Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Morfologi Batang Tumbuhan

 

 
 
 
 
Struktur tumbuhan dan hewan berkaitan dengan morfologi dan anatomi. Kata morfologi sendiri dipakai dalam berbagai cabang ilmu. Secara harafiah, kata morfologi berarti morphos (pengetahuan tentang bentuk). Pengertian morfologi secara luas dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bentuk organisme, terutama hewan serta tumbuhan serta mencakup bagian-bagiannya. Adapun morfologi tumbuhan terdiri atas bagian tubuh (orhan) tumbuhan, yaitu akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Kali ini akan dibahas mengenai morfologi batang tumbuhan.
 
Pada umumnya, batang terletak diatas permukaan tanah. Batang berperan dalam menyangga daun dan bunga. Salah satu ciri batang adalah terdapatnya buku dan ruas. Buku merupakan tempat keluarnya daun atau tunas, sedangkan ruas adalah jarak diantara dua buku. Batang umumnya tidak berwarna hijau kecuali batang pada tanaman yang umurnya pendek atau ketika batang amsih muda. Bila dipotong melintang, pada permukaan batang tumbuhan akan terlihat:
# Jaringan epidrmis
merupakan jaringan terluar dari batang. Epidermis ini hanya tersusun atas 1 lapis sel yang tersusun dengan sangat rapat sehingga tidak nampak ruang antar sel
 
# Korteks
Korteks terdiri atas parenkim dan kolenkim. Pada beberapa tumbuhan tertentu, terdapat korteks yang hanya terdiri dari klorenkim (kolenkim yang memiliki kloroplas)
 
# Endodermis
Endodermis merupakan batas antara korteks dan silinder pusat
 
# Silinder pusat
Di dalam silinder pusat terdapat jaringan perisikel, empulur, dan pembuluh angkut. Perisikel adalah bagian terluar dari silinder pusat. Sedangkan empulur merupakan bagian terdalam dari silinder pusat
 
 
 
Berdasarkan bentuknya, batang tumbuhan dibedakan menjadi tiga, yaitu:
# Batang merumput
  • Batang ini umumnya berbentuk ramping, berwarna hijau, agak lunak, memiliki ruas dan rongga pada batangnya
  • Contoh: batang padi, batang jagung, dan batang tebu
 
# Batang lunak
  • Tumbuhan berbatang lunak mempunyai ciri batang yang terasa lunak dan berair
  • Contoh: batang bayam dan batang kaktus
 
# Batang berkayu
  • Tumbuhan dengan batang berkayu memiliki ciri: tinggi, keras, dan tebal
  • Contoh: Jati, akasia, dan mangga
 
 

Video

Video fungsi batang tumbuhan

Dalam video ini akan diperlihatkan beberapa fungsi dari batang tumbuhan

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Morfologi batang. Tumbuhan berbatang lunak. Struktur morfologi batang. Batang tumbuhan. Tubihan berbatng lunak. Jelaskan morfologi batang. Contoh tumbuhan berbatang lunak.

Morfologi batang tumbuhan. Pengertian struktur morfoligi batang. Tumbuhan yang berbatang lunak. Gambar tentang perbedaan hewan secara morfologi. Morfologi batang kaktus. Perbedaan antara batang merumput dan batang berkayu. Contoh tanaman berbatang lunak.

Tumbuhan batang berkayu. Gambar batang secara morfologi. Morfologi batang dan fungsinya. Struktur keilmuwan morfologi. Contoh tumbuhan yg berbatang lunak. Batang dan bagian bagiannya.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.