Previous
Next

Umum

Cara Merawat Notebook

Sudah sangat lazim bila saat ini, kita lebih akrab dengan peralatan elektronik untuk mempermudah kehidupan kita. Bekerja, mengerjakan tugas-tugas sekolah, kampus, atau hanya sekedar haha hihi dengan teman, kini makin mudah menggunakan notebook. Kapan, dimanapun, Anda dapat mengerjakan pekerjaan dengan mudah dan praktis. Namun, karena seringnya digunakan, notebook lebih rentan akan kerusakan dan memang menggunakan notebook sebagai media bekerja, perlu diperhatikan perawatannya, agar tetap awet. Nah, berikut, ada beberapa tips agar netbook Anda lebih awet.

Sebelum menghidupkan notebook, sebaiknya ;

 

1.       Pilih tempat untuk menempatkan netbook Anda, pada bidang yang datar/rata agar lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah notebook tidak tertutup. Usahakan untuk meletakkan notebook di tempat yang stabil/  tidak banyak goyangan dan getaran yang berpotensi merusak harddisk, optical drive, serta komponen lainnya. Jika Anda memiliki cooling pad, baik untuk meletakkan notebook dengan alas cooling pad, Jadi  di manapun Anda bekerja sirkulasi  udara ke dalam notebook akan terjaga, dan aman digunakan dalam waktu lama.

 

2.       Pastikan kondisi baterai masih ada daya yang cukup untuk proses booting hingga OS berjalan. Tapi, untuk memastikan, Anda dapat memasang adaptor, lalu hidupkan notebook Anda. Jangan sampai daya baterai Anda kurang, karena kekurangan daya saat dihidupkan, akan kerusakan permanen pada harddisk.

 

3.       Perhatikan dengan teliti stop kontak adaptor apakah sudah terpasang dengan baik dan stabil lalu lanjutkan memasang jack DC notebook. Jangan sampai ada percikan bunga api pada stop-kontak karena, selain proses charge akan putus sambung, percikan api yang disebabkan stop kontak kendor dapat menyebabkan daya baterai drop dan bisa jadi hanya tahan sampai kurang 1 bulan.

 

Untuk menghemat baterai notebook, coba beberapa tips berikut;

 

  1. Optimalisasi Power Settings 

 

Konsumsi baterai terbesar notebook Anda, adalah pada layar dan harddisk. Dan notebook kebanyakan menggunakan energi yang dapat memperpanjang daya baterai. pilih notebook yang berenergi "Max Power" untuk menghemat sebanyak mungkin daya baterai. 

 

  1. Redupkan Layar


Semakin terang layar, maka daya yang digunakan juga semakin banyak. Maka, pilih tampilan layar lebih redup untuk menghemat baterai, Namu, bila Anda kesulitan bekerja dengan kondisi redup, setidaknya setting tampilan layar agar otomatis lebih redup saat tidak digunakan. 

 

  1. Jauhkan peralatan eksternal


Peralatan eksternal yang dimaksud, misalnya USB, Bluetooth, Infrared, dll. Nah, baik untuk matikan USB dan lain-lain selama tidak digunakan.

 

Agar data dalam netbook Anda terlindungi;

 

  1. Jauhkan notebook Anda dari magnet

Piranti penghasil magnet seperti  speaker yang tidak berpelindung (unshielded
  speaker system) atau telefon selular, dapat mempengaruhi kerja notebook Anda, terutama keamanan data dalam harddisk. Jauhkan barang-barang mengandung medan magnet/elektro magnet kuat di sekitar laptop. Bila Anda ingin menggunakan fasilitas yang ada dalam ponsel seperti infrared, usahakan  letakkan ponsel dalam jarak kurang lebih 15 cm dari notebook.

 

  1. Matikan notebook dengan benar

 

Hilangnya daya secara mendadak (mematikan notebook tanpa shutdown) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan kinerja pada hard disk. Jangan pernah mematikan laptop saat lampu indikator harddisk masih menyala/berkedip. Kondisi ini menunjukkan hard disk masih aktif. Pastikan lampu indikator harddisk telah mati sebelum Anda men-shutdown notebook Anda.

 

  1. Update Antivirus

 

Jangan lupa untuk mengupdate antivirus sesering mungkin, hindari situs-situs internet berbahaya dan  jangan bertukar data tanpa mengecek terlebih dahulu dengan anti virus pada notebook Anda.

 

Selain tips diatas, ada beberapa hal yang perlu diingat dalam perawatan notebook Anda, karena bisa jadi, karena kelalaian menjaga hal-hal kecil yang Anda anggap remeh, justru menyebabkan notebook mengalami gangguan fungsi. Simak beberapa hal untuk menjaga agar netbook Anda tetap berfungsi baik, dibawah ini;

 

·         Jangan pernah meletakkan beban yang berat di atas notebook juga hindari penyimpanan notebook didalam tas yang terisi penuh barang-barang, untuk menghindari  tekanan pada notebook

 

·         Perhatikan kondisi suhu karena notebook tersusun dari aneka komponen elektronik yang kinerjanya dipengaruhi oleh suhu. Umumnya suhu yang baik untuk notebook berkisar
antara 5 - 35 derajat celcius

 

·         Sebaiknya simpan notebook melepaskan baterai terlebih dahulu, dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Pasang silikon gel untuk menghindari jamur.

 

·         Untuk mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil, maka jika Anda sedang bekerja dengan notebook menggunakan listrik (tanpa baterai), sebaiknya gunakan stabilizer.

 

·         Buka notebook dengan perlahan, jangan memberikan hentakan pada saat membuka/menutup monitor terlalu keras karena engsel yang menghubungkan monitor dengan keypad, rentan rusak.

 

·         Hindari pembongkaran notebook sendiri atau bukan oleh ahlinya, karena banyak bagian-bagian yang sangat kecil  dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka notebook Anda, justru akan rusak parah. Pastikan service notebook Anda ke IT atau service center dari notebook  Anda.

 

 

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara merawat notebook asus. Http://carapedia.com/merawat_notebook_info863.html. Cara merawat laptop asus. Cara merawat notebook. Cara menggunakan notebook yang baik. Cara perawatan dan pemakaian note book asus. Merawat laptop asus.

Cara menggunakan notebook dengan baik. Tips merawat notebook asus. Cara menggunakan notebook yang benar. Cara mati kan dan ngidupin lampu nottebook asus. Tips merawat notebook. Tips merawat notebook laptop. Perawatan note book.

Cara menggunakan laptop asus yang benar. Cara mematikan notebook asus tidak ada baterainya. Cara cas notebook asus yg baik dan benar. Cara perawatan laptop asus. Cara merawat notebook atau laptop. Cara merawat notebook dengan baik.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
06 Apr 2014 23:20
arijal
terimakasih atas saran anda.. :)