Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Merawat Pisau Agar Tidak Berkarat

 

Pisau merupakan peralatan penting yang harus ada di dapur untuk mengolah makanan. Setidaknya Anda harus memiliki tiga jenis pisau berikut di dapur Anda agar kegiatan memasak Anda semakin menyenangkan karena peralatan lengkap.

  • Pisau Koki : Pisau ini bentuknya panjang, dengan mata kaki agak melengkung dengan ujung pisau mengecil. Panjangnya biasanya 8 inci, dengan ukuran maksimal untuk tangan besar sepanjang 10-inci dan tangan tangan kecil sepanjang 6-inci. Pisau ini selalu digunakan dalam semua tugas-tugas dapur seperti memotong sayuran, mencincang bumbu, memotong daging dan sebagainya.
  • Pisau pengupas : Pisau ini beberapa jenis dan fungsi yang berbeda pula. Namun  fungsi utamanya adalah untuk mengupas bahan makanan yang akan diolah di dapur.
  • Pisau panjang bergerigi : Pisau ini biasanya digunakatan untuk memotong roti, memotong sayuran yang bertekstur padat seperti wortel, kentang, buah melon dan sebagainya.

Merawat sangat diperlukan agar kondisi ketajamannya terjaga dan tidak berkarat. Begitupun dengan kondisi pisau harus tajam, agar mudah memotong apapun. Untuk menjaga ketajaman pisau sebenarnya sangat mudah, karena semakin sering dipakai maka pisau juga akan semakin tajam. Sedangkan untuk menjaga pisau agar tetap mengkilat dan tidak berkarat Anda dapat melakukan tips berikut ini:

1. Setelah menggunakan pisau, sebaiknya langsung dicuci, untuk menghilangkan sisa-sisa noda, getah sayuran atau darah yang jika tidak segera dihilangkan akan semakin membandel. Setelah dicuci langsung dilap kering agar tidak ada bekas air dan sabun.

2. Pisau yang terbuat dari bahan stainless steel sebaiknya juga harus dilap sampai kering karena sifatnya memang mudah berkarat. Jika ingin menghilangkan karat dapat menggunakan bawang merah yang digosokkan ke permukaan pisau.

3. Simpanlah pisau  dalam keadaan benar-benar kering serta tempat penyimpanan juga harus kering. Posisi mata pisau berada di badah dan gagang di atas. Lapisi seluruh bagian pisau keduali gagang dengan tisu kering ganti tisu tersebut secara berkala jika jarang digunakan.

4. Untuk pisau yang jarang dipakai, dan sedikit berkarat sebaiknya karatnya dihilangkan dulu kemudian dilakukan dengan mengoleskan minyak goreng ke seluruh permukaan pisau, kemudian dilap dengan kain kering. Hal ini sebenarnya untuk menjaga ketajaman pisau agar tidak tumpul.

3. Jika pisau tumpul, maka sebaiknya juga digosok dengan batu, dan sering-sering digunakan.

Video

Mengasah Pisau

Video berikut adalah penjelasan cara mengasah pisau menggunakan baja

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/merawat_pisau_tidak_berkarat_info4178.html. Cara mengasah pisau baja. Cara merawat pedang agar tidak berkarat. Cara merawat pisau agar tidak berkarat. Cara merawat pisau. Cara menghilangkan karat pada pisau. Agar pisau tidak berkarat.

Cara merawat senjata tajam. Cara menghilangkan karat pada pedang. Cara mengasah pisau stainless steel. Cara menghilangkan karat di pisau. Cara agar pisau tidak berkarat. Cara merawat pedang agar tidak karatan. Cara perawatan pisau.

Cara membuat pisau tidak berkarat. Tips agar pisau tidak karatan. Menghilangkan karat pada pisau. Cara merawat pedang. Cara mengatasi karat pada pisau. Cara agar pedang tidak berkarat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.