Previous
Next

Pertanian

2 Metode Menanam Biji Alpukat

 

Bila Anda ingin menanam alpukat cukup dengan biji saja sudah bisa lo. Jadi jika setelah makan alpukat, jangan membuang bijinya namun cobalah membuat bibit alpukat melalui tunasnya. Ada dua cara untuk menumbuhkan tunas alpukat, yakni langsung menanam biji ke dalam tanah, dan merendamnya dalam air. Berikut ini penjelasannya.

1. Membersihkan biji

Sebelum biji ditanam atau direndam harus dibersihkan dulu. Hati-hati saat Anda mengambil bijinya jangan sampe tergores benda tajam. Bersihkan biji dari sisa daging buah yang masih menempel dengan dicuci.

2. Menumbuhkan tunas dalam air

Alpukat memiliki dua bagian sisi yaitu tempat tumbuh daun yang lebih sempit dari tempat tumbuhnya akar di ujung lain. Sehingga saat meletakannya dalam wadah harus benar-benar mengerti posisinya. Letakkan bagian tumbuh akar di atas dan bagian tumbuh daun di atas.

Rendam biji alpukat separuhnya, sehingga bagian atas tempat akar tidak ikut terendam. Kemudian letakkan wadah tersebut di dekat jendela agar terkena paparan sinar matahari. Tambahkan pula air jika air mulai surut, pastikan saja biji bagian bawah selalu terkena air dan jangan sampai kering.

Dalam 2 – 3 minggu biji alpukat sudah mulai retak dan akar akan keluar pada biji bagian bawah sekitar 3 -4 minggu. Tetaplah merendam biji sampai akar sudah  memiliki panjang 5 – 7 cm. Anda bisa memindahkan dan menanam biji dalam tanah  atau pot jika batang alpukat sudah mulai tampak.

2. Menamam biji langsung di tanah

Pastikan tanah yang akan digunakan untuk menanam cukup mendapatkan sinar matahari. Gali tanah sedalam biji alpukat dan letakkan alpukat di dalamnya. Munculkan sedikit bagian alpukat yang ujungnya sempit atau bagian daun tumbuh.

Pastikan tanah Anda memiliki sistem drainase yang baik, agar biji alpukat tidak kekeringan atau malah terendam air. Siram biji dengan teratur dan secukupnya, jika terlalu banyak air akan membuat biji cepat busuk.

Biji yang sudah keluar tunas sekitar 15 – 20 cm jangan sampai sesekali pangkas daun dan ranting agar cepat terjadi pertumbuhan.

Menanam alpukat dalam pot akan lebih cepat berbuah, biasanya menunggu sampai 4 – 5 tahun berbeda dengan menanam langsung di tanah yang harus menunggu sampai 15 tahun baru berbuah. Selamat mencoba!

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara menanam biji alpukat. Budidaya alpukat. Cara menanam alpukat. Http://carapedia.com/metode_menanam_biji_alpukat_info4422.html. Menanam biji alpukat. Menanam alpukat. Cara menanam buah dalam pot.

Menanam alpukat dalam pot. Pohon alpukat dalam pot. Menanam alpukat dari biji. Budidaya alpukat dalam pot. Cara menanam alpukat dalam pot. Cara menanam alpukat dari biji. Cara menanam buah alpukat.

Agar alpukat cepat berbuah. Alpukat dalam pot. Cara tanam biji alpukat. Cara menyemai biji alpukat. Pohon alpukat cepat berbuah. Menanam alpukat di pot.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
29 Mar 2014 08:54
lina aziz
bagai tanaman biji cepat berbuah
08 Mar 2014 10:51
budi
Translate darimana nih, sepertinya bahasanya acak adut.