Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Metode Pendekatan Biogeografi

 

 
 
 
 
Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari distribusi tumbuhan dan binatang di bumi ini. Di dalam biogeografi terdapat bidang biogeografi ekologi, yatu mempelajari hubungan antara lingkungan dan organisme untuk mengetahui kapan dan dimana organisme tersebut ditemukan. Organisme memerlukan tempat khusus untuk hidup yang disebut habitat. Habitat sangat tergantung pada iklim, yang meliputi ketersediaan air, kelembaban, suhu, cahaya matahari, dan angin. Faktor lingkungan ini yang akhirnya menentukan pola persebaran flora dan fauna.
 
Seorang zoologist berkebangsaan Inggris, Alfred Wallace, melihat adanya keterkaitan antara tipe-tipe hewan dengan suatu wilayah. Pendekatan yang dilakukan Alfred Wallace ini dikenal dengan pendekatan biogeografi. Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan hayati Indonesia dibagi atas dua kelompok, yaitu Indo Malayan dan Indo Australian. Daerah peralihannya ditandai dengan garis Wallace dan garis Lydekker.
 
Kelompok Indo Malayan meliputi tanaman yang ada di kawasan Indonesia Barat, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Kelompok Indo Australian meliputi tanaman yang ada di kawasan Indonesia Timur, yaitu Sulawesi, Nusa tenggara, Maluku, dan Papua. Karakteristik flora di Indonesia bagian barat dan timur juga memiliki perbedaan. Dilihat dari karakteristiknya, flora di Indonesia bagian barat adalah memiliki jenis meranti-merantian yang sangat banyak. Sedangkan karakteristik flora di Indonesia bagian timur adalah memiliki jenis tumbuhan matoa serta memiliki banyak tumbuhan sagu.
 
Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan biogeografi berasumsi (walaupun tidak selalu tepat) bahwa kawasan konservasi merupakan "pulau habitat" yang terisolasi dalam matriks kawasan dengan kondisi yang tidak sesuai serta tidak terlindungi. Kenyataannya, banyak spesies yang mampu untuk menyebar melalui matriks yang tidak dilindungi tersebut.
 

Video

Video flora Indonesia bagian tengah

Dalam video ini akan diperlihatkan beberapa jenis flora yang terdapat di Indonesia bagian tengah

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Enam biogeografi menurut alfred russel wallace. Perbedaan biogeografi sejarah dan biogeografi ekologi. Tuliskan 6 daerah biogeografi menurut alfred russel wallace. Http://carapedia.com/metode_pendekatan_biogeografi_info954.html. Pengertian biogeografi menurut para ahli. Sebutkan dan jelaskan enam biogeografi menurut alfred russel wallace. Biogeografi ekologi.

Gambar peta flora dan fauna di indonesia. Biogeografi menurut alfred russel. Pendekatan biogeografi. Biogeografi menurut alfred russel wallace. 6 biogeografi menurut alfred russel wallace. Biogeografi menurut para ahli. 6 daerah biogeografi menurut alfred russel wallace.

Biogeografi. Daerah biogeografi menurut alfred russel wallace. Peta indonesia bagian flora. Gambar peta persebaran flora dan fauna di indonesia. Perbedaan pendekatan biogeografi sejarah dan biogeografi ekologi. Jelaskan enam biogeografi menurut alfred russel.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.