harus minta uang tambahan ke orang tua.
 
MURID 4: untuk mencari uang sendiri pun kita tidak ada waktu
 
IBU GURU: anak-anakku..ibu tidak mengharapkan bayaran..yang ibu harapkan hanya kalian semua lulus..ibu ikhlas lahir dan batin
 
MURID 1: Sungguh mulia hati ibu..hanya Tuhan nanti yang akan membalas kebaikan ibu (sambil menangis haru)
 
-------------------------------------------------------
 
ADEGAN 2
(Setting: sehari sebelum pelaksanaan Ujian Nasional)
 
KEPALA SEKOLAH (memberi sambutan): Murid - murid, besok kalian akan menghadapi Ujian Nasional yang merupakan penentu kelulusan kalian. Bapak yakin, bekal yang diberikan oleh Ibu Guru sudah maksimal. Sekarang tugas kalian lah untuk membuktikan bahwa kalian mampu menjadi kebanggaan kami terutama kebanggaan ibu guru. Kepada Ibu Guru, mohon untuk memberikan sambutan penyemangat bagi para murid..
 
IBU GURU (maju ke depan dan berdiri di samping KEPALA SEKOLAH): Anak - anakku, tidak terasa sudah sebulan kalian berjuang keras menghadapi Ujian Nasional. Berangkat lebih awal dan pulang menjelang senja. Ibu bangga melihat semangat kalian..ibu bangga melihat kerja keras kalian semua..Apapun nanti hasilnya, Ibu akin kalau kalian semua telah melakukan yang terbaik, tidak hanya untuk diri kalian saja namun juga untuk sekolah, serta untuk orang tua dan keluarga kalian. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan, minta untuk diberikan kelancaran dan kemudahan dalam memngerjakan soal - soal Ujian Nasional nanti..Sebagai penutup dari acara ini, silakan para murid untuk maju ke depan, memohon restu kepada Bapak KEPALA SEKOLAH serta para Bapak / Ibu guru lainnya..
 
(kemudian satu per satu siswa maju ke depan untuk bersalaman memohon restu kepada KEPALA SEKOLAH dan para GURU)
 
-----------------------------------------------------
 
ADEGAN 3
(Setting: acara pengumuman kelulusan Ujian Nasional yang dihadiri oleh para orang tua / wali dan murid)
 
IBU GURU: Selamat pagi..Pertama saya sebagai wakil dari pihak sekolah mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak / ibu orang tua / wali murid dalam acara pengumuman kelulusan. Untuk menyingkat waktu, akan segera saya bagikan surat pengumuman untuk masing - masing siswa. Mohon kepada orang tua / wali dari siswa yang namanya saya panggil, mohon untuk maju ke depan.
 
(kemudian IBU GURU memanggil nama siswa satu per satu. Tak lama kemudian, suasana ruangan menjadi gaduh penuh haru tangisan serta teriakan bahagia)
 
IBU GURU: Selamat kepada seluruh siswa bahwa tahun tingkat kelulusan sekolah kita 100%. Ini semua adalah buah manis dari hasil kerja keras kalian. Sekali lagi selamat atas kelulusan kalian..selamat menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan semoga kalian semua sukses emnggapai cita - cita.
 
(semua siswa maju ke depan, bersalaman dan mencium tangan IBU GURU)
 
 

Video

Video contoh kreasi drama siswa SMA

Dalam video ini akan diperlihatkan sebuah kreasi drama siswa SMA

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Naskah drama tentang pendidikan. Http://carapedia.com/naskah_drama_pendidikan_info3495.html. Naskah drama pendidikan. Naskah drama tema pendidikan. Drama tentang pendidikan. Drama bertema pendidikan. Drama pendidikan.

Drama tema pendidikan. Contoh drama tentang pendidikan. Naskah drama bertema pendidikan. Contoh naskah drama tema pendidikan. Contoh drama pendidikan. Contoh naskah drama bertema pendidikan. Contoh naskah drama 5 orang tentang pendidikan.

Naskah drama pendidikan 5 orang. Contoh naskah drama pendidikan. Drama tentang pendidikan 5 orang. Contoh naskah drama 6 orang tentang pendidikan. Teks drama pendidikan. Teks drama tentang pendidikan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
18 Sep 2014 19:33
Jonni
Copas dari buku
11 Sep 2014 18:53
Andre
Hahahhahahahahahhahahahahahah LUCU!!!!!!!